Affiliate Marketing: Model Bisnis Cara Mudah Dapat Cuan

Affiliate Marketing: Model Bisnis Cara Mudah Dapat Cuan

Oleh : Harmen Batubara

Dari sekian banyaknya model bisnis affiliate marketing, yang paling populer adalah affiliate marketing.  Meskipun ada keburukan atau kelemahannya  Bisnis afiliasi adalah Bisnis Promosi. Pada prinsipnya Cara kerja affiliate marketing ini adalah penjualan berbasis komisi, contoh nya adalah ketika Anda berhasil menjual produk atau jasa orang lain, maka otomatis Anda mendapatkan uang atau komisi dari penjualan produk tersebut. Besarnya bisa bervariasi mulai dari 3-75%.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Secara garis besar, affiliate marketing adalah model pemasaran produk atau jasa milik orang lain dimana kita akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang terjadi. Besarannya bisa berpariasi mulai dari sekitar 10-75 %. Contoh affiliate marketing atau contoh bisnis afiliasi paling mudah adalah Amazon.com, situs belanja terbesar di dunia yang mengizinkan setiap orang turut serta memasarkan ratusan ribu produk  pisik yang ada di Amazon sebagai Amazon Associates, atau ClickBank dengan produk digital dua program afiliasi tertua di dunia. Ini berarti, kita semua yang menguasai strategi marketing online dapat turut serta memasarkan produk Amazon dan memperoleh penghasilan.

Siapa Saja Yang Terlibat Dalam Bisnis Afiliasi?

Umumnya, ada tiga pihak yang terlibat dalam Sistem Affiliate Marketing ini, yaitu:

  • Merchant: Pihak merchant merupakan pemegang kepemilikan atas suatu produk atau Jasa.Merekalah yang menentukan besaran komisi untuk para affiliasinya.
  • Affiliate Marketer: Mereka yang menjadi affiliate marketer, merekalah yang punya kemampuan promosi, memiliki kekuatan untuk mempengaruhi orang-orang agar membeli suatu produk. Biasanya menjangkau para blogger, copywriter, influencer sosial media (facebook, google, instagram, tiktok Dll), atau perusahaan yang khusus di bidang affiliate marketing.
  • Pelanggan: Pihak pelanggan ini bisa siapa saja, yakni pihak ketiga yang akan melakukan pembelian terhadap suatu produk yang dipromosikan oleh si affiliate.

Dunia maya adalah kini sudah menjadi bagian dari kehidupan itu sendiri. Dunia yang merupakan tempat orang berbagi. Meski demikian, patut diduga jika motif yang berada di balik tumbuh sumburnya affiliate marketing berasal dari para pembuat konten. Hampir seluruh konten yang berhubungan dengan review produk, perbandingan antar satu dengan produk yang lain serta diikuti penawaran bonus tertentu, dan menyertakan link afiliasinya. Maka ini adalah cara kerja para pembuat Konten dalam ber bisnis affiliasi.

Maka tak heran jika para pembuat konten, apa pun media yang digunakan, video, sosial media, blog, website, selalu dapat mendapatkan imbalan yang setimpal sesuai dengan usahanya. Belakangan ini para pembuat konten ini pola pikirnya merambah ke promosi, sehingga muncullah para penulis konten yang memanfaatkan “funnel marketing” dalam bisnis affiliasi mereka. Ini berarti pula, jika Anda dapat membuat konten dan memanfaatkan sistem “funnel marketing” dengan baik maka patut dipercaya anda akan mampu menghadirkan informasi yang mengiring para calon kastomer pada pembelian. Kalau anda penulis konten maka Anda juga dapat melakukan praktik affiliate marketing, dan berpenghasilan yang besar.

Network Bisnis Affiliasi atau Affiliate Marketing

Saat ini ada ribuan program affiliasi lainnya dari berbagai kategori yang tersedia. Faktanya banyak  pemilik produk atau jasa yang memiliki program affiliasi mandiri seperti halnya affiliate shopee adalah juga affiliate yang berkembang dengan mayakinkan, juga seperti, Toko Pedia, BukaLapak, Lazada, dan contoh lain sebagainya. Ada beragam alasan untuk ini, tapi intinya adalah mereka membutuhkan pihak lain yang ikutan untuk memasarkan produk mereka.

Untuk itulah dibutuhkan pihak ketiga yang mengumpulkan para pemilik produk & jasa serta marketer dalam satu platform. Ini kita sebut sebagai Affiliate Network. Pada umumnya, Affiliate Network atau Network affiliasi memiliki banyak merchant dari beragam niche dan kategori produk yang dapat dipilih oleh marketer untuk dipromosikan.

Daftar Program Affiliate

Seluruh program ini dapat Anda ikuti. Sebagian memerlukan syarat tertentu untuk bergabung, misalnya anda diharuskan untuk terlebih dahulu memberi produknya terlebih dahulu. Tapi pada umumnya semua tergolong  mudah.  Anda tinggal melakukan pendaftaran dan bila diterima  sebagai affiliater, maka anda akan memperoleh Link Affiliasi serta berbagai perangkat promosi lainnya. Satu hal yang pasti, semua program affiliasi seharusnya GRATIS untuk join, tetapi bisa juga harus membeli produk mereka terlebih dahulu.

Baca Juga  :  Mengapa Banyak Affiliate Marketing Gagal

Affiliate Program Mandiri Regional dan Internasional

  • ClickBank  Negara: USA, Canada, Germany, Perancis, Spanyol, UK, Jepang, dll.; Produk: Toko serba ada. 100.000+ produk Digital.;
  • Komisi: 10-70% ; Laman Affiliate: https://www.clickbank.com/
  • Amazon  Negara: USA, Canada, Germany, Perancis, Spanyol, UK, Jepang, dll.; Produk: Toko serba ada. 100.000+ produk fisik.; Komisi: 1-10% ; Laman Affiliate: https://affiliate-program.amazon.com/
  • Lazada  Negara: Indonesia, Singapore, Malaysia, Thailand, Philipina, Vietnam; Produk: Toko serba ada. 10.000+ produk fisik.; Komisi: 1-10%; Laman Affiliate: https://www.lazada.co.id/lazada-affiliate-program/
  • eBay  Negara: Internasional; Produk: Situs lelang dan penjualan produk.; Komisi: 50-70% dari fee lelang; Laman Affiliate: https://epn.ebay.com/login
  • Agoda  Negara: Internasional ; Produk: Situs booking hotel.; Komisi: Hingga 55% dari profit; Laman Affiliate: https://partners.agoda.com/

Affiliate Program & Network Lokal affiliate marketing Indonesia (Disini)

Affiliate NetWork ( Disini) 

Ada perlu setidaknya Dua hal yang Anda butuhkan untuk berbisnis affiliate marketing. Pertama adalah program / network dan yang kedua adalah strategi marketing  Anda untuk melakukan promosi dari offer serta bahan pendukung  yang tersedia. Tanpa salah satunya Anda tidak dapat melakukan affiliate marketing dengan baik. Intinya sebenarnya adalah : Memiliki akun di Affiliate Network tetapi tidak tahu cara promosi atau tidak memiliki traffic sama saja percuma, dan memiliki traffic tetapi tidak memiliki akun di program affiliasi juga berarti Anda tidak dapat melakukan promosi.Cara Kerja Affiliate Marketing Yang Perlu Anda Tahu

Untuk itulah, langkah pertama untuk memulai affiliate marketing adalah mengetahui terlebih kemampuan Anda dalam mendatangkan traffic. Traffic apa yang akan  Anda gunakan dan bagaimana cara untuk mendapatkannya. Darisini, Anda dapat menyesuaikan jenis offer apa yang paling cocok untuk dipromosikan dengan traffic tersebut.

Cara mendaftar Affiliate Program

Pada tahap ini, anggap saja Anda telah memiliki traffic (mungkin dari blog, sosial media, dsb, ads gratisan atau Ads berbayar Dll) atau rancangan strategi yang akan digunakan untuk melakukan promosi affiliate.

Maka Anda tinggal memerlukan satu langkah untuk bergabung dengan program affiliasi maupun affiliate network. Berikut beberapa catatannya:

  • Cari program affiliasi yang cocok dengan traffic atau strategi yang Anda miliki. Perhatikan asal negara pengunjung, niche dan temperatur traffic (apakah hot, warm atau cool). Anda dapat mencari informasi offer dari network sebelum memutuskan join secara lengkap di affpaying.com.
  • Jika sudah memahami karakteristik traffic, tentukan program atau network yang akan Anda pilih. Daftarkan diri Anda melalui laman khusus affiliate program. Pada tabel diatas, Anda dapat klik untuk langsung menuju laman yang dimaksud.
  • Perlu diingat rata-rata affiliate program sangat selektip untuk menerima publisher / affiliater / marketer. Tapi jangan khawatir dengan ini. Sebab selama Anda memiliki traffic dan kemampuan berkomunikasi dengan baik, sampaikan saja seluruh informasi yang diminta. Beberapa network akan memerlukan interview langsung via telpon.
  • Setelah diterima di program affiliasi yang Anda inginkan, ambil link dari offer yang Anda inginkan dan mulai lakukan promosi dengan mengirimkan traffic kepada offer tersebut.
  • Selanjutnya, lakukan beragam test promosi untuk menemukan formula yang memberikan konversi paling baik. Test ini sangat penting, terutama jika Anda menggunakan paid traffic agar tidak besar pasak daripada tiang alias boncos.
  • Langkah terakhir adalah dengan melakukan scale sembari riset kembali offer yang paling menguntungkan untuk traffic yang Anda miliki. Perlu diingat jika setiap network memiliki struktur komisi yang berbeda bahkan untuk offer yang mirip atau sama persis. Dengan menemukan network yang memberikan komisi terbaik, Anda dapat mengoptimalkan penghasilan.

Bisnis Affiliasi Kenapa Banyak Yang Gagal?

Awalnya banyak para penggiat Bisnis Affiliasi menganggap menjalan bisnis ini adalah sesuatu yang mudah. Bisa jadi hal seperti itu ada benarnya di masa awal-awalnya berkembang. Tapi kini semua sudah berubah. Calon kastomer kini semakin banyak pilihan. Tingkat Kompetisi juga makin tajam. Akibatnya hanya para affiliate yang mampu berpromosi yang baiklah yang bisa memenangkan persaingan ini. Ya Begitulah adanya..Kata mereka Bisnis Affiliasi Mudah Dilakukan?  Soal Mudah Ya…saya juga setuju Memang Mudah. Tapi yang Orang Sering Lupa Adalah 95% Pebisnis Affiliasi Mengalami Kegagalan setelah mereka memulainya. 45 % Dari mereka Kapok setelah satu bulan Nggak Juga Memberikan Penghasilan. 20% Sama sekali Melupakan Bisnis Affiliasinya, sesaat mereka akan memulainya. Kenapa ?

Karena memang dari awal mereka sudah menganggap bahwa bisnis seperti ini mudah dilakukan dan juga nggak butuh modal yang gede. Bisa mereka menyebutnya mudah dilakukan, karena memang intinya adalah pada Produk yang akan mereka pasarkan. Kalau Link nya sudah dapat, ya tinggal pasarkan. Tetapi yang mereka lupa adalah “memasarkan” produknya itu justeru yang jadi persoalan. Kalau mereka masih kelas pemula, pasti kemampuan dan pengetahuan mereka terkait pemasaran produk masih “hijo”. Ditambah lagi kalau mereka belum mampu memanfaatkan Jaring pemasaran Sosial Media secara benar. Bisa dipastikan mereka pasti akan bermuram durja. Ternyata persaingannya super ketat.

Idealnya kalau anda berniat untuk jadi seorang affiliate, maka anda memang juga harus mampu dalam hal pemasarannya. Baik itu dengan cara gratisan ataupun dengan iklan berbayar. Hal seperti itu, menuntut adanya kemampuan anda untuk berpromosi lewat media yang ada. Yang jelas kini bisnis affiliasi sudah tidak zamannya lagi dengan pola “hard Selling” atau jual langsung. Tetapi kini anda harus membangun “jaringan pemasaran bisnis affiliasi” anda. Anda harus menguasai pola pemasaran ala “funnel marketing”. Memang dalam bisnis semua bisa dilakukan. Misalnya kalau kita secara teknis tidak bisa melakukannya. Maka kita bisa menyewa orang lain untuk membuatnya bagi kita. Tetapi hal seperti itu beda lagi. Karena itu, kalau anda tertarik dengan bisnis affiliasi ini maka setidaknya anda harus mempunyai pengetahuan atau kemampuan pendukung bagi kegiatan bisnis ini.

Karena itu Meskipun bisnis ini disebutkan Mudah dilakukan. Tetapi hemat saya Seorang Pebisnis Affiliasi Harus Pede …dan harus punya kemampuan:

  • Mampu   Membuat Website dalam berbagai PlatForm  seperti WordPress atau Blogger;
  • Mampu Memanfaatkan Media Sosial Seperti  Facebook; Twitter; Instagrams ; LinkedIn Dll
  • Mampu Membuat Landing Page; Funnel Marketing.
  • Mampu Membuat Bahan Promosi Seperti : Artikel Promosi; Artikel Produk Review; Video
  • Mampu Memanfaatkan Tools Seperti PhotoShop; PowerPoints; MicroSoft Words ; Camtasia atau Inkscave; Kalau mereka tidak Punya kemampuan itu? Kualitas Promosinya  Pasti di Bawah Standar. Memang itu bisa dikerjakan Orang Lain. Kita tinggal Bayar. Tapi Itu Beda Lagi.

Lalu Gimana Donk ? Itulah Sahabat Saya ingin Menuliskannya disini. Karena bagaimanapun para pebisnis Affiliasi itu perlu mengetahui : Apa itu Bisnis Affiliasi Marketing; Mulai dari persiapan awal sampai Berhasil. Mulai dari Mengetahui Cara Bekerjanya Bisnis Sampai Tahu Strategi Promosinya. Dan banyak Buku yang bisa dibaca untuk Ilmu seperti itu. Salah satunya ya….Juragan Formulanya. Ya…Formula Untuk Bisa Berhasil dalam Bisnis Affiliasi. Anda akan Tahu cara Promosi Yang Gratis dan itu ternyata Jumlahnya  Buanyak Sekali…Tapi anda juga harus mempunyai Promosi Berbayar. Tentu hal seperti itu Nggak masalah kalau…hasilnya sudah mulai masuk…

Tips Bagi para Pebisnis Hindari keburukan affiliate marketing

Berikut ini beberapa tips yang dapat meningkatkan kesuksesan kamu dalam menjalankan model bisnis affiliate marketing ini. Simak informasi nya dan perhatikan kemampuan seperti apa yang anda harus punya untuk memenuhinya:

  • Pertama adalah, jangan buru-buru biasakan diriMu untuk mempelajari segala informasi yang ada mengenai produk serta jasa yang akan kamu tawarkan dan promosikan. Dengan begitu kamu dapat memutuskan apakah kamu memang suka pada produk tersebut.
  • Kedua adalah,  pilihlah produk yang sedang diminati oleh masyarakat dan pasar secara general dan pastikan kamu juga senang dengan produk seperti itu. Dengan begitu, ketika kamu menawarkan produknya secara tidak langsung kamu juga bisa mendapatkan kesenangan dari melakukan kegiatan promosi tersebut.
  • Ketiga adalah, membuat website maupun blog untuk mempromosikan bisnis yang kamu miliki. Hal ini perlu dilakukan karena merupakan salah satu langkah penting dalam menjalankan affiliate marketing ini.Karena bisnis affiliate adalah dunia promosi, anda perlu mempunyai “Kantor Beken” di Dunia Maya.
  • Keempat adalah, coba terlebih dahulu produk yang ingin kamu promosikan, dengan begitu kamu tahu persis apa yang kamu promosikan. Sampaikan pengalaman pribadimu dan juga pengalaman beberapa kastomer lain yang sudah merasakan manfaat dari produk ini.  Percayalah cara seperti ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk tersebut.
  • Kelima adalah, memberikan konten berkualitas dan bermanfaat,  jangan isi websiteMu hanya mempromosikan produk saja. Tapi berilah mereka konten yang bermanfaat bagi mereka. Hal ini untuk menciptakan citra diri dan produk yang kau tawarkan memang bermanfaat bagi mereka. Cara ini akan mampu membangun kebersamaan dengan konsumenMu. Dengan adanya hubungan yang kuat maka tercipta pula loyalitas yang dalam jangka panjang akan sangat bermanfaat bagi sebuah brand.

Beberapa Kesalahan dalam Bisnis Affiliate Marketing

Melalui model bisnis pemasaran afiliasi ini, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan keuntungan bahkan para pemula yang belum tahu benar ujung pangkalnya mengenai bisnis affiliasi ini. Namun, agar dapat menjadi afiliasi yang terbaik, anda dituntut memiliki praktek, punya banyak pengalaman serta melakukan berbagai macam cara dan menyesuaikan diri dengan perkembangan tools yang ada dan memilih cara yang paling sesuai dengan diriMu & produk ataupun jasa yang ditawarkan. Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para affiliate dalam melakukan bisnis pemasaran afiliasi.

Tidak Mempunyai website Sendiri  Kesalahan yang terahir dalam menjalankan pemasaran afiliasi adalah tidak memiliki website sendiri  yang dapat digunakan untuk menaikkan Brand dalam menawarkan produk maupun jasa. Melalui website sendiri kamu bisa menampung berbagai ulasan yang diberikan oleh konsumen. Dengan website sendiri juga, kamu dapat membuat identitas unik dari produk yang kamu tawarkan sendiri, melalui tampilan hingga cara penyampaian pesan yang dilakukan melalui konten berkualitas yang kamu buat.

Terlalu Hard Selling Dalam Promosi produk Kesalahan yang pertama dalam menjalan pemasaran afiliasi adalah terlalu buru-buru dengan cara hard selling terhadap produk. Biasanya kesalahan ini sering dibuat oleh para pemula dimana terlalu mengedepankan untuk mendapatkan keuntungan dan secara frontal menawarkan produk dari program afiliasi yang mereka ikuti melalui berbagai konten pada website mereka yang kesannya memaksa para konsumen untuk membelinya.

Seharusnya, konten yang ada di website memiliki sifat mendidik ataupun mengedukasi pembacanya agar muncul rasa ketertarikan dalam diri mereka untuk membeli atau mencoba produk yang ditawarkan melalui link affiliate yang kamu miliki. Oleh sebab itu, jangan membuat konten yang kesannya memaksa seperti “beli Disini sekarang” ataupun “silahkan beli Bro”, karena dengan menaruh kata-kata tersebut akan memberikan kesan memaksa dan membuat konsumen menjadi “keki sendiri” terhadap produk yang ditawarkan.

Baca  Juga  :  LandingPress, Buat Bisnis Online Jadi Menyenangkan

Mengikuti program affiliate marketing Terlalu Banyak  Kesalahan yang kedua dalam menjalankan pemasaran afiliasi adalah mengikuti program pemasaran afiliasi terlalu banyak dan sekaligus. Memang tidak yang salah dalam hal ini.  Karena dengan cara seperti itu kamu tidak bisa fokus terhadap program afiliasi Mu. Langkah yang tepat untuk menghindari hal ini adalah, jangan terlalu mudah untuk berpindah ke lain affiliasi Walaupun penawarannya sangat menarik. Tetaplah fokus pada satu program dalam satu waktu.

Dengan mengikuti banyak program afiliasi sekaligus, kamu tidak akan bisa fokus karena pikiran kamu menjadi terpecah, sehingga jangankan mendapatkan keuntungan, sebaliknnya tidak akan ada yang sukses karena kamu tidak bisa menjalankan program afiliasi yang ada secara benar.

Salah memilih program affiliate marketing  Kesalahan yang berikutnya dalam menjalankan pemasaran afiliasi adalah salah dalam memilih program affiliate yang sesuai untuk kamu. Karena itu, sebelum memilih program, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu dan mencari berbagai informasi mengenai program yang ada. Dengan begitu kamu menjadi lebih yakin akan pilihanMu dan memiliki pengetahuan lebih luas dalam mempromosikan produk ataupun jasa nantinya.

Kesalahan ini biasanya sering dilakukan karena pihak lain menawarkan atau menjanjikan komisi yang besar. Sehingga tergiur dengan jumlah uang yang dijanjikan. Langkah yang benar adalah dengan memiliki program afiliasi yang membuat kamu tertarik, sehingga ketika kamu mengalami hambatan dalam menjalankannya tidak terasa berat dan sebaliknya malah menyenangkan.

Kurang Pengetahuan Perihal  Produk yang ingin Kamu Promosikan  Kesalahan yang berikutnya  adalah pengetahuan mengenai produk atau jasa yang ingin dipromosikan masih terbatas  atau tergolong rendah, dengan begitu tingkat kepercayaan ataupun kredibilitas konsumen terhadap diri kamu juga akan rendah.

Dalam menawarkan sebuah produk maupun jasa, sangat penting untuk mengetahui setidaknya kelebihan serta kekurangan dan pengalaman pribadi sendiri dalam memanfaatkan Produk tersebut  sehingga nantinya kamu bisa menjelaskan dengan baik dan tidak memberikan kesan “omong doang” kepada konsumen yang mendengarnya.

Tidak melacak link affiliate yang Anda Punya Kesalahan yang selanjutnya  adalah Anda tidak melacak link afiliasiMu sendiri. Kamu jadi buta mau mengapakan tindak lanjut yang akan kamu lakukan untuk mempromosikannya. Terlebih lagi anda bisa “rugi besar”. Kalau misalnya produk kamu ternyata diminati pasar, maka kamu bisa melakukan promosi dalam skala yang lebih besar.  Dalam memudahkan pelacakan, kamu bisa memanfaatkan sarana yang ada pada Jaringan NetworkMu atau menggunakan berbagai layanan shortener url seperti bitly.com, goo.gl, tinyUrl.com Dll.

Dalam Produk Review Tidak melakukan perbandingan Terhadap produk Sejenis Kesalahan berikutnya dalam menjalankan pemasaran afiliasi adalah tidak melakukan perbandingan Review Produk yang menjadi pesaing. Hal ini perlu dilakukan disebabkan, ketika seseorang ingin membeli sebuah produk mereka akan mengerucutkan pilihannya menjadi dua hingga tiga pilihan yang nantinya akan dilakukan perbandingan. Nah perbandingan tersebut akan dapat membantu mereka dalam menentukan pilihan yang tepat. Sebagai pihak promosi kita  membuat perbandingan terlebih dahulu, dalam hal kita bisa menekankan kelebihan produk yang kita miliki dibandingkan dengan pesaing. Tapi ingat jangan menjelek-jelekan produk orang lain. Nanti anda bisa dituntut melakukan penyebaran berita “hoax”.

affiliate marketing Indon
affiliate marketing Indon

Belajar Affiliate Marketing untuk pemula hingga expert Ada banyak komunitas di dunia online yang dapat menjadi acuan untuk mempelajari affiliate marketing secara lebih mendalam. Beberapa berbayar dan kebanyakan bersifat Gratis. Sayangnya tidak banyak yang dalam versi bahasa Indonesia sehingga saya pun berniat untuk menghadirkan lebih banyak lagi konten yang membahas tentang affiliate. Berikut beberapa website dan forum yang dapat menjadi rujukan belajar affiliate marketing secara lebih mendalam:

  •  Affiliatefix  Forum, penawaran menarik serta komunitas affiliate yang banyak diminati para affiliate sangat populer.
  • Afflift.com  Forum Affiliate + CPA. Forum ini dibuat oleh Luke Peerfly, Affilift merupakan forum affiliate dan CPA yang usianya relatif baru tetapi berkembang dengan cukup baik. Biaya join lumayan terjangkau, $20 per bulan atau $350 berlaku seumur hidup.
  • Affpaying  Website penyedia daftar CPA dan affiliate network plus review dari para affiliaternya. Jika Anda ingin mencari rekomendasi network, disinilah tempatnya.
  • Affplaybook.com   Forum Tools. Nah kalau ingin tahu Tools yang terbaik yang ada disini tempatnya.Forum serta tools affiliate premium. Berbayar $67 per bulan.
  • CPA Elites Forum CPA terbesar. Ada banyak sekali referensi belajar CPA serta thread khusus dari setiap network. Disini Anda juga bisa berkomunikasi langsung dengan Account Manager dari network untuk mendapatkan approval atas aplikasi yang Anda ajukan.
  • STM Forum   STM atau StackThatMoney  Forum Komunitas Keren. Forum ini merupakan forum komunitas pemain affiliate (dan CPA) premium yang sangat diminati para sultan affiliate terkenal. Untuk bergabung, Anda harus membayar biaya sebesar $99 setiap bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *