Penulis Life Style DotCom

Penulis Life Style DotCom

Penulis Life Style DotCom Rahasia Sukes Penulis Preneur

Oleh   Harmen Batubara

Penulis Entrepreneur Life Style Dot Com adalah penulis yang memahami dunia Dot Com,  ahli tentang SEO[1] terkait penulisan Artikel baik buat blog, sosial media, press release, e-book dan Buku serta sekaligus mengusung suatu brand yang bakal jadi pusat kegiatan bagi kepentingan kepenulisannya. Baik sebagai penulis yang sekaligus mengembangkan brandnya ataupun nantinya jadi pembicara, nara sumber dan expert pada bidangnya. Cobalah bertanya pada diri anda sendiri. Sebagai apa anda maunya dikenal dunia sekitarmu, apa yang menjadi expertiesmu, seperti apa nantinya dirimu dilihat orang dalam tiga tahun lagi?

Penulis Life Style DotCom
Penulis Life Style DotCom

Bayangkan ada jutaan atau puluhan juta penulis bisnis online yang ada di dunia maya, bisa anda gambarkan bagaimana agar orang  bisa menemukan tulisan, dagangan atau bisnis anda, tentu memerlukan suatu usaha yang berkualitas serta didukung talenta yang memahami bidangnya; baik dari sisi teknis penulisan ataupun dari sisi SEO nya sendiri. Karena itu anda dituntut dan jadi penulis yang memahami SEO, anda perlu menguasai marketing, paham akan periklanan, paham akan dunia affiliasi marketing, tahu caranya membuat produk sendiri. Sebuah upaya yang memerlukan ketrampilan dan pengalaman.

Baca Juga   :  Mau Memulai Bisnis Online, Ini Dia Langkahnya

Penulis era dot com diharuskan oleh zaman untuk memahami dunia Life Style Dot Com,  penulis yang seharusnya ahli tentang SEO terkait penulisan artikelnya baik buat blog, sosial media, press release, e-book dan buku-bukunya serta sejak awal sudah mulai mengusung suatu brand (online) yang akan jadi pusat strategis kegiatan bagi kepentingan kelanjutan kepenulisannya baik sebagai penulis itu sendiri atau kegiatan “bisnis” yang terkait dengan kegiatannya dalam berintegrasi dengan para teman-teman dan calon kastomernya; hal itu bisa sebagai pusat pelatihan kepenulisan, bisa berupa marketingnya atau memperdalam ketrampilan pada keduanyanya sementara sang penulis sendiri terus  mengembangkan kemampuan expertiesnya sembari mengembangkan usahanya baik itu jadi pembicara, nara sumber sesuai bidangnya.

Era Life Style Dot Com

Lifestyle dot com adalah gaya hidup masa online, era internet, gaya hidup yang bisa melakukan kegiatannya dari mana saja sepanjang ada lap top dan jaringan online. Kalau anda penulis atau pebisnis online jenis PKL atau Pedagang Kaki Lima Online, maka penampilan anda mungkin mirip anak muda seadanya dengan menjingjing laptop atau netbook ke sana ke mari, kadang mangkal di café atau di taman kota sekedar mencari hot spot atau jaringan online. Kemudian ia “membuka lapak”, mengecek apakah segala sesuatunya masih berjalan dengan baik. Melihat lihat iklannya di berbagai direktori dan kemudian menjadwalkan pengiriman surat–surat baru (email marketing) pada para pelanggannya. Setelah semuanya diketahui masih berjalan normal dan surat-surat baru telah terjadwal dengan baik ( hanya butuh waktu sekitar 20 -30 menit), setelah itu si anak muda ke Bank terdekat untuk menguangkan chek-cheknya atau melihat secara fakta uangnya di bank yakni dengan membuat print out buku-buku banknya pada minggu terahir.

Setelah itu ia kembali mencari tempat mangkal, bisa jadi di halaman belakang resto yang tengah persiapan makan siang, di sanalah ia mulai menuliskan berbagai artikel yang ia perlukan untuk konten di beberapa blognya, atau meneruskan proyek penulisannya tentang E-book yang tengah Populer terkait Autoresponder murah yang tidak lagi perlu berlangganan seperti autoresponder biasa; tapi cukup satu kali beli dan setelah itu anda tidak perlu lagi bayar apa-apa. Apa yang menarik di sini adalah bagaimana seorang penulis bisa berperan sebagai penulis pada umumnya, tetapi pada waktu yang sama menjadi seorang pengusaha Online, baik sebagai seorang affiliate, atau bisa juga sebagai blogger, atau malah menjual produknya sendiri. Gambaran seperti itulah yang kita sebut sebagai penulis Life Style Dot Com.

Mana ada sih bisnis yang semudah dan sefleksibel ini? Anda bisa cari dimana saja. Pasti anda tidak akan menemukan, enaknya punya kehidupan yang ditopang atau sebagai penulis di zaman online atau oleh bisnis online dengan gaya hidup ala lifestyle dot com. Kalau mereka yang sudah punya nama atau yang bergerak dengan bisnis online gedean, ceritanya lain lagi. Mereka melakukan bisnisnya bisa dari kapal pesiarnya, atau dari hotel berbintang lima di Hawaii atau di Bali. Kantor virtualnya ada dimana-mana, ia cukup melakukan chatting dengan sang manajer operasionalnya, dan setelah semua di ketahui berjalan normal, barulah ia mencek uang pemasukannya untuk kemudian larut dengan upaya mencari ide-ide untuk buku baru atau ide –ide baru untuk bisnis online yang lebih menjanjikan. Kehidupan sepertinya begitu menjanjikan. Apakah anda tidak tertarik dengan gaya seperti itu?

Benang merahnya, adalah bisnis online telah hadir dan membawa peluang besar yang belum pernah ada sebelumnya. Sebuah peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, sejauh mereka tahu ilmunya. Perlu anda ketahui, memulai dan mengembangkan bisnis internet Anda sendiri adalah salah satu cara terbaik saat ini yang bisa memberikan anda berbagai keuntungan, baik dalam permodalan, pengoperasian serta mampu memberikan anda kesempatan untuk memiliki lebih banyak penghasilan, fleksibilitas, gaya hidup dot com. Nah kalau anda sebagai penulis, tentu zaman seperti ini adalah zaman yang penuh dinamika yang bisa membuat anda jadi apa saja hanya dengan bermodalkan Laptop dan jaringan internet dan tentu saja kualitas kemampuan anda sebagai penulis atau pebisnis online.

Menulis Online Di Era Dot Com

Bayangkan di meja anda seolah dihadirkan ruang buku atau referensi yang besarnya lebih besar dari lapangan sepak Bola Gelora Bung Karno? Yang benar? La iyalah. Coba anda bayangkan betapa hebatnya layanan informasi yang bisa anda dapatkan lewat Google (www.google.com), Bing, Yahoo dll. Coba ketikkan apa saja di Search engine nya Google misalnya, maka dalam hitungan detik anda akan disuguhi ratusan juta info terkait apa yang anda mintak, itu bermakna ratusan jutaan lembar buku, yang kalau anda masukkan dalam satu ruangan; sungguh tidak terbayang betapa besarnya ruangan yang anda perlukan. Kehidupan Life Style Dot Com benar-benar informasi Dunia ini ada dalam jinjingan tangan anda; ruaarrr biasa. Kalau kita tidak bisa memanfaatkannya, maka sungguh yang tidak terbayangkan?

Baca Pula    :  Pengalaman Jadi Penulis Harian Koran Lepas

Percaya atau tidak, semua ini bukan mimpi tetapi bisa anda wujudkan. Anda hanya perlu seseorang yang bisa menunjukkan caranya untuk anda atau sebuah buku yang bisa menunjukkan Anda, langkah – demi-langkah, persis seperti bagaimana para penulis buku  atau pebisnis online yang sudah sukses melakukannya. Itu sebabnya saya ingin memperkenalkan Anda kepada buku saya “ Peluang Usaha di Clickbank Kaya Dengan Bisnis Lifestyle Dot Com”  Percaya atau tidak, apa yang saya tuliskan dalam buku tersebut adalah jurus-jurus dasar yang berhasil mengantarkan para pebisnis Online sebelumnya meraup Jutaan atau bahkan milyaran rupiah bagi mereka pada zamannya. Nah kali ini saya kembali mengajak anda untuk ikut menjadi penulis di era life style dot com ini. Karena apa? Karena saya tahu persis banyak sekali anak muda di luar sana yang hebat dalam kegiatan online, tetapi mereka tidak atau belum memanfaatkannya bagi perbaikan dalam hidup mereka.

Ingat ini barulah jurus dasar, untuk bisa berhasil dan mahir dan menjadikan anda seorang penulis Buku atau penulis Online pada era Dot Com yang baik, untuk menjadikan anda professional anda perlu berbuat atau melakukan sesuatu dengan baik dan berlatih sambil memperkaya ilmu anda. Anda perlu terus berlatih tetapi sambil membangun usaha anda. Kalau dalam dunia militer, latihan adalah sesuatu yang harus. Tiada hari tanpa latihan. Umumnya habis mereka latihan lalu diberikan penugasan; kemudian kembali ke barak untuk di latih kembali dan seterusnya di tugaskan kembali. Begitu seterusnya sehingga mereka benar-benar profesional.

Begitu dengar suara letusan mereka langsung tahu itu letusan dari senapan jenis apa, dari jarak berapa ditembakkannya dan seterusnya. Menjadi penulis berhasil tidak cukup diawali dengan mengetahui ilmu dasarnya saja tetapi setelah itu anda perlu terus menempa diri, perlu terus mengasah, melatih diri sambil memanfaatkan teknologi yang ada. Bila tidak anda akan jadi Gaptek, tertinggal di landasan dan hanya jadi sekedar penonton.

Ibarat belajar menyetir mobil, pelajarannya juga sangat sederhana dan semua polanya sama; tetapi kalau anda ingin jadi seorang sopir di Formula-1 tentu akan lain lagi. Soal nyetirnya bisa sama tetapi soal kemampuan menghadapi dinamika, tentu tidak bisa lepas dari kemampuan latihan serta kualitas anda sendiri, khususnya kekuatan syaraf anda. Apakah dalam tekanan berupa target yang demikian tinggi masih bisa bekerja normal? Menulis juga tidak jauh dari itu, ilmu menulisnya barangkali sama tetapi karya nya akan sangat berbeda. Seorang penulis pemula dengan penuh talenta akan berbeda dengan seoranga penulis gaek yang sudah kaya dengan asam garam kehidupan. Tapi yang jelas tulisan mereka sama-sama memukau para pembacanya. Jadi jangan gamang dengan penulis hebat, sebab para pembaca setiap tulisan akan berbeda.

[1] Search Engine Optimation suatu cara menulis di media online agar lebih mudah di temukan oleh mesin pencari dari seperti Google, Yahoo, Bing dll

Jadi Penulis Berhasil, Ya Mulai Saja Dulu

Jadi Penulis Berhasil, Ya Mulai Saja Dulu

Oleh harmen Batubara

Bagi yang senang. Menulis adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan. Seperti pekerjaan lainnya, menulis juga bisa membuat anda bahagia dan senang. Nah terkait hal seperti itu. Seorang sahabat bertanya Pa Harmen bagaimana agar saya bisa senang membaca dan juga bisa senang menulis?  Jawabannya sebenarnya sederhana saja. Mulai saja dahulu. Nanti dan berikutnya kita lihat sendiri perkembangannya. Sebab, seperti halnya sebuah proses dalam memproduksi sesuatu, menulis juga memerlukan teknik dan proses tertentu, termasuk didalamnya kemampuan menemukan atau memilih issu. Memilih issu menjadi penting, karena ia merupakan segmen, segmen yang menjadi keahlian atau experties si penulis, juga adanya pasar atau pembaca yang memang menginginkan. Juga yang perlu dimiliki adalah adanya kemampuan bahasa bertutur lewat tulisan, dan juga ketrampilan menulis itu sendiri.

buat web-bukuperbatasan dot com
Mau Jadi Penulis, Ya Mulai Saja Dulu

Sehingga dengan demikian nantinya akan  dapat menghasilkan sebuah  tulisan yang menarik, bermanfaat, dan enak dibaca. Teknik menulis jenis tulisan yang satu dengan lainnya pasti berbeda berbeda, dan itu memang banyak ragamnya, tetapi dari semua itu kalau anda menulis maka menulislah seolah anda sedang bercakap cakap dengan teman yang anda senangi, karena bertutur terhadap teman sehingga berbagai gaya yang anda punya akan terasa sah sah saja.

Bagai mana Anda Memilih Issu.  Pemilihan isu didalam menulis sangat penting karena tingkat aktualitas/kebaruan dari suatu isu yang dipilih secara tidak langsung akan memperlihatkan betapa pentingnya membaca suatu tulisan; dan ada keyakinan dari tulisan tersebut akan memberikan, paling tidak suatu informasi baru. Kalau pun isu baru tidak ditemukan, tetapi anda masih bisa menyuguhkan sudut pandang baru, atau minimal anda masih bisa atau punya peluang untuk melakukan perumusan ulang terhadap isu lama yang sudah jenuh dibicarakan. Tentu saja banyak isu lain yang dapat dikembangkan secara kreatif dan inovatif yang menunjukkan sifat aktual dan kontekstual dari suatu tulisan. Kejelian melihat sesuatu issu adalah bagian dari ke mampuan sang penulis.

Baca Juga   : Penulis Life Style DotCom 

Defenisi Isu[1]  sendiri, adalah suatu peristiwa atau kejadian yang dapat diperkirakan terjadi atau tidak terjadi pada masa mendatang, yang menyangkut ekonomi, moneter, sosial, politik, hukum, pembangunan nasional, bencana alam, hari kiamat, kematian, ataupun tentang krisis. Isu juga sering di sebut rumor, kabar burung, dan gosip. Sebagai contoh bisa kita sebutkan saat munculnya isu “ Matinya Ideologi”.  Isu ini muncul dari Daniel Bell dari tulisannya dibuku yang berjudul The End of Ideology. Ia menekankan penolakannya terhadap kepercayaan umum selama ini yang menjadi konsepsi menyeluruh tentang problematik sosial budaya sebagaimana diobsesikan oleh berbagai ideologi sebagai cara bertindak manusia.

Dalam karyanya The End of IdeologyBell membagi menjadi 3 bagian atas penolakannya tersebut. Saya hanya menyoroti bagian yang pertama berisi kritik dan analisa Bell atas beberapa pendekatan yang keliru terhadap masyarakat Amerika. Dalam kritiknya terhadap Teori Masyarakat Massa, Bell berpretensi untuk menunjukkan bagaimana sejumlah teori tentang Amerika menyajikan penggambaran yang tidak utuh. Menurutnya Kapitalisme Amerika itu sejatinya berawal dari tumbuhnya perusahaan perusahaan keluarga di tahun 50an.

Menurut Bell kegagalan sosialisme di Amerika berakar pada ketidak mampuan menyelesaikan dilema dasar antara etika dan politik. Sifat dari gerakan sosialis yang berpatokan pada logikanya sendiri, menyebabkan mereka tak bisa berkompromi terhadap kapitalisme. Mood politik pada tahun 30-an sampai 50-an yang menimbulkan depresi besar ekonomi dunia, munculnya fasisme dan imperialism di Negara yang kebudayaannya maju, dan pembunuhan birokratis terhadap jutaan orang membuat Bell memberikan kesimpulan bahwa berakhirlah harapan-harapan agung dan bahwa ideologi telah berakhir di Barat.

Sebuah karya tulisan bisa menimbulkan gejolak yang hebat serta melahirkan isu yang kaya imaginasi dan memerlukan penjelasan. Di Sinilah seorang penulis di tuntut untuk dapat memilih suatu isu dengan memanfaatkan trending suatu isu. Isu itu sungguh luas dan banyak ragamnya. Misalnya takkala isu geng motor sedang ramai. Sebagai seorang penulis anda akan dengan mudah membuat suatu tulisan yang menarik tentang trending motor yang cocok untuk para geng motor itu sendiri. Anda tinggal mencari motor yang harganya tidak terlalu mahal, tarikannya responsip dan modis atau mudah dimodifikasi jadi sangat sangar. Sebagai seorang penulis memilih isu adalah sebuah ke jelian tetapi bisa dikalkulasi. Anda dapat memanfaatkan mesin pencari isu nya Google yang dikenal juga dengan Keyword Planner. Anda bisa memanfaatkan software ini untuk mencari trending topik atau issu dalam bidang apa saja. Sebagai penulis anda sebaiknya harus dapat memanfaatkan software tersebut, dan itu gratis.

Google Keyword Planner sejatinya adalah alat yang disediakan oleh google untuk mereka yang mau pasang Google adwords agar dalam memasang adwords lebih tepat sasaran dalam mendatangkan pengunjung ke situs/website.Namun jangan lupa alat ini ternyata bisa anda manfaatkan dalam merencanakan pemilihan judul,deskripsi dan keyword (isu) yang tepat bila anda hendak membuat blog/website. Maka dengan memanfaatkan Riset Keyword Dengan Google Keyword Planner maka anda akan bisa melihat mana kata kunci yang lagi trending satu dua tahun ke depan sama dengan para blogger yang sebelum mereka menentukan judul blognya juga memanfaatkan tool ini untuk menentukan judul untuk website,deskripsi,maupun keyword yang akan di pilih buat blognya.

Kemampuan Berbahasa dan Gaya

Menarik tidaknya suatu tulisan juga ditentukan oleh kemampuan bahasa dan gaya penulisan yang memperlihatkan ciri khas dari sebuah tulisan atau seorang penulis. Tulisan yang ditulis oleh seseorang seyogyanya atau idealnya memiliki karakter khusus yang membedakan tulisannya dengan tulisan orang lain. Ingat masing-masing orang yang menuliskan sebuah artikel maupun penyuntingan artikel memiliki gaya penulisan yang berbeda-beda. Hal ini menyumbang keunikan dan sekaligus jadi semacam hak istimewa yang dimiliki oleh para penulis itu sendiri. Meskipun demikian, hal yang berkenaan dengan pemilihan kata (diksi) dan istilah hendaknya tetap menjadi perhatian utama oleh para penulis, usahakan jangan ikut latah atau menuliskan istilah atau kata-kata yang malah membingungkan atau bombastis.

Menulis Membuatku Bahagia
Menulis Membuatku Bahagia

Gaya penulisansesungguhnya  merupakan hasil dari proses dialektika pada diri si penulis sendiri, baik sebagai pembaca yang mengidolakan penulis-penulis kesayangannya dan juga tidak lepas dari pengalamannya dalam menulis. Namun demikian, gaya penulisan dapat juga dipelajari atau dilakukan dengan meniru gaya penulis idaman sendiri. Jangan tersinggung kalau misalnya anda disebut mencontoh gaya penulisan seseorang, sebab hal semacam itu nantinya akan mengkristal dengan sendirinya. Sebab bagaimanapun setiap orang pasti berbeda, gaya boleh sama tetapi ciri khas seseorang tetap akan memberi warna.

Baca Pula  : Penulis Cocok Juga Berbisnis Affiliasi

Gaya penulisan dalam menyajikan artikel dot com dapat memberi kualitas lebih bagi artikel itu sendiri di mata pembaca, oleh karenanya tidak ada salahnya Anda mencari gaya penulisan yang tepat untuk tulisan  Anda sehingga tujuan  Anda semakin mudah untuk dicapai. Secara visual, ppembaca online atau internet lebih mudah mencerna poin penting saja dari pada membaca kata demi kata. Oleh karena itu pastikan artikel tulisan  berkualitas Anda mudah dipahami dengan, karena itu ada baiknya perhatikan beberapa tips dan teknik gaya penulisan artikel dot com berikut ini :

Heading dan Sub Headings.  Heading pada sebuah halaman website atau blog, memiliki fungsi sama dengan heading yang ada di halaman buku atau majalah. Yakni, untuk menunjukkan informasi yang penting, dan membuat pengguna dapat menyortir halaman dengan cepat untuk menemukan informasi yang mereka cari. Di dalam internet, hal ini sangat penting, karena pengunjung website tidak selalu membaca semua text yang ada di sebuah halaman web.

Mau Memulai Bisnis Online, Ini Dia Langkahnya
Mau Jadi Penulis, Ya Mulai Saja Dulu

Heading dan subheading ini sejatinya adalah perlengkapan SEO sederhana yang berfungsi untuk menyusun level-level heading dan subheading pada website. Header mempunyai tingkatan sampai 6 tingkat dan dimulai dari H1 hingga H6. H1 yaitu header yang paling besar dan yakni H6 header yang paling kecil. Penggunaan H1 biasanya digunakan untuk judul blog, dan h2 digunakan untuk judul posting, serta h3 untuk widget. Jika dilihat dalam tingkatan heading, maka level header pertama seharusnya mengandung keyword yang utama pada blog atau pada artikel.

Fungsi Heading dalam sebuah blog sangat penting. karena dengan bantuan tag heading di blognya, maka akan mempermudah google dan mesin pencari lainnya mencari serta mengindex blog anda dengan cepat. Selain itu, dengan teknik tag heading ini juga akan mempermudah para pembaca yang datang ke website atau blog Anda memahami informasi dari artikel yang Anda berikan

Format artikel. Bagaimana Anda memberikan format dalam setiap artikel blog Anda juga memudahkan pembaca untuk memahami apa yang Anda sampaikan melalui artikel blog Anda. Penggunaan penebalan, HURUF BESAR, kata miringgaris bawah, sampai poin dapat memberi perbedaan. Namun jangan terlalu berlebihan karena akan menyulitkan pembaca untuk menangkap pesan Anda sesungguhnya.

Gambar. Penggunaan gambar dalam blog tentu akan memberikan efek imajinasi kepada pembaca untuk menyerap pesan yang Anda sampaikan. Dengan demikian seolah pembaca sedang merasakan apa yang Anda sampaikan. Selain itu, penggunaan gambar juga dapat mendatangkan pengunjung ke blog Anda.

Paragraf pendek. Seperti sudah sedikit disinggung sebelumnya, pembaca dapat kehilangan konsentrasi saat membaca karena banyak hal. Oleh karenanya hindari paragraf yang terlalu panjang agar pembaca dapat tetap fokus.

[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Isu

Penulis Profesional, Bahagia Dengan Tulisannya

Penulis Profesional, Bahagia Dengan Tulisannya

Oleh Harmen Batubara

Kalau secara “to the point” maka makna penulis professional itu, sebenarnya lebih merujuk kepada pekerjaan. Ya sebagai pekerjaan penulis Profesional yang sudah memasang tariff atas berbagai tulisan yang ia hasilkan. Disini  kepenulisan itu, sudah jadi komoditas professional yang ada kualitas, karakter dan lengkap dengan harganya. Pada hakekat sebenarnya, entah apapun perangkat keprofesionalismean pekerjaan anda, maka yang lebih penting adalah apakah anda bahagia dengan pekerjaan anda. Kalau anda senang dan bisa bahagia karenanya maka itu sudah cukup. Mau disebut sebagai penulis professional atau penulis saja, tidak akan buat perbedaan. Kalau tulisan anda sudah punya “trade mark” tersendiri serta punya komunitas yang jadi penggemarnya, maka itu saja sudah lebih dari Cukup.

Menulis Membuatku Bahagia
Menulis Membuatku Bahagia

Pernahkah terlintas dalam pikiranmu bahwa penulis terkenal, punya nama, kaya secara material dan hidup ala selebriti di berbagai dunia panggung? Tetapi sebenarnya mereka juga hanyalah penulis biasa saja. Penulis yang siapa saja sebenarnya bisa menuliskannya. Anda pasti ingin klarifikasi? Masa Sih? Cobalah perhatikan. Berbagai  tayangan live Show  di Televisi, terserah  apa genrenya, ada banyak  penggemar dan berhasil menghasilkan “bintang” bintang  tenar, kaya raya dsb dsb. Apakah tayangan atau show itu memang bagus? Nope! Belum tentu? Memang ada yang bagus tetapi lebih banyak lagi yang biasa-biasa saja. Lalu apa intinya? Ya lihatlah industeri yang melahirkan bintang dan mega bintang nya itu. Merekalah yang punya hajat, merekalah yang punya “selera” dan merekalah yang menentukan mana bintang yang Top dan mana yangTop sekali.

Baca Juga : Menjadi Penulis Pro Dengan Memanfaatkan Logika SEO

Nah di sanalah bedanya. Kalau banyak anak muda yang ingin jadi penulis Idola, berkarya, dan kaya raya maka jadilah bagian dari “pentas Show” yang diusung oleh industeri penerbitan. Bukan apa-apa. Karena begitu mereka berhasil menjadikan sebuah buku “Booming”, maka perhatikanlah hanya dalam hitungan minggu akan muncul lagi buku-buku baru yang lebih hebat, yang lebih “booming” dari yang sebelaumnya. Padahal hanya dalam tenggat waktu yang demikian terbatas?  Kapan Penulisnya bisa menuliskannya? Karena mesin industeri penerbitan itu bekerja, mereka mampu mendikte selera; anda kalau tidak membaca buku terbitan mereka, pasti anda tergolong kuno. Nggak tahu jaman, nggak gaya, nggak ngarus dst dst.

Hanya satu tindakan yang harus anda ambil. Membeli buku mereka, dan menyebut sang Penulisnya sebagai “penulis hebat, penulis cerdas” yang dilahirkan zaman. Kalau anda berani menyebut yang sebaliknya, maka anda pasti dibilang tidak punya akal sehat dan anda memang orang yang tidak bisa mengikuti zaman. Itulah dunia panggung. Industeri memang harus mampu membuat panggung- panggung yang melegenda. Tanpa itu rasanya sepi. Masalahnya? Apakah anda berada dalam “radar” mereka? Kalau tidak ya anda hanya akan jadi sekedar penulis professional. Memang tidak kaya sekali, tetapi anda layak hidup seperti para professional lainnya. Mungkin tulisan ini akan sedikit banyak bisa membantu anda untuk menjadi penulis professional.

Tahu Selera Pasar

Penulis Yang Tahu Selera Pasar   Tapi jangan salah persepsi, setiap segmen ( niche) mempunyai pasarnya sendiri-sendiri. Ada pasar yang ramai, tetapi hanya diminati oleh para pembaca yang menengah ke bawah. Sebaliknya ada juga segmen yang sebenarnya tidak banyak peminatnya, tetapi umumnya disukai oleh mereka yang punya daya beli. Dan banyak lagi ragamnya. Sekarang memang semua sudah ada “perangkat” atau “tool” yang bisa membantu anda. Anda bisa membaca selera pasar pada segmen yang anda suka lewat “Google” jelasnya “Google Keyword Planner” atau berbagai software yang memungkinkan anda tahu dengan benar, seperti apa sebenarnya “realitas” segmen yang akan anda kan tulis.

Baca Pula : Pengalaman Jadi Penulis Harian Koran Lepas 

Begitu anda happy dengan segmen yang akan anda tulis, maka lakukanlah Riset perihal segmen yang akan anda tulis. Riset di sini adalah lewat “dektop” publishing artinya riset lewat berbagai tulisan Online terkait segmen yang akan anda tulis tersebut. Ingat kalau melakukan riset, perhatikan obyek yang anda riset; pilih juga kredibilitasnya.  Anda harus telaten saat dimana anda memanfaatkan data apa adanya dan pada saat yang mana harus memilih data dari sumber-sumber yang punya kredibilitas. Misalnya dari kalangan penerbit atau harian yang sudah punya jam terbang puluhan tahun; dari data atau publikasi kalangan universitas ternama; serta publikasi yang bisa anda yakini kredibilitasnya. Kemudian yang juga tidak kalah menariknya.  Apakah nantinya anda dalam menerbitkan buku tersebut hanya mengandalkan pada para penerbit “Mayor” yang memang hidupnya hanya dari dunia penerbitan Buku? atau anda terbitkan sendiri lewat pola “Selfpublishing” yang memadukan website pribadi, website toko Online sendiri serta memanfaatkan website mall; seperti Bukalapak com, Tokopedia com, Lazada, Alibaba, Amazon com Dll. Anda bisa memanfaatkan berbagai media website anda sendiri dengan kombinasi website pro yang memang sudah ada di pasar yang bisa anda manfaatkan secara gratis.

Disiplin dan Mampu Memotivasi Diri

Seperti kata seorang sahabat, kalau masih menulis hanya dengan mengandalkan mood, pertimbangkan ulang cita-citamu untuk jadi penulis profesional! Karena bagaimanapun tak bisa hanya mengandalkan mood. Penulis yang profesional memperlakukan aktivitas menulisnya sebagai sebuah pekerjaan yang tetap harus dilakukan setiap hari, tanpa peduli mood dan situasi hati. Tak peduli habis patah hati, gagal ujian, atau baru saja bertengkar dengan pacar, atau isteri dan tak ada alasan untuk tidak menulis. Ada banyak hal yang orang lupa kalau melihat dunia seorang penulis. Ibarat rutinas seorang prajurit professional, menulis juga harus punya jadwal-jadwal yang sudah tersusun dan telah dipraktekkan dengan baik. Seorang prajurit kegiatannya dikerangkakan oleh waktu dan waktu. Jam 06.45 dia sudah harus apel pagi ( apel nya memang jam 07.00 tapi dia sudah harus di posisi apel 15 menit sebelumnya, itu berarti sudah harus bangun jam 04.30). Kegiatan Apel pagi diikuti dengan rutinitas senam pagi, dan nanti baru selesai jam 08.00 Kegiatan berikutnya sesuai dengan tugasnya masing-masing sampai Isoma ( istirahat Sholat makan siang) pada Jam 13.30. Kegiatan berikutnya sampai Jam 15.00. Diikuti Apel Siang.Jam 16.00-17.30 kegiatan ekstra;  Jam 21.00-21.30 Apel malam dst dst.

Dalam kerangka waktu yang seperti itulah mereka membina kesegaran atau kesemaptaan tubuh, ketrampilan bela diri, kemampuan profesionalnya dst dst. Kehidupan seperti itu sudah jadi suatu ritme. Dalam garis besarnya mereka mempunyai waktu –waktu yang bervariasi sesuai satuannya masing-masing. Yakni waktu untuk penugsan di lapangan; waktu untuk pendidikan ; dan waktu penugasan di satuan. Kalau di lapangan biasanya mulai dari 3 bulan-satu tahun penugsan; pendidikan biasanya tergantung jenis dan tingkatannya dengan durasi satu bulan-satu tahun. Dengan cara itulah mereka menempa diri hingga akhirnya jadi prajurit professional. Polanya bisa jadi tidak sama persis, tetapi seperti itulah garis besarnya. Saya tahu itu, karena saya ada di lingkungan itu selama 30 tahun.

Begitupulalah seorang penulis, dia harus mempu membuat kerangka kerjanya, kerangka cara dia meningkatkan kemampuan profesi kepenulisannya sendiri, dan juga menjaga kebugaran tubuhnya. Bisa dibayangkan kalau model penulis yang dalam satu hari bisa duduk di depan Laptop 6-7 jam disamping seruputan minum kopi. Kalau dia tidak menyediakan waktunya untuk melatih kebugaran tubuh minimal satu jam per hari. Maka percayalah dia akan tidak pernah sampai di sana (jadi penulis professional). Hanya dalam tubuh yang sehatlah maka akan muncul kemampuan menulis yang baik dan professional. Bahwa penulis itu selama ini dipersepsikan seperti kehidupan seniman, yang bekerja hanya kalau lagi mud, penuh sensasi dan berbagai atribut kesenimanan lainnya. Percayalah itu semua hanya sebuah persepsi yang keliru. Penulis professional itu justeru hidupnya penuh disiplin, bahkan melebihi disiplinnya seorang prajurit. Kenapa? Karena dia harus mampu mengatur jadwalnya sendiri. Mengatur strategi bagaimana ia mendapatkan penghasilan; bagaimana ia meningkatkan kemampuan profesionalnya dan menjaga stamina tubuhnya sendiri dan membina keluarganya.

Mau Buat Iklan di Google Adwords Ini Caranya

Mau Buat Iklan di Google Adwords Ini Caranya

Sebelum Anda membuat iklan pertama, ada beberapa pemahaman mendasar yang perlu Anda ketahui. Pertama, ada tiga tujuan utama orang melakukan pemasaran lewat iklan, yaitu:

  • Brand awareness – membuat orang sadar, bahwa Produk Anda itu ada
  • Buying customer – mendatangkan prospek yang nantinya diharapkan berubah menjadi pelanggan.
  • Edukasi – membuat orang mengenal sebuah produk dan mengerti kenapa mereka perlu membelinya.

 

Cara buat Iklan di Google Adwords
Cara buat Iklan di Google Adwords

Pada dasarnya pemasaran adalah sebuah cara untuk “membeli pelanggan”. Istilah kerennya adalah akuisisi pelanggan / customer acquisition. Setelah Anda mengeluarkan sejumlah uang untuk pemasaran, Anda berharap ada yang menaggapi usaha marketing Anda dan mau bertransaksi atau berbisnis dengan Anda. Tentu setiap pengusaha menginginkan dari upaya pemasarannya, setiap sen uang yang telah dikeluarkan akan kembali lagi dan menghasilkan profit. Atau kata para marketer, ada ROI-nya (Return of Investment).

Bagaimana cara melakukan pemasaran? Salah satunya adalah dengan memasangiklan di internet tepatnya di Google Adwords

Bagaimana cara beriklan di Google Ardwords?

Google Adwords bisa menjadi sebuah alternative pilihan yang menarik. Google Adwords adalah sebuah layanan pemasangan iklan dari Google. Perusahaan ini telah mendesain layanannya sedemikian rupa sehingga Adwords bisa diatur dan dikelola langsung oleh para penggunanya secara online. Dengan demikian Anda bisa melakukannya langsung dari depan layar computer Anda sendiri.

Apabila Anda memiliki modal yang agak besar, Anda bisa membayar perusahaan yang menawarkan jasa pengelolaan iklan Adwords Anda.Misalnya seperti PromoNavigator. Dimanakah iklan Anda akan di tayangkan?      Iklan yang Anda buat nantinya bisa tampil di:

 

  • Situs-situs pencari Google, misalnya mesin pencari Google, Google shopping, peta Google, pencari gambar Google dan grup.
  • Situs pencari lain yang merupakan bagian dari jaringan pencari yang berpartner dengan Google misalnya AOL.
  • Pencari di perangkat mobile.
  • Di Google Display Network, yaitu situs-situs yang dijelajahi oleh calon pembeli (misalnya, blog dapur-uang.com) dan juga situs Google, seperti Gmail, Blogger dan Youtube.

cara mudah membuat website affiliasi
cara mudah membuat website affiliasi

Kelebihan Google Adwords

Iklan yang kita pasang tertarget. Artinya iklan Anda akan ditampilkan ke orang-orang yang memiliki relevansi atau keterkaitan dengan isi iklan yang ditayangkan. Sebab setiap iklan memiliki kata-kata kunci atau keywords tertentuDan kata kunci inilah yang akan disesuaikan dengan pencarian orang-orang yang sedang melakukan browsing dan menjelajahi dunia maya.

Secara lebih spesifik, Anda juga bisa menarget berdasarkan lokasi, misalnya Anda hanya orang yang di jakarta saja yang bisa melihat iklan Anda. Tujuannya agar anggaran iklan Anda tidak sia-sia terbuang kepada orang yang tidak ada kaitannya dengan profil pelanggan Anda.

Kelebihan lainnya, yaitu bahkan dengan uang Rp.450.000  Anda sudah bisa beriklan dan bahkan bisa gratis. Walaupun dan tentu saja dengan dana segitu apakah sudah cukup untuk mengiklankan usaha Anda tentu itu lain cerita.

Biaya Iklan Adwords

Pada dasarnya para pemasang iklan Adwords akan saling berkompetisi untuk kata kunci yang paling sering digunakan. Setiap kali orang mencari sebuah kata, frase atau kalimat di mesin pencari Google, maka Google akan menjalankan sebuah lelang/ bidding (secara otomatis) yang akan menentukan iklan siapa yang muncul dan di posisi mana. Tentu orang ingin iklannya lebih sering muncul dan berada di posisi paling strategis, yaitu di paling atas. Nah, pemasang iklan yang berani membayar lebih tinggi untuk suatu kata kunci tertentulah akan mendapatkan keuntungan tersebut.

Baca Juga  :  Mau Memulai Bisnis Online, Ini Dia Langkahnya

Ada 3 macam strategi lelang, tergantung dari fokus pemasaran Anda, yaitu:

Jika fokusnya adalah mendapatkan traffic ke situs/ tokol Anda, maka Anda memilih strategi bidding berdasarkan klik pada iklan Anda, atau dikenal dengan CPC bid. CPC singkatan dari Cost Per Click.

Biaya yang akan dikenakan adalah berdasarkan jumlah klik pada iklan Anda dikalikan dengan biaya CPC atau biaya per klik yang telah Anda tentukan maksimalnya. Biaya CPC-nya bisa saja lebih murah dari maksimal bid yang telah ditentukan tergantung dari berbagai faktor.

Jika fokus Anda adalah awareness atau sekedar memberitahu bahwa Anda itu ada loh. Maka strategi bidding-nya adalah berdasarkan Cost Per Mile atau dikenal dengan isitlah CPM bid. Per Mile artinya per seribu,jadi setiap 1000 kali tayang, maka Anda dikenakan biaya. Di dalam strategi bidding ini, tidak peduli dengan berapa jumlah klik yang Anda peroleh. Jadi kalau dalam 1000x tayang bisa mendapatkan 100 klik atau 200 klik biayanya tidak beda.

Jika fokus Anda adalah konversi, maka strategi biddingnya adalah Cost Per Acquisition atau CPA bid. Disini Anda tetap membayar berdasarkan setiap klik pada iklan Anda. Bedanya Google akan membantu mengoptimalkan setiap klik sehingga memenuhi target konversi Anda.

Konversi yang dimaksud disini bisa berarti, pembelian sebuah produk, jumlah orang yang berlangganan dengan memberikan email mereka, dll.

Pembayaran

Cara pembayarannya sebenarnya cukup mudah. Anda harus mendeposit sejumlah uang terlebih dahulu dengan menggunakan kartu kredit. Hal ini memang agak menyulitkan bagi mereka yang tidak memiliki kartu kredit.

Buat Iklan Adwords Pertama Anda: Langkah Pertama, Buat Akun

Akun Gmail atau email Google Anda tidak bisa digunakan untuk Adwords. Anda memerlukan sebuah akun khusus untuk memasang iklan, disamping email anda yang sudah ada.

Tahap ke satu Pergilah ke http://adwords.google.com nanti Anda akan di-redirect ke suatu halaman seperti di bawah ini.

Tahap 2 Klik tombol: START NOW

Tahap 3 Isi email Anda, kemudian klik tombol: Save and Continue.

Tahap 4 Isi fomulir seperti di bawah ini dengan lengkap untuk membuat akun Anda . Lalu klik tombol: Next step

 

 Tahap 4 Isi fomulir seperti di bawah ini dengan lengkap untuk membuat akun Anda . Lalu klik tombol: Next step

Tahap 5 Sebuah email verifikasi akan dikirimkan ke email Anda, silahkan cek.

Tahap 6 Kliklah tautan yang ada di dalam email itu untuk memverifikasi email Anda.

Tahap 7 Nanti Anda akan dibawa ke sebuah halaman situs yang menyatakan, bahwa email Anda telah diverifikasi. Selanjutnya kliklah tautan: Click here to continue.

Tahap 8 Selamat Anda telah selesai membuat akun Google Adwords. Klik tombol: Take me to my account, jika Anda ingin langsung segera membuat iklan.

Langkah 2 Konfigurasi Pembayaran

Untuk Indonesia sekarang selain pembayaran menggunakan kartu kredit berlogo Visa dan Mastercard, Anda sudah bisa membayar menggunakan transfer bank. Hanya saja diperlukan waktu 5-10 hari hingga dana tercatat di akun.Alternatif lainnya adalah pinjam kartu kredit orang lain, atau menggunakan jasa perusahaan yang menawarkan pengelolaan iklan adwords, seperti PROMO NAVIGATOR 

Cara mengatur pembayaran di Adwords: Tahap Pertama  

Klik gambar: ikon gir di pojok kanan atas. Lalu klik pilihan: Billing

Tahap 2. Pilih lokasi untuk alamat penagihan Anda. Lalu klik tombol: Continue.

Tahap 3. Isi alamat penagihan Anda

Tahap 4. Pilih cara pembayaran Anda, otomatis atau manual. Untuk tutorial ini kita pilih: manual payments. Dengan kata lain Anda deposit uang dulu. Lalu setiap biaya dipotong dari uang yang telah dibayarkan.

Tahap 5. Centang kotak: Yes, I agree to the terms and conditions above. Lalu klik tombol: Submit and activate my account.

Tahap 6. Klik tombol: Make a payment

Tahap 7. Isilah form mengenai kartu kredit Anda, lalu isikan jumlah yang ingin Anda bayarkan, jika sudah klik tombol: Review Payment.

Tahap 8. Jika pengisian form kartu kredit Anda sudah benar dan Google telah berhasil melakukan pengujian penarikan dana dari kartu kredit Anda, Anda akan dibawa masuk ke halaman konfirmasi.

Catatan mengenai pembayaran otomatis / pascabayar  Untuk pembayaran otomatis atau pascabayar Anda akan ditagih setelah iklan berjalan. Waktu penagihan adalah bila telah lewat 30 hari atau biaya telah mencapai jumlah yang telah ditetapkan. Setelah Anda menetapkan menggunakan pembayaran otomatis maka Anda tidak dapat merubahnya. Cara ini lebih sesuai untuk Anda yang tidak memiliki waktu terlalu banyak untuk selalu mengontrol akun Adwords Anda.

Langkah Ketiga Buat Iklan Teks Pertama   Pemahaman dasar  Adwords pada dasarnya memiliki struktur pembuatan iklan sebagai berikut:

Keterangan :

  1. Campaign = Kampanye
  2. Ad Groups = Grup Iklan
  3. Ads = Iklan
  4. Keywords = kata kunci

Tujuan dari struktur ini adalah untuk mengelompokkan produk atau jasa Anda ke dalam campaign dan ad groups, serta menghubungkannya dengan kata-kata kunci. Dengan demikian kualitas dan tingkat kesuksesan iklan Anda akan meningkat. Iklan dengan skor kualitas yang tinggi dapat menekan biaya per klik atau CPC (Cost per Click). Jadi semakin jeli anda memilih kata kunci, maka semakin murah biaya iklan anda. Untuk setiap level struktur, Anda akan memberikan sebuah nama. Pemberian namanya tergantung dari cara pengelompokan Anda. Lebih jelasnya akan diterangkan lebih lanjut di bawah.

Saat Anda membuat iklan, disarankan agar Anda melakukan urutan kerja sebagai berikut:

Pikirkan tentang 1. campaign > 2. Ad Groups > 3. Keywords > 4. Ads

Campaign  Cara pembuatan struktur yang sederhana adalah seperti pengelompokkan barang di departemen store. Sebagai contoh tokol Anda menjual baju dan sepatu. Anda dapat memberikan nama campaign-nya:

  1. Baju
  2. Sepatu

Namun demikian untuk kebutuhan lain Anda juga bisa membaginya berdasarkan promosi, seperti:

  1. Promosi Hari Kartini
  2. Promosi Natal dan Tahun Baru

Ad groups   Misalnya kita gunakan campaign: baju. Untuk Ad groups-nya Anda bisa membaginya berdasarkan kategori baju, misalnya:

  1. Dress
  2. Cardigan
  3. Blouse

Keywords   Setiap ad groups akan memiliki sekelompok keywords. Idealnya Anda memikirkan 20-40 kata atau frase yang kira-kira akan digunakan oleh calon pembeli saat melakukan pencarian di Google. Misalnya Anda hendak membuat kata kunci untuk ad groupsdress. Orang yang ingin membeli dress mungkin akan menggunakan kata-kata sebagai berikut:

  • dress murah
  • jual dress cantik
  • jual long dress
  • little black dress
  • long dress
  • dress buat pesta
  • dst…

Fungsi keywords ini adalah agar nanti Google dapat mencocokkannya dengan pencarian orang di mesin pencari Google saat Google hendak menampilkan iklan Anda. Ada sebuah tips yang sangat penting pada saat penetapan keywords, saya sebut dengan gaya pencocokan (match). Mengetahui dan menerapkan hal ini pada keywords dapat mencegah pemborosan anggaran pemasaran Anda.

Gaya Pencocokan  4 macam gaya pencocokan dengan cara penulisan keywordsnya, yaitu:

  1. Broad match-Cara penulisan: dress murah
  2. Phrase match-Cara penulisan: “dress murah”
  3. Exact match-Cara penulisan: [dress murah]
  4. Broad match modifier-Cara penulisan: +dress +murah

Secara lebih jelas akan saya bahas di bawah ini.

  1. Broad Match Pada gaya ini, apapun yang diketikkan orang di mesin pencari Google, asal di dalam pencariannya terdapat kata-kata yang sama dengan kata kunci yang telah Anda tetapkan, meskipun susunan urutan katanya berbeda atau terpisah, maka iklan Anda akan ditampilkan. Kita ambil contoh kata kunci: dress murah. Bila ada yang mengetikkan di mesin pencari Google: majalah murah tentang dress India, maka iklan Anda muncul. Masalah yang sering terjadi dari penggunaan gaya ini, meski jangkauannya luas tapi tingkat relevansinya dalam kaitannya menemukan calon pelanggan yang ingin mengeluarkan uang untuk belanja bisa menjadi kecil. Karena prospek yang mampir di tokol atau situs Anda lebih tidak kualifait. Meskipun demikian, jika tujuan Anda adalah untuk menciptakan brand awareness, maka cara ini sangat baik untuk digunakan. Selain itu pada laporan Anda dapat melihat daftar pencarian yang dilakukan oleh orang yang menyebabkan iklan Anda dimunculkan, sehingga dari sana Anda bisa menemukan ide baru untuk kata-kata kunci baru.
  1. Phrase Match Gaya pencocokan ini akan lebih mengecilkan kemungkinan iklan Anda ditampilkan ke orang-orang yang tidak relevan. Karena hanya pencarian yang di dalamnya terdapat kata kunci Anda dengan urutan yang sama persis, barulah iklan Anda ditampilkan. Sebagai contoh, untuk kata kunci: dress murah, iklan Anda akan muncul bila ada yang mencari di mesin pencari Google: jual dress murah ; dress murah singapore ; dan desainer dress murah   Iklan tidak akan tampil bila susunannya berbeda, misalnya: jual murah dress

Negative Keywords. Sebagai tambahan dari contoh kasus di atas Anda dapat semakin meningkatkan efektifitas iklan Anda dengan menyembunyikan iklan dari pencarian yang tidak relevan, seperti: dress murah singaporeKemungkinan besar pencarian ini tidak ada kaitannya dengan bisnis Anda. Nah untuk pengoptimalannya Anda dapat menetapkan negative keywords. Bila Anda tetapkan kata desainer sebagai negative keywords, maka meskipun di dalam pencarian orang mengandung keywords yang telah Anda tetapkan, tetapi karena ada kata desainer di dalamnya, maka iklan Anda tidak akan munculkan.

Baca Juga  :  Memilih Model Bisnis Online, Ciptakan Peluangmu

Ada beberapa cara untuk menentukan negative keywords: Anda bisa coba-coba di mesin pencari Google misalnya Anda ketikkan: dress murah s. Autocomplete Google dapat memberikan petunjuk kata apa selanjutnya yang tidak relevan dengan iklan Anda. Cara yang kedua adalah setelah iklan Anda berjalan, Anda bisa melihat laporan daftar pencarian kata yang telah digunakan orang yang menyebabkan iklan Anda dimunculkan. Dari situ akan terlihat Anda dapat menganalisa pencarian apa yang tidak relevan dan Anda bisa menambahkannya di daftar negative keywords Anda untuk ad groups yang bersangkutan.

  1. Exact Match Gaya pencocokan yang satu ini hanya menampilkan iklan Anda, bila orang mencari menggunakan kata-kata yang sama persis dengan kata kunci Anda, tanpa tambahan kata-kata apa pun di belakang, atau di depan. Sebagai contoh kata kunci: [dress murah], iklan hanya ditampilkan bila orang mengetikkan kata: dress murah, dan tidak akan muncul bila orang mencari menggunakan kata: jual dress murahdress sangat murahdress murah online.
  1. Broad Match Modifier Gaya pencocokan ini sama dengan broad match, bedanya bila di dalam pencarian ada yang salah eja, menggunakan singkatan, singular dan plural, kemudian awalan, akhiran, bila ada kaitannya dengan kata kunci Anda, maka iklan Anda akan ditampilkan.

Ads/ Iklan Format iklan ada 4, yaitu:

  1. text ad: iklan berupa teks
  2. image ad: iklan berupa gambar
  3. rich media ad: iklan yang beranimasi atau interaktif
  4. video ad: iklan berupa video.

Iklan yang paling umum dan mudah dibuat adalah format iklan teks. Contoh:

Untuk setiap ad group Anda bisa membuat beberapa iklan. Gunanya untuk melihat iklan mana yang bekerja paling baik. Terkadang perbedaan kata-kata dapat membuat iklan bekerja semakin baik atau sebaliknya. Itulah juga alasannya mengapa ad group dipisah berdasarkan setiap kategori barang. Sehingga di dalam sebuah ad group bisa dibuat beberapa variasi iklan yang berbeda untuk barang yang sama, dan untuk kata-kata kunci yang sama. Pastikanlah di dalam membuat iklan, kata kunci yang Anda gunakan terdapat di dalam iklan Anda.

Mari mulai membuat iklan

Ok, disini kita akan beranggapan Anda memiliki sebuah tokol fashion yang menjual baju, dan Anda memiliki 2 kategori barang, yaitu: dress dan blouse. Anda ingin menggunakan adwords untuk pemasaran, dan hendak membuat sebuah iklan teks standar untuk ditampilkan di network search only dengan target calon pembeli adalah mereka yang tinggal Indonesia.

Pembuatan campaign

Tahap 1. Jika Anda baru selesai membuat akun, Anda akan melihat bagian halaman seperti ini. Klik tombol: Create your first campaign.

Apablia Anda mulai dari dashboard Adwords Anda bisa klik tombol: Campaign

Kemudian pilih di jaringan mana Anda ingin iklan Anda tampil.

Keterangan:

  1. Search Network only: iklan tampil di mesin pencari Google, Google shopping, peta Google, pencari gambar Google dan grup.
  2. Display Network: di situs-situs yang yang menampilkan Google Adsense, Gmail, Blogger dan Youtube.
  3. Search Network with Display Select: Gabungan dari Search Network danDisplay Network.
  4. Shopping: diGoogle Merchant (www.google.com/shopping)
  5. Online video: diYoutube – Tampil saat orang hendak menonton sebuah video, di daftar video sebelah kanan saat sebuah video sedang dijalankan, di posisi atas dalam hasil pencarian video.

Tahap 2. Silahkan isi campaign name-nya, baju. Lalu pilih Type : Search Network Only Pilih tombol radio: Standard

Tahap 3. Pada bagian Networks Anda bisa memilih apakah Anda ingin menampilkan iklan Anda di partner pencarian Google (include search partners) atau tidak. Siapa saja yang menjadi partner tidak diketahui secara pasti, tapi yang dengan jelas dipublikasikan adalah AOL.

Tahap 4. Pada bagian Locations Anda dapat menargetkan iklan Anda agar muncul berdasarkan lokasi geografis. Dengan demikian iklan Anda tampil di depan orang-orang yang berada di lokasi tertentu saja. Hal ini berguna jika usaha Anda hanya melayani dalam batasan wilayah tertentu. Bahkan pencarian bisa dibuat lebih spesifik lagi, misalnya pelayanan hanya dalam suatu radius tertentu saja. Untuk tutorial kali ini, kita akan memlih Indonesia.

Tahap 5. Pada bagian languages, Anda menentukan kemunculan iklan berdasarkan bahasa. Google akan menentukannya berdasarkan:

  1. preferensi bahasa di akun yang digunakan oleh pengguna
  2. permintaan pencarian.
  3. halaman yang sedang dilihat saat ini.

Untuk Indonesia sebaiknya menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia. Karena kedua bahasa ini umumnya digunakan oleh orang Indonesia. Apabila Anda ingin memilih bahasa lain, silahkan klik tautan: edit.

Tahap 6. Pengaturanbid strategy. Pada bagian ini Anda akan menentukan total anggaran per hari dan berapa nilai default bid (penawaran) maximum yang Anda izinkan untuk ad groups Anda. Default bid menentukan batas maksimum biaya CPC.

Ada dua cara pengaturan bid: Otomatis, Google yang akan mengatur bid untuk mengoptimalkan iklan Anda, menurut algoritma Google; Manual, Anda yang menentukan dan mengatur sendiri jumlahnya. Sekedar sekilas info biaya iklan Google Adwords per klik ditentukan berdasarkan semacam lelang. Mereka yang memasukkan batas bid yang lebih tinggi, memiliki kesempatan iklan mereka lebih sering tampil dan berada di posisi strategis. Akan tetapi tentu Anda ingin memperhitungkan keuntungan yang Anda peroleh dengan pengeluaran biaya marketing.

Tahap 7. Ad extensions merupakan fitur tambahan pada iklan Anda, bebas biaya, bertujuan untuk memberikan tambahan informasi yang berguna untuk calon pelanggan, seperti alamat dan nomor telpon. Salah satu kegunaannya, misalnya jika Anda mencantumkan alamat, kebetulan ada calon prospek yang melihat iklan Anda dan berpendapat, bahwa lokasi bisnis Anda ternyat dekat dengan mereka, mungkin itu bisa membuat mereka memilih Anda daripada kompetitor. Ini adalah opsional apakah Anda ingin menggunakannya atau tidak. Jika sudah selesai, silahkan klik tombol: save and continue. 

Ad Groups Halaman selanjutnya adalah pembuatan ad group. Pada halaman ini selain memberikan nama untuk ad group, Anda juga akan mengisi keywords, dan mulai membuat iklannya. Isi ad group name: Dress.

Keywords Silahkan tentukan keywords Anda. Sesuai dengan petunjuk yang sudah saya terangkan di pemahaman dasar di atas. Contoh-nya bisa sepeti di bawah ini.

Ads  Disinilah pembuatan iklan yang nantinya akan dilihat orang. Sebuah iklan terdiri dari beberapa bagian yaitu:

  1. Headline, bagian yang digunakan untuk menarik perhatian orang.
  2. Description line 1&2, bagian untuk membangkitkan rasa ketertarikan orang.
  3. Display URL hanya untuk memberikan keterangan kepada pengguna, kemana mereka akan dibawa jika mengklik iklannya.
  4. Destination URL adalah url yang sesungguhnya.

Pada sisi kanan, Anda bisa melihat pratinjau iklannya. Bisa Anda lihat disana ada dua macam:

  1. Side Ad adalah pratinjau bila iklan tampil di sisi samping dari mesin pencari.
  2. Top ad adalah pratinjau yang terlihat memanjang bila iklan tampil di sisi atas dari mesin pencari.

Jika sudah, klik tombol: Save ad group.  Nah, sekarang Anda tinggal menunggu iklan Anda ditinjau pada hari kerja. Perhatikan tidak semua produk atau jasa bisa diiklankan di Google Adwords, oleh karena itu perhatikanlah kebijakan dari Google Adwords.

Langkah 4 Memahami Istilah-Istilah di Tabel Adwords

Setelah Anda membuat iklan adwords pertama Anda dan iklan tersebut berjalan, tentu Anda ingin bisa memahami dan membaca hasil kinerjanya. Disini saya akan membantu memberikan penjelasan mengenai beberapa istilah-istilah yang ada pada tabel Adwords.

Berbagai Istilah di Tabel Adwords

NO Istilah Penjelasan
1 Max. CPC Biaya per Klik Maksimum yang akan Anda tanggung bila seseorang mengklik iklan Anda. Anda menentukan ini saat memasukan bid di dalam ad groups.

Biaya CPC yang sesungguhnya bisa lebih rendah dari Max. CPC tergantung dari berbagai hal yang akan dijelaskan di bawah.

2 Clicks Jumlah klik yang telah Anda dapatkan.
3 Impr. Impression yang menunjukkan sudah berapa kali iklan Anda ditampilkan.
4 CTR Click Through Rate menunjukkan persentase keberhasilan iklan diklik.

Cara perhitungan: CTR = Clicks / Impr. x 100%.
Contoh:
Kata kunci mendapatkan 5x klik, berarti Clicks = 5;
Iklan ditampilkan 100x, berarti Impr.=100;
maka CTR = 5 / 100 x 100% = 5%

5 Avg. CPC Average Cost Per Click adalah keseluruhan rata-rata Biaya per Klik.

Cara perhitungan: Avg. CPC = Cost / Clicks.
Contoh:
Cost = Rp.1000.000,-;
Clicks = 1000;
maka Avg. CPC = Rp.1000,-

6 Cost Total Biaya per Klik + Total Biaya per Mil.
atau dengan kata lain:
Cost = Total CPC + Total CPMBiaya per Mil adalah biaya iklan per 1000x tampil.
7 Avg. Pos Menunjukkan ranking iklan/ ad rank Anda dibandingkan dengan iklan orang lain. Semakin tinggi ad rank Anda (ranking 1) , semakin baik posisi penempatan iklan Anda.
8 Label Digunakan untuk mengelompokkan kata kunci.

Penjelasan lebih detil

Ad rangking / ranking iklan (Avg. Pos.) Inilah beberapa alasan mengapa Anda akan menginginkan ad rangking yang tinggi:

  1. CPC Anda akan menjadi yang lebih rendah (Google menghargai iklan yang baik).
  2. Penempatan posisi iklan yang lebih baik (di halaman pertama dan di atas)
  3. Iklan lebih sering tampil.

Lalu apakah yang menentukan ranking sebuah iklan?

  1. Besaran bid, yaitu besaran rupiah yang Anda rela bayarkan untuk sebuah kata kunci.
  2. Quality Score, ditentukan berdasarkan relevansi antara iklan, kata kunci, dengan landing page.
    Landing page adalah halaman yang akan dilihat oleh pengguna saat mereka mengklik iklan Anda.

Sebuah bid yang besar dapat dikalahkan oleh bid yang lebih kecil, bila quality scorenya lebih rendah. Setiap kata kunci memiliki quality score. Pada mula-mula di tabel belum ada kolom quality score. Untuk menambahkannya silahkan ikuti gambar berikut ini:

Cara perhitungan Quality Score

Quality Score dihitung setiap kali orang yang melakukan pencarian yang memicu munculnya iklan Anda. Faktor-faktor ini adalah penentu Quality Score Anda:

  1. Sejarah frekuensi klik pada kata kunci di iklan Anda.
  2. Sejarah frekuensi klik dengan display URL yang Anda gunakan.
  3. Sejarah akun Anda: CTR Anda secara keseluruhan dari iklan dan kata kunci di akun Anda.
  4. Kualitas landing page: Seberapa relevan, transparan, dan mudah dinavigasi (orang tidak dibuat susah mencari hal yang mereka cari.)
  5. Relevansi kata kunci dengan iklan: Seberapa relevan kata kunci dengan iklan Anda
  6. Relevansi kata kunci dengan pencarian: Seberapa relevan kata kunci Anda dengan pencarian pelanggan.
  7. Kinerja Geografis: tingkat keberhasilan akun Anda di wilayah yang menjadi target Anda.
  8. Kinerja iklan di situs-situs: tingkat keberhasilan iklan Anda di sebuah situs dan di situs yang serupa (Jika Anda menargetkan Display Network)
  9. Perangkat yang Anda targetkan: Seberapa baik kinerja iklan Anda di berbagai tipe perangkat yang berbeda desktops/laptop, perangkat mobil, dan tablet – Anda mendapatkan Quality Score yang berbeda untuk tipe perangkat yang berbeda

Saya ingin menyoroti no.5 dan no.6 yang menggarisbawahi kata relevansi inilah alasan mengapa disarankan setiap kategori barang di toko Anda dikelompokkan ke beberapa ad groups dan tidak menggabungkannya menjadi satu. Dengan demikian setiap ad groups bisa digunakan untuk mempromosikan satu hal tertentu dengan menggunakan kelompok kata kunci yang mirip atau berkaitan satu sama lain dan kata-kata kunci itu bisa dimasukkan ke dalam iklan Anda. Inilah yang dilihat oleh Google sebagai relevan, dan relevansi = pengalaman pengguna yang baik. Dan Google akan menghargai iklan semacam itu.

Arti Quality Score yang lebih tinggi

Akan lebih mudah dan murah untuk sebuah kata kunci masuk ke sebuah lelang iklan. CPC yang lebih rendah. Semakin mudah untuk iklan Anda tampil di halaman pertama dari hasil pencarian. Posisi iklan yang lebih tinggi. Memungkinkan beberapa format iklan dan ad extention tertentu untuk bisa tampil. Sebab sebagian memerlukan Quality Score tertentu.

Sumber :  https://buatblogaffiliasi.blogspot.co.id/2017/07/cara-buat-iklan-di-google-adwords.html  dan  http://dapur-uang.com/cara-pasang-iklan-di-google-adwords-pendahuluan/

 

Pengalaman Jadi Penulis Harian Koran Kejar Honor

Pengalaman Jadi Penulis Harian Koran Kejar Honor

Oleh Harmen Batubara

Mengirimkan artikel ke Koran atau umumnya kolom opini di media massa, mungkin menjadi dambaan bagi para penulis. Entah menulis untuk  koran berskala nasional atau pun lokal, yang jelas ada prestise tersendiri bagi penulisnya serta kepuasan berbagi perspektif pada masyarakat. Saya sendiri punya pengalaman seperti itu, tetapi niatnya memang beda. Waktu itu semangat saya untuk menulis hanya satu cari honornya. Di tahun 70an, kala itu sebagai mahasiswa UGM saya tidak punya uang. Kesepakatan dengan ortu hanya bisa menyediakan uang bulanan, sebesar Rp 1000 (seribu Rp) per bulan, harga beras saat itu Rp30/Kg. Sementara jumlah kiriman atau wessel rata-rata mahasiswa di Yogya antara 5, 10 hingga 25 per bulan. Hidup dengan pola santri yang sudah saya persiapkan, uang seribu itu bisa menghidupi saya kala itu.

Sebagai anak perantau, sebenarnya saya sudah membekali diri dengan berbagai ketrampilam cari uang yang sudah saya persiapkan sejak SMP. Misalnya seperti kemampuan menderes karet, kemampuan jual BBM, jual sayur mayur pakai sepeda, kemampuan jadi Tk Cat Rumah; kemampuan jual nasi uduk, nasi kuning dan lain-lain. Sayangnya semua ketrampilan itu sangat menguras waktu, dan tenaga. Jadi tidak cocok untuk dilakukan disamping kuliah. Saat itulah ide untuk jadi penulis di Koran muncul. Saya sendiri termasuk yang suka membaca, dan punya selera yang baik terkait membaca tulisan. Saya dengan mudah bisa melihat berbagai “kelemahan” sebuah artikel, hanya dengan pilihan kata-katanya saja.

Baca Juga : Mau Memulai Bisnis Online, Ini Dia Langkahnya 

Tekad untuk menulis langsung saya tanamkan dalam hati. Saya harus melakukan pelatihan yang saya desain sendiri. Polanya juga sederhana, cari artikel yang membahas masalah yang sama istilah sekarang sesuai segmen atau “niche” nya, baca semuanya. Kemudian dari semua artikel itu cari intinya, cari kelemahan dan kekuatannya. Kemudian tuliskan sebuah artikel yang lebih baik lebih lengkap dan lebih menarik. Lebih lengkap dalam artian referensinya, data pendukungnya, lengkap dengan gaya yang lebih luwes. Kala itu belum ada Om Google. Jadi semua data harus dibaca dan ditulis ulang dengan tangan. Habis mesin tik juga belum punya. Pada bulan pertama, pelatihan yang saya lakukan itu ternyata sangat menyenangkan hati. Semua artikel itu saya kemas dalam bentuk Klipping. Klipping tulis tangan.  Minimal menurut saya waktu itu, saya mulai tahu selera kepenulisan Media Nasional, dan Lokal. Pada bulan kedua, saya dipercaya jadi Tukang Ketik di RW tempat saya tinggal. Itu artinya sehabis jam kerja RW, mesin ketik bisa saya pakai. Yang penting semua surat-surat ke RW an harus sudah kelar. Itulah tugas pokok saya di ke RW an.

Perkuat Tekat dan Tekuni Sampai Full

Karena kepelatihan ini, saya jadi pelanggan semua perpustakaan di Yogyakarta. Karena setiap hari saya pasti datang sebab masing-masing perpustakaan tersebut punya langganan Media yang berbeda. Polanya tetap sama, baca dan uraikan masalah apa yang dituliskan oleh media nasional atau lokal hari itu terkait satu “niche” atau topik tertentu. Kemudian cari kekurangannya, dan temukan kekurangan tersebut lewat buku-buku atau majalah atau eksilopedia dst.dst. Secara tidak langsung, saya juga sudah mempunyai sahabat-sahabat di perpustakaan. Mereka inilah yang sering saya ajak diskusi terkait terkait topik-topik tertentu. Pelatihan ini secara tidak langsung, telah membawa saya kepada pemikiran bahwa saya sudah berada sama-sama di garis depan para penulis artikel tersebut. Apa yang mereka tuliskan bisa saya lihat mulai dari kekuatan dan kelemahannya dan bahkan enak tidaknya untuk dibaca.

Hasilnya setelah enam bulan latihan dan berjuang barulah satu tulisan saya dimuat di Koran  Dua Mingguan Eksponen di jalan KH Dahlan-Yogyakarta. Senangnya bukan main. Honornya sebesar Rp 500  saya berikan pada akan pa RW. Sejak saat itu saya sudah dikenal sebagai penulis di Koran. Dua bulan berikutnya, hampir semua Koran nasional sudah menerbitkan artikel-artikel saya. Yang Paling melegakan, saya dapat mempertahankan penghasilan honor dari tulisan saya tiap bulannya antara 17-35 ribu rupiah. Sutau capaian yang tidak sederhana. Saya masih ingat anak bupati yang kostnya di Realino waktu itu wesselnya baru sebesar Dua puluh lima ribu rupiah.

Besarnya honor menulis di Koran ini sungguh jauh berbeda dengan saat sekarang. Harga beras per Kg waktu itu baru tiga puluh rupiah. Jadi harga satu artikel di harian Nasional seperti Kompas-Sinar Harapan dan Surabaya Post waktu itu bervariasi antara 17,500 sampai 30,000 rupiah atau setara dengan 580 kg -1000 kg beras ukuran sedang. Sementara Koran Lokal seperti Kedaulatan Rakyat, Pikiran Rakyat dan Suara Merdeka bervariasi antara 1500-2500 rupiah. Berkaca dengan pengalaman ini maka berusaha menjadi seorang penulis  adalah soal kemauan, soal cara dan ketekunan.

Jangan Lupa Pakailah Tip Ini Untuk Menulis

Kalau mau jadi penulis ada baiknya pakailah Tip Sederhana Ini Inilah beberapa tips atau kiat yang umumnya dilakukan para penulis pemula, sehingga tulisannya berhasil menembus media. Di antaranya;

Perhatikan gaya penulisan media tersebut. Demikian juga dengan gaya penulisan opininya di koran tersebut, sebab masing-masing media mempunyai standar dan selera penulisan yang berbeda.

Topik Aktual. Koran terbit setiap hari, isu berubah setiap saat. Untuk menulis topik aktual, tantangannya adalah  untuk tidak hanya mengerti isu-isu terdahulu tapi juga memprediksi isu yang akan datang. Karena itu mengikuti isu yang tengah berkembang di media tersebut, namun bukan semacam berita melainkan opini dengan berbagai perspektif. Sebagai penulis opini, kita dituntut cermat menghadirkan perspektif baru untuk mengurai persolan yang tengah terjadi  melalui berbagai informasi yang ada. Pastikan anda mengikuti Koran atau Harian yang mampu merekam berbagai opini sesuai Segmen yang ada kembangkan.

Baca Juga : Formula Sukses,Pebisnis Affiliate: Wujudkan Peluangmu

Ide Orisinal, Bukan Plagiat atapun Kompilasi. Terkadang data didapat dari tulisan lain. Tapi yang perlu diperhatikan, jangan sampai data itu justru menjadi yang utama dalam tulisan. Kembangkan ide terlebih dahulu baru kemudian data mengikuti.

Argumentasi Logis.Logisme adalah syarat mutlak supaya ide dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Karena, tujuan menulis sejatinya adalah untuk menyumbangkan solusi dan tidak bertele-tele. Kurangi kata ‘kita’. Karena kata ‘kita’ mengesankan tulisan tersebut adalah tajuk rencana atau tulisan untuk meyapa redaksi. Sebut saja saya atau penulis kecuali kalau sifatnya memang sudah common sense.

Mengikuti Aturan. Perhatikan betul ejaan yang digunakan. Perhatikan pula aturan yang ditentukan oleh redaksi, misalnya: jenis tulisan, jumlah karakter, margin, spasi, dan seterusnya. Sebaik-baiknya tulisan tapi jika tidak mengikuti aturan tetap akan ditolak oleh redaksi. Kemudian menggunakan Bahasa yang Sopan. Keba nyakan media kini menerima tulisan melalui e-mail. Karena kemudahan ini, terkadang kaidah dan etika menulis surat terabaikan. Tulislah isi e-mail dengan sapaan kepada redaksi dan berisi maksud e-mail tersebut dengan bahasa yang sopan. Dengan begitu, redaksi jadi lebih merasa dihormati.

Perbanyak referensi. Sebuah tulisan akan sulit meyakinkan redaksi kolom opini jika referensinya kurang meyakinkan, entah itu sebagai data penguat, atau teori yang digunakan dalam menopang perspektif tulisannya. Meski referensi yang berlebihan juga pasti akan menyebalkan, dan itu tentu tidak disukai.

Afiliasi dalam sebuah lembaga atau organisasi. Biasanya, background seorang penulis opini juga dipertimbangkan. Hal ini bisa dimaklumi, misalkan anda seorang peneliti dari lingkungan Kementerian Pertahanan. Meskipun apa yang anda tuliskan sebenarnya tidak jauh beda dari penulis lainnya, tetapi latar belakang anda dari Kementerian terkait telah mempunyai nilai tersendiri bagi mereka. Lagi pula Harian tersebut ada juga keinginan untuk melahirkan penulis dari lingkungan Kementerian Pertahanan.

Dari pengalaman penulis sendiri, sering terasa ada perhatian dari Redaksi terkait dimana posisi penulisnya. Saya masih ingat takkala penulis melakukan penegasan batas antara Indonesia dan Papua New Guinea, semua tulisan yang saya kirimkan dari lokasi tersebut dimuat oleh media yang saya kirimi. Begitu juga pada saat saya melaksanakan Kuliah Kerja Nyata, semua tulisan-tulisan dari lapangan tersebut dimuat oleh media yang saya kirimi. Kesan saya waktu itu, redaksinya seperti ingin membantu penulisnya. Dengan kata lain latarbelakang si penulis termasuk sesuatu yang jadi pertimbangan redaksi.

Juga jangan lupa untuk melampirkan data diri penulis. Syarat yang satu ini juga penting. Jangan lupa cantumkan scan KTP atau tanda diri lainnya seperti nomor NPWP, nomor rekening (biasanya ada honor untuk penulis), dan foto diri . Untuk syarat seperti ini, biasanya agak berbeda antara Koran yang satu dan lainnya, karena itu perlu disesuaikan dengan permintaan media bersangkutan.

Cara Meraih Satu Milyar Pertama Dari Bisnis Online

Cara Meraih Satu Milyar Pertama Dari Bisnis Online

Ini sebenarnya adalah sesuatu yang Biasa. Berbisnis Online dan Dapat Penghasilan Yang besar. Idenya sama. Kalau mau hasil yang besar, ya pakailah Umpan yang besar. Nah ini Dia. Dapatkan, Strategi Meraih Rp 1 Miliar Pertama, Dari Facebook dan Toko Online,Yang Sudah Terbukti Dari Pengalaman Pribadi. Jangan Sampai Anda Membuang Waktu, Biaya, dan Tenaga Karena Cara Menjalankan Toko Online Yang Keliru! Apalagi kalau hanya sekedar ikutan arus. Karena itu pelajari dahulu pengalaman pebisnis Online ini. Kalau menurut anda Oke. Ya Jalankan. Mudahkan? Semua itu bisa dengan mudah dilakukan. Yang Penting Sikap Anda. Mau berbisnis atau Bermimpi?

Tahukah Anda?

Untuk mendapatkan uang Rp 1 miliar dari Facebook + Toko Online, iklan saja tidak cukup. Iklan Facebook adalah sangat penting, namun bukan satu-satunya yang dibutuhkan untuk meraih 1 miliar pertama. Jika Anda berpikir, hanya dengan iklan saja sudah bisa meraih Rp 1 miliar, …Itu Salah ! Karena iklan hanyalah bagian dari bisnis. Ada elemen-elemen lain yang dibutuhkan agar bisnis Anda bisa meraih omset miliaran! Banyak hal yang penting dan mendasar terlupakan dalam menjalankan bisnis, padahal hal-hal itulah yang akan menjadikan bisnis Anda meraih miliaran!

Pernahkah Anda Mengalami Ini?

  • Bingung memulai bisnis toko online dari mana.
  • Omset bisnis yang tidak naik-naik setelah bertahun-tahun.
  • Punya tim yang banyak, tetapi omset tidak naik.
  • Penjualan hasil iklan Facebook yang tidak mencapai target.
  • Keuntungan dari iklan Facebook yang kecil, bahkan rugi.
  • Karyawan tidak optimal dalam bekerja.
  • Bisnis untung tetapi bermasalah dengan keuangan.
  • Customer service kurang bisa menjual.

Jika Anda mengalami minimal salah satu diatas, inilah kabar baik bagi Anda. Klik DISINI

Terlalu Fokus ke Teknik Iklan Facebook Akan Membunuh Omset Anda! Menguasai cara mendatangkan traffic (salah satunya dengan FB Ads) adalah sangat penting untuk meraih Rp 1 Miliar pertama Anda. Tapi bukan satu-satunya yang diperlukan. Masih ada hal lain yang harus Anda miliki agar bisnis Anda layak mendapatkan omset besar. Banyak orang yang jago FB Ads atau jago SEO, namun tetap saja bisnisnya tidak meraih omset besar. Karena ada hal yang dia lupakan atau abaikan.

Lihat Cara Kerjanya DiSini

Untuk meraih omset miliaran, Anda membutuhkan Resep Rahasia yang lengkap dengan proporsi yang tepat. Sukses itu seperti membuat kue, resep kue terdiri dari banyak bahan dengan takaran dan racikan yang tepat. Inilah yang jarang diungkap oleh panduan lainnya. Bahwa ada komponen-komponen lain selain iklan yang diperlukan dengan proporsi yang tepat yang akan menjadikan Anda meraih 1 miliar pertama.

Baca Juga   :  Sekolah Bisnis Satu Milliar 

Sudah banyak terjadi, seorang pebisnis yang HANYA fokus ke teknik iklan, dia melupakan elemen-elemen lainnya yang sangat penting. Iklan Facebook adalah penting, tetapi bukan satu-satunya yang harus Anda perhatikan agar meraih omset miliaran. Prospek yang banyak dan biaya iklan yang murah tidak akan menjamin omset menjadi besar, jika tidak didukung dengan kesiapan tim yang mumpuni dan produk yang tepat.

Pengunjung yang banyak tidak akan berubah menjadi pembeli jika Anda kerja sendiri atau tanpa tim yang sanggup menanganinya. Begitu juga, iklan yang murah tidak akan mendongkrak omset jika pemilihan produk dan harga yang salah.

Punya TEAM Juga Belumlah Cukup ! Tidak Sedikit Karyawan Malah Menjadi Beban Bagi Pemilik Bisnis, Jika Tidak Mengetahui Strategi Membangun TEAM Yang Benar. Adalah betul, memiliki TEAM sangat penting untuk meraih omset yang benar. Namun, bukan sembarang tim yang harus Anda miliki. Pada kenyataannya, banyak pebisnis online yang malah terbebani oleh gaji karyawannya. Semakin banyak karyawan yang dimiliki, semakin besar beban yang harus dikeluarkan.

Anda harus memastikan, bahwa TEAM Anda bukan menjadi beban, tetapi menghasilkan omset bagi Anda. Ada caranya, ada ilmunya dan ada strateginya agar setiap karyawan yang Anda rekrut memberikan kontribusi positif bagi bisnis Anda.

Bisakah Omset 1 Miliar Pertama Diraih Oleh Pemula dengan Modal Yang Kecil?

Justru, PANDUAN INI ditujukan untuk pemula. Saya sendiri memulai bisnis toko online dilakukan sendiri dibantu istri, dengan modal yang sangat kecil. Saya akan bagikan pengalaman saya, bagaimana memulai bisnis, iklan sendiri, CS sendiri, dan tidak punya produk sendiri sampai bisa meraih 1 miliar pertama.

Jadi, bagi Anda yang sekarang baru mulai dan punya modal yang kecil, maka panduan ini cocok untuk Anda. Cocok juga bagi Anda yang sudah bisa menjalankan Fb Ads tetapi belum meraih omset besar. Anda akan tetap mendapatkan manfaat dan insight dari panduan ini.

Baca   Juga   : LandingKit Elementor, Promosi Bisnis Jadi Joss

Panduan ini bukan sekedar bagaimana cara beriklan, tetapi bagaimana membangun bisnis sampai meraih omset 1 miliar pertama Anda. Sudah punya modal? Bagus. Yang tidak punya modal saja bisa, apalagi yang sudah punya.

Kabar Baik Untuk Anda …

Anda beruntung menemukan HALAMAN INI, sebentar lagi Anda akan mengetahui strategi dan langkah-langkah membangun bisnis toko online Anda agar meraih Rp 1.000.000.000 (1M) pertama Anda. Anda akan mengetahui seperti apa Resep Rahasia itu yang jika Anda terapkan dalam bisnis toko online Anda, Rp 1 Miliar pertama Anda tinggal menunggu waktu.

Anda TIDAK PERLU menguasai hal-hal rumit dalam Facebook Advertising. Cukup teknik iklan sederhana saja, bisa dilakukan oleh yang gaptek sekali pun.Anda TIDAK PERLU bingung dengan blue print (cetak biru) sebuah bisnis toko online yang bisa menghasilkan omset miliaran.

Dan TIDAK PERLU bingung memulai dari mana dan bagaimana mengembangkan bisnis agar tujuan Anda tercapai. Karena sebentar lagi Anda akan memiliki panduan lengkap dari A ke Z yang akan memudahkan Anda memahami seperti apa  bisnis yang akan menghasilkan Rp 1miliar pertama Anda.

Selamat Tinggal Omset Kecil, Selamat Tinggal Bingung Membangun dan Mengembangkan Bisnis Toko Online. Karena Setelah Anda Memiliki Panduan Berikut Ini, Anda Tidak Perlu Bingung Lagi Meraih Omset 1 Miliar Pertama Anda.

DAPATKAN SEGERA! KLIK DISINI

wp multi level affiliasi
wp multi level affiliasi