Blog Bisnis Penghasil Uang  

Blog Bisnis Penghasil Uang  

Oleh harmen batubara

Bagi para pebisnis Online ada salah satu bisnis yang juga bisa diharapkan memberikan hasil yang baik. Yakni bisnis dengan cara Blogging atau istilah kerennya lewat bisnis menjual Impian. Ya menjual gagasan yang konkrit yang bisa di rencanakan, bisa diperhitungkan keuntungannya. Contoh yang pas untuk ini adalah karya Steve Jobs. Steven Paul “Steve” Jobs (24 Februari 1955 – 5 Oktober 2011) adalah seorang tokoh bisnis dan penemu dari Amerika Serikat. Ia adalah pendiri dan mantan CEO Apple Inc. juga sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios & juga menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company. Steve Jobs telah memberikan warisan berupa 7 prinsip yang diyakini banyak orang telah membawanya meraih kesuksesan di usia yang masih terbilang muda pada saat itu.  Steve Jobs dianggap sebagai salah satu CEO yang paling inovatif. Cara-cara yang ia tempuh sering menjadi inspirasi bagi pengusaha dan pemilik bisnis lain. Dari 7 warisannya tiga yang paling saya suka:

cara buat website
cara buat website

Pertama: Lakukan yang Anda Sukai “People with passion can change the world for the better,” kata Jobs suatu ketika. Inilah prinsip pertama yang ia praktekkan selama hidup; ia selalu mengikuti apa kata hatinya. Menurutnya, passion itulah yang membuat segala perbedaan. Akan sulit untuk menghasilkan ide yang baru dan kreatif ketika Anda tidak memiliki ketertarikan dan minat khusus pada apa yang Anda kerjakan.

Kedua: Jangan Menjual Produk, Juallah Mimpi Bagi Steve Jobs, mereka yang membeli produk Apple bukanlah “pelanggan”. Mereka adalah orang-orang yang dipenuhi dengan harapan, mimpi dan ambisi. Ia membuat produk untuk membantu orang-orang ini mewujudkan mimpi mereka. “Some people think you’ve got to be crazy to buy a Mac, but in that craziness we see genius,” kata Jobs. Bagaimana Anda melihat pelanggan Anda? Bantulah mereka melepaskan sisi jeniusnya dan Anda akan memenangkan hati dan pikiran mereka.

Baca  Juga    :  Membangun Tim Sukses Pilkada

Ketiga: Ciptakan Pengalaman yang Sangat Menyenangkan. Kita ketahui Apple Store telah menjelma menjadi toko ritel terbaik dengan memperkenalkan inovasi sederhana, yang dapat diadopsi dan didalami oleh semua bisnis. Inovasi tersebut membantu mereka memperkuat hubungan emosional dengan pelanggan. Contohnya, tidak ada kasir di Apple Store. Mereka punya staf ahli, konsultan, teknisi jenius, tapi tidak ada kasir. Mengapa? Karena Apple Store bukanlah bisnis yang ‘menjual sesuatu’; mereka adalah bisnis yang ‘memperkaya hidup’. Disinilah perbedaan besarnya.

Kita kembali ke Blog. Lalu Blog seperti apa yang bisa menghasilkan itu? Namun demikian perlu juga diingat. Bahwa Blogging itu. Sama seperti bisnis lainnya. Maksudnya. Tidak semua bisnis berpotensi menghasilkan uang yang banyak. Apalagi sampai puluhan hingga ratusan juta. Karena hal itu? Tergantung dari jenis bisnisnya, caranya mengelola, dan caranya mengembangkannya. Berikut ini langkah-langkah yang harus anda perhatikan dan lakukan:

Kesatu :   Pilih Topik Yang Tepat & Anda Senang

Tak peduli seberapa kerasnya usaha anda, kalau topiknya salah maka blog anda tidak akan pernah berhasil. Menyedihkan…Karena itulah tahap pemilihan topik merupakan yang terpenting. Masih ingatkan akan ungkapan ini, “People with passion can change the world for the better,” kata Steve Jobs suatu ketika. Inilah prinsip pertama yang ia praktekkan selama hidup; ia selalu mengikuti apa kata hatinya. Menurutnya, passion itulah yang membuat segala perbedaan. Akan sulit untuk menghasilkan ide yang baru dan kreatif ketika Anda tidak memiliki ketertarikan dan minat khusus pada apa yang Anda kerjakan. Melakukan sesuatu yang kita  suka, ya jelas sekali bedanya. Dasarnya suka, ya nggak dapat imbalanpun kita sudah pasti senang. Topik blog anda sebaiknya merupakan kombinasi dari:

  • Sesuatu yang merupakan keahlian/minat anda
  • Sesuatu yang diminati dan bernilai bagi banyak orang

Kenapa harus sesuai minat? Begini…Anda akan membuat konten di blog. Konten yang anda buat ini harus bisa menjadi bacaan yang menarik atau bermanfaat bagi orang lain. Kalau tidak, buat apa capek-capek baca. Ya kan? Bayangkan. Kalau anda tidak ahli atau tidak berminat dengan topiknya, apa bisa membuat konten yang menarik bagi orang yang berminat dengan topik tersebut? Itu sebabnya topik yang anda pilih harus yang menarik buat anda sendiri.

Kedua :  Buat Konten Terbaik Yang Bermanfaat

Sejak awal anda harus konsisten dengan yang anda tulis, dengan fokus hanya satu tema seperti yang telah anda pilih  dan jangan berganti ganti tema/topik. Seperti di awal tadi, yang paling penting,konten/isi artikel haruslah berkualitas;  jangan sampai anda menulis konten asal asalan atau seadanya,harus ada perencanaan dalam membuat konten. Ingat lebih baik membuat satu konten tapi berkualitas daripada banyak tapi tidak berkualitas sama sekali. Untuk mendapatkan konten berkualitas, anda bisa lakukan dengan banyak cara. Bisa lewat membayar para penulis professional, bisa dengan mengajak penulis tamu, bisa dengan memintak izin agar artikel blog lain bisa nada muat kembali di Blog anda. Intinya, banyak cara untuk mendapatkan konten berkualitas. Lakukan itu dengan cara anda sendiri, dan lakukan yang terbaik.

Ingat.. setiap konten yang anda buat harus yang terbaik daripada yang lain. Buat yang terbaik dari yang pernah ada. Buatlah konten yang membuat pembaca blog anda senang dan puas. Tidak perlu menerbitkan konten terlalu sering? Lebih baik fokus membuat satu  buah konten dengan kualitas terbaik, daripada membuat 10 konten yang biasa-biasa saja.

Ketiga :  Promosikan Konten TerbaikMu Untuk Dapat Traffik

Hal yang sering dilupakan para blogger adalah sisi promosi. Promosi ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Kalau anda ingin mendapatkan penghasilan dari Blog atau usaha Online, maka satu hal yang tidak bisa anda lupakan adalah berpromosi. Anda bisa melakukannya lewat media social secara gratis dan berbayar misalnya: Facebook, Instgram, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Scoop it, Sumble Upon, Reddit dll.

Semua media social itu mempunyai jalur promosi baik yang gratis maupun yang berbayar. Intinya adalah, kalau anda ingin memperoleh penghasilan maka anda juga harus mempersiapkan dana anda untuk bepromosi. Karena promosi berbayar masih pilihan terbaik yang bisa mendatangkan pengunjung langsung ke Blog atau produk kita sendiri. Ingat Blog sebaik apapun itu, tetapi kalau tidak ada yang tahu, ya anggak akan ada pengunjungnya. Tanpa pengunjung, blog anda nggak akan ada manfaatnya. Baik itu untuk orang lain maupun untuk diri anda sendiri. Jadi Blogger masa kini, memang harus juga memahami dunia promosi.

Keempat   :   Bangun Reputasi, KredibilitasMu

Ingat kembali ketika anda menggunakan Google Search untuk mencari informasi. Ada 2 jenis website : Pertama, website yang ‘biasa aja’: Entah karena kontennya kurang bagus, desainnya tidak menarik, atau karena pemiliknya tidak mengajak kita berinteraksi. Setelah selesai membaca, kita tidak pernah ingat lagi dengan blog ini.

Kedua, website yang ‘istimewa’: Website yang berbeda dari website lainnya, lebih bagus. Ketika selesai membaca, rasanya ingin simpan/bookmark halamannya, like/follow akunnya, lalu langganan ke blognya. Website tipe kedua yang akan sukses. Kalau anda ingin membuat blog tipe kedua, lakukan ini:

  • Aktif berkontribusi di komunitas yang tepat
  • Ajak pembaca like/follow akun social anda
  • Lakukan list building
  • Bicara dengan pembaca anda

Inilah 10% hal yang tidak dilakukan oleh sebagian besar blogger (seperti yang saya jelaskan di awal tadi). Blogger pemula biasanya lebih suka menghabiskan waktu mengutak-atik tampilan, plugin, kecepatan, dan beberapa urusan SEO yang kurang penting. Hal yang penting seperti pembuatan konten berkualitas dan promosinya diabaikan.

Tentukan sumber pendapatan blog Anda

Sejak awal Anda membangun Blog, tentu sudah direncanakan dari sumber mana saja pendapatan Blog yang akan anda harapkan. Hal ini penting, anda harus tahu dimana kekuatan dan kelemahan yang anda miliki. Kalau anda berniat membangun sebuah Blog, maka dari sisi mana saja perlu anda pikirkan sumber penghasilan yang jadi fokus anda. Dengan demikian anda harus peka dari mana saja yang bisa anda harapkan sebagai penghasilan dalam mengelola sebuah Blog. Selama ini yang paling menjanjikan adalah kalau anda punya produk sendiri dan kemudian memasarkannya. Kalau hal itu berhasil, maka andalah yang akan mendapatkan penghasilan terbesar. Jadi cepat atau lambat sebaiknya memang anda harus merencanakan untuk membuat produk sendiri.

Baca  Juga :  Penulis Berbisnis Affiliasi

Berikut ini adalah 4 jenis sumber pendapatan blog diurutkan dari yang paling tinggi potensi keuntungannya ke yang paling rendah. Mari kita lihat satu persatu :

Membuat produk Sendiri  Mempunyai produk sendiri merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Ini karena keuntungannya 100% jadi milik anda, tidak dibagi dengan pihak lain. Ada 2 jenis produk yang bisa anda buat yakni produk digital dan atau produk fisik. Produk digital berarti produk yang tidak bisa dilihat secara fisik, adanya hanya di dalam hard disk komputer anda tanpa bentuk fisik. Berikut ini beberapa contoh produk digital: Ebook; Video khususnya Tutorial;  E-Course atau Kursus online; Webinar (Seminar ala Online); Website atau Blog Membership berbayar;  Jual Foto dan audio; Aplikasi, Template, Plugin; SaaS (Software as a Service);  dan Website (jual-beli website). Beberapa contoh seperti ebook, video, ecourse, sangat mudah proses pembuatannya.Hampir sama seperti pembuatan konten biasa, hanya saja dalam bentuk lain. Membuat produk fisik dan beberapa Contohnya : Buku; DVD, Kursus/kelas; Produk kreatif; Produk manufaktur; dan produk Merchandise.Sebagai blogger, anda sebaiknya punya rencana jangka panjang untuk membuat produk terserah apakah itu fisik atau digital.

Memilih Model Bisnis Online, Ciptakan Peluangmu
Memilih Model Bisnis Online, Ciptakan Peluangmu

Program afiliasi (Affiliate program) Affiliasi marketing dalam artian menjual produk orang lain, kalau anda berhasil menjualnya maka anda akan dapat komisi. Dalam membangun sebuah Blog terbaik di segmennya, tentu akan sangat banyak produk yang laris atau diminati kastamer sesuai dengan segmen tersebut. Nah disinilah posisi anda sebagai seorang ahli pada segmen tersebut akan didengar kastamer terkait suatu produk. Kalau hal ini anda manfaatkan dengan baik, dalam artian tetap memperhatikan kepentingan kastamer, anda dapat memberikan produk yang bisa memecahkan masalah mereka.Kalau produk-produk tersebut laku, maka anda akan mendapatkan penghasilan besar.

Ada beberapa cara anda bisa mendapatkan produk Affiliasi. Pertama, dengan bergabung dengan Affiliate Network. Kedua, dengan cara mencari langsung program afiliasi individu yang ada di pasaran terkait segmen anda. Berikut ini beberapa contoh affiliate network yang populer: Kalau Blog anda berbahasa Inggeris bisa gabung dengan jaringannya Amazon – produk fisik; Clickbank – produk digital; Share A Sale – berbagai produk dan layanan; CJ – berbagai produk dan layanan; Rakuten Linkshare – berbagai produk dan layanan; WarriorPlus, JVZoo – produk internet marketing; Envato – produk untuk web developer dan desain grafis. Untuk jaringan affiliasi Indonesia juga jumlahnya juga tidak sedikit, seperti : Ratakan.com; AsianBrain ; Qlapa ; IDAFF; Zaxaa ; Kirim.Email ; Omegasoft ; iPaymu ; AVG  ; BOC Indonesia  Bali Orange Communications; Cloud Media Biz;  Qwords.com; TipsHamil; Club Sehat; Bhinneka;  Projects.co.id; Lazada; Books&Beyond; MatahariMall.com; Zalora Dll Bagaimana anda menjual affiliasi di Blog, tentu hal itu harus anda lakukan dengan baik, dan disesuaikan dengan visi dan misi blog anda sendiri.

Penghasilan lain yang bisa anda harapkan dari Blog anda adalah dengan memberikan Jasa atau layanan kepada para kastamer anda. Bisa juga dengan menjual jasa yang sesuai dengan Segmen utama blog anda. Misalnya anda punya blog tentang manajemen bisnis, maka anda bisa membuat pelatihan manajemen bisnis atau jasa konsultasi manajemen bisnis. Berikut ini beberapa contoh penjualan jasa yang dapat dilakukan melalui blog: Event Organizer; Web developer; App developer; Desain grafis ; Social media manager; Pembicara; Pelatih/tutor; dan Penulis Dll. Secara umum, harga jasa pada umumnya jauh lebih tinggi daripada harga produk. Meskipun begitu, bukan berarti jasa selalu lebih bagus. Semua itu ada plus minusnya. Misalnya untuk menjual jasa, waktu yang kita keluarkan lebih tinggi daripada produk. Tapi  semua itu tergantung lagi dari keinginan anda sendiri.

Publisher iklan Dalam hal ini Iklan yang saya maksud disini bukan hanya AdSense dan jaringan iklan lain, ada banyak jenis iklan lain yang bisa anda manfaatkan. Berikut ini beberapa jenis iklan: Pay per Post, dibayar untuk setiap artikel yang anda tulis; Text link, iklan berupa link; Lowongan kerja ; Sponsorship; dan Ad Network (AdSense). Bukannya AdSense itu tidak bagus, saya hanya mengingatkan bahwa ada banyak cara memasang iklan di Blog anda dengan penghasilan yang jauh lebih baik dari Adsense. Ada juga hal lain yang perlu anda pertimbangkan. Misalnya kalau tidak ada produk/jasa yang bisa dijual terkait blog anda. Misalnya blog yang berisi konten-konten hiburan atau blog dengan banyak Segmen. Sehingga tidak ada produk yang bisa dijual. Kasus lain, kalau anda punya lebih dari 1 blog sehingga tidak sempat untuk membuat banyak produk apalagi menjual jasa untuk masing-masing blognya. Dalam 2 kondisi ini iklan menjadi pilihan satu-satunya. Tapi semua itu tergantung Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *