Jadi Blogger Sukses: Ikuti Cara Blogger Top Ini

Jadi Blogger Sukses: Ikuti Cara Blogger Top Ini

Oleh Harmen Batubara

Seorang anonym meminta advis? Intinya dia ingin menjadi seorang penulis Blogger sukses dan punya uang. Dapatkah bapa mengajarkan saya seperti apa ilmunya? Lama saya tidak menjawab pertanyaannya. Karena menurut saya, pertanyaan itu adalah pertanyaan biasa yang dia sendiri juga sudah tahu jawabannya.Tetapi kemudian terpikirkan juga, untuk menjawabnya. Manatahu ada juga pembaca yang lain yang punya pertanyaan yang sama. Terlebih lagi Blogger zaman sekarang tentu ilmunya juga harus tinggi dan orisinal pula.

Mau Jadi Blogger Sukses Juallah MimPi
Mau Jadi Blogger Sukses Juallah MimPi Wanita bernama asli Zoe Elizabeth Sugg ini memulai kisahnya dari sebuah blog yang dibuatnya pada tahun 2009. Blog bernama Zoella buatannya tersebut membahas soal kecantikan, lifestyle dan fashion, ditujukan untuk kalangan remaja. Tak disangka blog buatannya tersebut telah mendapatkan 140 juta kunjungan. Lalu ia membuat channel kecantikan di YouTube. Hingga kini chanel tersebut diketahui telah dikunjungi oleh 12 juta setiap bulan

Baik Anda seorang blogger yang bercita-cita Blogger Top  atau hanya sekedar mencari sedikit inspirasi dalam bagi kehidupan Blog  Anda, berikut beberapa Blog terbaik di Dunia versi Jordan Fried[1] dan Indonesia versi Mas Sugeng[2]. Blog blog terbaik dengan blogger inspiratif yang semuanya memulai sebagai, sebagai blogger biasa saja.

Gary Vaynerchuk Dengan GaryVaynerchuk.com

Dia warga New York banyak melihatnya  sebagai seseorang yang ulet  dan karismatik yang mendapatkan ketenaran di internet sebagai pembawa acara Wine Library TV yang menarik dan supel.  Sebuah blog video yang secara obsesif berbicara tentang segala hal yang berkaitan dengan anggur. Melalui blog video online, dia membangun bisnis anggurnya dari toko ritel anggur senilai $ 3 juta dolar setahun menjadi bisnis grosir anggur senilai $ 60 juta dolar.

Gary Vaynerchuk telah membangun kerajaan bernilai jutaan dolar terkait dengan merek pribadinya. Dia juga tergolong penulis laris dan salah satu pendiri Vayner Media, agensi pemasaran digital besar yang bekerja sama dengan beberapa merek terbesar di dunia. Dia pernah tampil di The Wall Street Journal, GQ, dan Majalah Time, serta muncul di Late Night with Conan O’Brien dan The Ellen DeGeneres Show.

Rand Fishkin Dengan SEOmoz.org

Rand Fiskin beda lagi dia adalah seorang putus sekolah yang mulai membuat blog tentang SEO (Search Engine Optimization) pada tahun 2004 ketika bekerja untuk perusahaan pengembang web yang dikelola keluarganya. Dia juga menyediakan layanan konsultasi SEO untuk beberapa klien kecil. SEOmoz sejak meninggalkan bisnis konsultasi dan lebih fokus secara eksklusif pada pembuatan perangkat lunak SEO, serta mendukung komunitas Online dengan sumber daya pendidikan terkait dengan industri pencarian.

Dikabarkan bahwa perusahaannya menghasilkan jutaan dolar setiap bulan dari perangkat lunak dan layanan berlangganannya. Perusahaan ini juga mengumpulkan $ 18 juta pada tahun 2012, dan telah digunakan untuk mengakuisisi perusahaan lain. Rand masih aktif menjalankan perusahaan dan terkadang memposting di blognya.

Pat Flynn Dengan SmartPassiveIncome.com

Pat termasuk salah satu blogger paling inspiratif di dunia. Ceritanya bermula saat ia jadi pengangguran, setelah kehilangan pekerjaannya beberapa tahun yang lalu. Dia terpaksa melakukan sesuatu untuk menghidupi keluarganya. Dia memulai situs web bernama “SmartPassiveIncome.com

Sejak saat itu, dia telah berhasil membangun banyak pengikut dan pembaca berkat berbagai ide-ide terkait “passive income”,  secara terbuka dan apa adanya. Sampai hari ini, Pat selalu mengungkapkan pendapatan bulanannya kepada para pembaca, dan itu ternyata  telah menginspirasi banyak orang.

Baca Juga  : LandingKit Elementor, Promosi Bisnis Jadi Joss

Pat kini sudah jadi bagian dari konferensi dan promosi berbagai industri, menjalankan podcast reguler untuk pembacanya, dan menghabiskan waktu sebanyak yang dia bisa dengan keluarganya. Pat mampu menghasilkan, rata-rata, sekitar $ 50.000 USD per bulan.

Brian Clark Dengan Copyblogger.com

Brian Clark adalah pendiri Copyblogger. Dia memulai blog pada tahun 2006 sebagai sumber daya bagi para wirausahawan untuk belajar menjadi copywriter yang lebih baik, pemasar konten, dan semua tentang “raja konten”. Blog tersebut telah berkembang menjadi otoritas dalam membuat KONTEN BERMUTU untuk web. Dengan 100k + pelanggan, Brian mampu memanfaatkan pembacanya dengan baik, dengan kemampuan itu pullah ia meluncurkan COPYBLOGGER MEDIA, yang kemudian melahirkan beberapa perusahaan terkait “ spin-off”. Berbagai perusahaan perangkat lunak ini termasuk Scribe, Synthesis, Premise, dan StudioPress.

Kejeniusan di balik model bisnisnya adalah bahwa para pembaca setianya mencintainya dan mengantre untuk membeli PERANGKAT LUNAK PEMASARAN yang dibuat oleh perusahaannya. Brian masih sangat aktif dalam mengoperasikan Copybloggernya.

Andrew Sullivan Dengan thedishdaily.com

Andrew memulai blognya, The Daily Dish, mendekati akhir tahun 2000. Pada pertengahan tahun 2003, dia menerima sekitar 300.000 kunjungan unik per bulan.Pada 2013, Sullivan membuat beberapa perubahan besar dan memutuskan untuk meninggalkan acara bloggingnya yang lain (sebelumnya di TIME, The Atlantic, dan The Daily Beast) untuk mengerjakan The Daily Dish penuh waktu. Pada hari hari peluncurannya, blog tersebut dilaporkan mampu menghasilkan lebih dari $ 330.000 dan terus berulang dan berlanjut. Para penggemarnya rela membayar rata-rata $ 20 / bulan. Suatu Blog yang mampu memberikan dan memenuhi “kepentingan” para anggotanya.

Berikut adalah Blog yang cuku terkenal dan banyak pengikutnya di Indonesia versi Mas Sugeng :

radityadika.com

Raditya Dika adalah seorang penulis, pelawak, Aktor, pemeran, model dan sutradara  Indonesia. Raditya Dika dikenal sebagai penulis buku-buku jenaka. Tulisan-tulisan itu berasal dari blog pribadinya yang kemudian dibukukan. Wikipedia.

  • Topik : Personal, Komedi
  • Facebook Fans : 1,5 Juta(https://www.facebook.com/radityadikapages)
  • Twitter Follower : 10,5 Juta(https://twitter.com/radityadika)
  • Youtube Subscribers : 1,4 Juta(https://www.youtube.com/user/radityadika)
  • Umur Blog : 8 Tahun
  • Sumber penghasilan Blog : Jual Buku, … ?

omkicau.com

Blog bagi pecinta burung atau suara burung Blog yang popular dan cukup sering  dikunjungi meskipun hanya sekedar untuk mendownload MP3 Suara Burung Bagi mereka pecinta burung tentu ini sangat menarik.

  • Topik :  Hobi Burung
  • Facebook Fans : 197(https://www.facebook.com/BurungFB)
  • Twitter Follower : 215(https://twitter.com/omkicau)
  • Umur Blog : 6 Tahun
  • Sumber penghasilan Blog : Jual produk, Iklan, … ?

iwanbanaran.com

Para pecinta otomotif atau buat mereka yang hobi otomotif sudah pasti sering mengunjungi blog ini. Admin blog ini sering muncul di acara kualifikasi MotoGP jam 11 malam di trans 7  sebagai seorang komentator.

  • Topik : Otomotif
  • Facebook Fans : 609(https://www.facebook.com/pages/iwanbanaranwordpresscom/199358176792069)
  • Twitter Follower : 594(https://twitter.com/iwanbanaran)
  • Youtube Subscribers : 867(https://www.youtube.com/user/iwanbanaranblog)
  • Umur Blog : 6 Tahun
  • Sumber penghasilan Blog : Iklan, … ?

blogdokter.net

Blog dengan topik kesehatan yang cukup populer dengan jumlah follower twitter mencapai 1 Juta.

  • Topik : Kesehatan
  • Facebook Fans : 48,701(https://www.facebook.com/blogdokter)
  • Twitter Follower : 1 Juta(https://twitter.com/blogdokter)
  • Umur Blog : 8 Tahun
  • Sumber penghasilan Blog : Iklan, … ?

www.enigmablogger.com

Blog ini dulunya beralamat di xfile-enigma.blogspot.com tapi sekarang sudah berganti alamat menjadi www.enigmablogger.com. Blog ini sangat populer karena membahas kisah-kisah misteri di dunia secara detail dan mendalam.

  • Topik : Kisah Misteri
  • Facebook Fans : 063)
  • Twitter Follower : 418(https://twitter.com/enigmablogger)
  • Umur Blog : 6 Tahun
  • Sumber penghasilan Blog : Jual buku, … ?

Masih ingat Steve Jobs? Terlepas dari segala kontroversi mengenai dirinya, Steve Jobs telah memberikan warisan berupa 7 prinsip yang diyakini banyak orang telah membawanya meraih kesuksesan di usia yang masih terbilang muda.  Steve Jobs dianggap sebagai salah satu CEO yang paling inovatif. Cara-cara yang ia tempuh sering menjadi inspirasi bagi pengusaha dan pemilik bisnis lain di dunia. Dari 7 warisannya tiga yang paling saya suka:

Baca Juga   : OnlineKan BisnisMu, Peluang Tanpa Batas

Pertama: Lakukan yang Anda Sukai  “People with passion can change the world for the better,” kata Jobs suatu ketika. Inilah prinsip pertama yang ia praktekkan selama hidup; ia selalu mengikuti apa kata hatinya. Menurutnya, passion itulah yang membuat segala perbedaan. Akan sulit untuk menghasilkan ide yang baru dan kreatif ketika Anda tidak memiliki ketertarikan dan minat khusus pada apa yang Anda kerjakan.

Kedua: Jangan Menjual Produk, Juallah Mimpi  Bagi Steve Jobs, mereka yang membeli produk Apple bukanlah “pelanggan”. Mereka adalah orang-orang yang dipenuhi dengan harapan, mimpi dan ambisi. Ia membuat produk untuk membantu orang-orang ini mewujudkan mimpi. “Some people think you’ve got to be crazy to buy a Mac, but in that craziness we see genius,” kata Jobs. Bagaimana Anda melihat pelanggan Anda? Bantulah mereka menemukan sisi jeniusnya dan Anda akan memenangkan hati dan pikiran mereka.

MAU BUAT WEBSITE GRATIS? DISINI

Ketiga: Ciptakan Pengalaman yang Amat Sangat Menyenangkan  Apple Store telah menjelma menjadi toko ritel terbaik dengan memperkenalkan inovasi sederhana, yang dapat diadopsi dan didalami oleh semua bisnis. Inovasi tersebut membantu mereka memperkuat hubungan emosional dengan pelanggan. Contohnya, tidak ada kasir di Apple Store. Mereka punya staf ahli, konsultan, teknisi jenius, tapi tidak ada kasir. Mengapa? Karena Apple Store bukanlah bisnis yang ‘menjual sesuatu’; mereka adalah bisnis yang ‘memperkaya hidup’. Disinilah perbedaan besarnya.

Memang masih ada 4 lagi yang jadi prinsip hidupnya. Tapi saya hanya tertarik pada tiga prinsip tersebut. Tetapi sesungguhnya, prinsip seperti itu adalah prinsip bagi yang terbaik di alam jagad ini. Padahal manusia yang hidup di dunia ini begitu banyak, dan kebanyakan diantaranya sebenarnya punya cita-cita yang sangat sederhana saja. Kalau itu di Indonesia ya gambarannya seseorang yang mempunyai penghasilan sebesar UMR. Ya kan? Nah wajarkan kalau misalnya anda menjadi seorang Blogger dengan penghasilan 5 juta perbulan. Secara logika itu berarti anda sudah berhasil. Mimpi boleh, tetapi hidup sesungguhnya haruslah Realistis. Jadi Blogger kelas UMR ya anggap apa-apa. Kenapa tidak?

Pertanyaan berikutnya? Bisakah anda menjadi seorang penulis Blogger dengan penghasilan UMR atau sekitar 5 juta per bulan? Kalau pertanyaan itu ditujukan ke saya, maka jawabannya sangat bisa. Berikut adalah desain “kemampuan” blogger yang harus anda kuasai untuk bisa mendapatkan hasil 5 juta perbulan.

Untuk menjadi sukses memang butuh yang namanya kerja keras,semangat,dan pantang menyerah. Begitu juga dalam dunia blogging harus ada kerja keras, siasat,  semangat dan kerja yang efisien. Sekarang  banyak sekali blogger sukses yang bermunculan baik dalam negeri atau luar negri. Tetapi sebaliknya ada puluhan juta Blogger yang anggak dapat apa-apa dan bahkan jutaan Blogger lainnya melupakan Blognya sama sekali. Mereka tidak melihat ada kehidupan di sana.

Baca Pula   : Penulis Profesional, Bahagia Bersama Tulisannya

Mungkin anda tahu Linda Ikeji, pemilik blog Lindaikeji.blogspot.com dan kemudian jadi http://www.lindaikejisblog.com yakni blog dengan platform blogger tetapi dengan “nama domain sendiri”. Blogger sukses asal Nigeria ini punya penghasilan yang tergolong luar biasa hanya dengan menggunakan platform blogger.com. Penghasilan Linda Ikeji dari blognya mencapai sekitar USD$63.000 setiap bulan, kalau dirupiahkan hampr 900 jutaan. Luar biasa kan?  Tapi itu di era ketika orang masih baru dengan Blog. Sekarang? Tapi ya masa cari 5 juta saja anggak bisa?  Tapi disitulah Uniknya. Hidup memang penuh dinamika dan misteri.

Rahasia Para Blogger Sukses, mulai dengan :

Target Pasar Yang Jelas.  Kalau anda mau jadi Blogger. Dari awal anda sudah harus mempunya target yang jelas dan terarah. Pilihlah target anda sesuai dengan Hobby atau kesenangan anda. Kalau anda senang sebagai penulis, maka sasaran anda adalah orang-orang yang senang menulis, senang membaca, para penerbit, para penulis buku, para penerbit online dll.

Bersamaan dengan target itu anda juga sudah mempersiapkan produk apa saja yang akan anda tawarkan, baik untuk orangnya sendiri misalnya pakaian, obat, dll. Juga anda persiapkan software yang baik utnuk mereka pakai kalau misalnya mereka akan membuat blog seperti anda. Bisa juga terkait buku-buku yang bagus untuk mereka baca untuk memperkuat pengetahuan mereka. Produk tersebut bisa anda jual lewat program affiliasi, lewat toko online dll. Persiapkan dahulu inti “bisnisnya”. Cari produknya, affiliasinya dan desain seperti apa anda menawarkannya.

Jadwal Teratur Dengan Konten Yang Terarah. Sejak awal anda sudah harus membuat rencana terkait Konten anda, dan pastikan anda juga sudah paham SEO dalam menulis. Rencana itu juga, harus seirama dengan apa yang anda akan tuliskan dan juga berhubungan dengan produk-produk apa saja yang akan anda tawarkan. Jadwal terbit atau update konten blog anda harus terjamin dan berlanjut. Kemudian yang penting lagi konten atau artikel anda harus yang berkualitas, punya manfaat dan terintegrasi dengan apa yang akan anda twarkan. Karena itu, sebagai Blogger anda juga sudah harus paham dengan platform blog anda. Apakah anda mau di jalur yang gratisan atau jalur yang berbayar. Intinya adalah, sebagai blogger anda memang harus mempunyai ilmunya. Tapi jangan hawatir, anda bisa belajar sambil melakukannya. Dengan catatan, ya anda harus sabar. Sabar sampai memang anda mempunyai ilmunya dengan baik. Barulah setelah itu, anda bisa berkarya lebih focus lagi, lengkap dengan target pendapatan dari Blog anda.

Sejak awal anda harus konsisten dengan yang anda tulis,dengan fokus hanya satu tema seperti yang telah anda pilih  dan jangan berganti ganti tema/topik. Seperti di awal tadi, yang paling penting,konten/isi artikel haruslah berkualitas;  jangan sampai anda menulis konten asal asalan atau seadanya,harus ada perencanaan dalam membuat konten. Ingat lebih baik membuat satu konten tapi berkualitas daripada banyak tapi tidak berkualitas sama sekali. Untuk mendapatkan konten berkualitas, anda bisa lakukan dengan banyak cara. Bisa lewat membayar para penulis professional, bisa dengan mengajak penulis tamu, bisa dengan memintak izin agar artikel blog lain bisa nada muat kembali di Blog anda. Intinya, banyak cara untuk mendapatkan konten berkualitas. Lakukan itu dengan cara anda sendiri, dan lakukan yang terbaik.

Berpromosi ke Media Sosial. Hal yang sering dilupakan para blogger adalah sisi promosi. Promosi ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Kalau anda ingin mendapatkan penghasilan dari Blog atau usaha Online, maka satu hal yang tidak bisa anda lupakan adalah berpromosi. Anda bisa melakukannya lewat media social secara gratis dan berbayar misalnya: Facebook, Instgram, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Scoop it, Sumble Upon, Reddit dll.

Semua media social itu mempunyai jalur promosi baik yang gratis maupun yang berbayar. Intinya adalah, kalau anda ingin memperoleh penghasilan maka anda juga harus mempersiapkan dana anda untuk bepromosi. Karena promosi berbayar masih pilihan terbaik yang bisa mendatangkan pengunjung langsung ke Blog atau produk kita sendiri. Ingat Blog sebaik apapun itu, tetapi kalau tidak ada yang tahu, ya anggak akan ada pengunjungnya. Tanpa pengunjung, blog anda nggak akan ada manfaatnya. Baik itu untuk orang lain maupun untuk diri anda sendiri. Jadi Blogger masa kini, memang harus juga memahami dunia promosi.

Belajar, belajar dan Belajar. Intinya adalah lakukan sesuatu “take action Now” dan kemudian teruslah belajar, selalu belajar untuk lebih baik, perkuat jaringan Blog anda, manfaatkan fitur-fitur terbaik dengan memanfaatkan software yang ada, Di luar sana sangat banyak Software untuk memperkuat blog anda. Ada banyak software gratis, maupun software yang berbayar. Intinya adalah manfaatkan teknologi untuk Blog anda.

Blog yang anda buat itu adalah mesin yang membuat anda Enjoy untuk melakukan aftivitas yang anda senangi. Lewat Blog anda telah mencoba meyakinkan para pembaca anda tentang mimpi-mimpi yang bisa mereka wujudkan lewat berbagai pola sukses yang anda tawarkan. Pola sukses yang anda isi dengan produk produk yang mereka senangi dan merasa perlu untuk memilikinya demi kebaikan mereka sendiri. Kalau anda bisa mewujudkan Blog seperti itu, maka percayalah anda juga akan memperoleh penghasilan yang tidak sedikit untuk kelanjutan hidup anda beserta mimpi-mimpi anda sendiri. Jangankan sekedar UMR 5 Juta, anda bisa mendapatkan jauh lebih besar kalau anda sudah menguasai Ilmunya. Cobalah.

[1] https://www.lifehack.org/articles/communication/top-10-most-inspirational-bloggers-the-world.html

[2] https://sugeng.id/blog-terbaik-di-indonesia/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *