Meraih Satu Milyar Pertama Dari Bisnis Online

Meraih Satu Milyar Pertama Dari Bisnis Online

Ini sebenarnya adalah sesuatu yang Biasa. Berbisnis Online dan Dapat Penghasilan Yang besar. Idenya sama. Kalau mau hasil yang besar, ya pakailah Umpan yang besar. Nah ini Dia. Dapatkan, Strategi Meraih Rp 1 Miliar Pertama, Dari Facebook dan Toko Online,Yang Sudah Terbukti Dari Pengalaman Pribadi. Jangan Sampai Anda Membuang Waktu, Biaya, dan Tenaga Karena Cara Menjalankan Toko Online Yang Keliru! Apalagi kalau hanya sekedar ikutan arus. Karena itu pelajari dahulu pengalaman pebisnis Online ini. Kalau menurut anda Oke. Ya Jalankan. Mudahkan? Semua itu bisa dengan mudah dilakukan. Yang Penting Sikap Anda. Mau berbisnis atau Bermimpi?

Tahukah Anda?

Untuk mendapatkan uang Rp 1 miliar dari Facebook + Toko Online, iklan saja tidak cukup. Iklan Facebook adalah sangat penting, namun bukan satu-satunya yang dibutuhkan untuk meraih 1 miliar pertama. Jika Anda berpikir, hanya dengan iklan saja sudah bisa meraih Rp 1 miliar, …Itu Salah ! Karena iklan hanyalah bagian dari bisnis. Ada elemen-elemen lain yang dibutuhkan agar bisnis Anda bisa meraih omset miliaran! Banyak hal yang penting dan mendasar terlupakan dalam menjalankan bisnis, padahal hal-hal itulah yang akan menjadikan bisnis Anda meraih miliaran!

Pernahkah Anda Mengalami Ini?

  • Bingung memulai bisnis toko online dari mana.
  • Omset bisnis yang tidak naik-naik setelah bertahun-tahun.
  • Punya tim yang banyak, tetapi omset tidak naik.
  • Penjualan hasil iklan Facebook yang tidak mencapai target.
  • Keuntungan dari iklan Facebook yang kecil, bahkan rugi.
  • Karyawan tidak optimal dalam bekerja.
  • Bisnis untung tetapi bermasalah dengan keuangan.
  • Customer service kurang bisa menjual.

Jika Anda mengalami minimal salah satu diatas, inilah kabar baik bagi Anda. Klik DISINI

Terlalu Fokus ke Teknik Iklan Facebook Akan Membunuh Omset Anda! Menguasai cara mendatangkan traffic (salah satunya dengan FB Ads) adalah sangat penting untuk meraih Rp 1 Miliar pertama Anda. Tapi bukan satu-satunya yang diperlukan. Masih ada hal lain yang harus Anda miliki agar bisnis Anda layak mendapatkan omset besar. Banyak orang yang jago FB Ads atau jago SEO, namun tetap saja bisnisnya tidak meraih omset besar. Karena ada hal yang dia lupakan atau abaikan.

Lihat Cara Kerjanya DiSini

Untuk meraih omset miliaran, Anda membutuhkan Resep Rahasia yang lengkap dengan proporsi yang tepat. Sukses itu seperti membuat kue, resep kue terdiri dari banyak bahan dengan takaran dan racikan yang tepat. Inilah yang jarang diungkap oleh panduan lainnya. Bahwa ada komponen-komponen lain selain iklan yang diperlukan dengan proporsi yang tepat yang akan menjadikan Anda meraih 1 miliar pertama.

Sudah banyak terjadi, seorang pebisnis yang HANYA fokus ke teknik iklan, dia melupakan elemen-elemen lainnya yang sangat penting. Iklan Facebook adalah penting, tetapi bukan satu-satunya yang harus Anda perhatikan agar meraih omset miliaran. Prospek yang banyak dan biaya iklan yang murah tidak akan menjamin omset menjadi besar, jika tidak didukung dengan kesiapan tim yang mumpuni dan produk yang tepat.

Pengunjung yang banyak tidak akan berubah menjadi pembeli jika Anda kerja sendiri atau tanpa tim yang sanggup menanganinya. Begitu juga, iklan yang murah tidak akan mendongkrak omset jika pemilihan produk dan harga yang salah.

Punya TEAM Juga Belumlah Cukup ! Tidak Sedikit Karyawan Malah Menjadi Beban Bagi Pemilik Bisnis, Jika Tidak Mengetahui Strategi Membangun TEAM Yang Benar. Adalah betul, memiliki TEAM sangat penting untuk meraih omset yang benar. Namun, bukan sembarang tim yang harus Anda miliki. Pada kenyataannya, banyak pebisnis online yang malah terbebani oleh gaji karyawannya. Semakin banyak karyawan yang dimiliki, semakin besar beban yang harus dikeluarkan.

Anda harus memastikan, bahwa TEAM Anda bukan menjadi beban, tetapi menghasilkan omset bagi Anda. Ada caranya, ada ilmunya dan ada strateginya agar setiap karyawan yang Anda rekrut memberikan kontribusi positif bagi bisnis Anda.

Bisakah Omset 1 Miliar Pertama Diraih Oleh Pemula dengan Modal Yang Kecil?

Justru, PANDUAN INI ditujukan untuk pemula. Saya sendiri memulai bisnis toko online dilakukan sendiri dibantu istri, dengan modal yang sangat kecil. Saya akan bagikan pengalaman saya, bagaimana memulai bisnis, iklan sendiri, CS sendiri, dan tidak punya produk sendiri sampai bisa meraih 1 miliar pertama.

Jadi, bagi Anda yang sekarang baru mulai dan punya modal yang kecil, maka panduan ini cocok untuk Anda. Cocok juga bagi Anda yang sudah bisa menjalankan Fb Ads tetapi belum meraih omset besar. Anda akan tetap mendapatkan manfaat dan insight dari panduan ini.

Panduan ini bukan sekedar bagaimana cara beriklan, tetapi bagaimana membangun bisnis sampai meraih omset 1 miliar pertama Anda. Sudah punya modal? Bagus. Yang tidak punya modal saja bisa, apalagi yang sudah punya.

Kabar Baik Untuk Anda …

Anda beruntung menemukan HALAMAN INI, sebentar lagi Anda akan mengetahui strategi dan langkah-langkah membangun bisnis toko online Anda agar meraih Rp 1.000.000.000 (1M) pertama Anda. Anda akan mengetahui seperti apa Resep Rahasia itu yang jika Anda terapkan dalam bisnis toko online Anda, Rp 1 Miliar pertama Anda tinggal menunggu waktu.

Anda TIDAK PERLU menguasai hal-hal rumit dalam Facebook Advertising. Cukup teknik iklan sederhana saja, bisa dilakukan oleh yang gaptek sekali pun.Anda TIDAK PERLU bingung dengan blue print (cetak biru) sebuah bisnis toko online yang bisa menghasilkan omset miliaran.

Dan TIDAK PERLU bingung memulai dari mana dan bagaimana mengembangkan bisnis agar tujuan Anda tercapai. Karena sebentar lagi Anda akan memiliki panduan lengkap dari A ke Z yang akan memudahkan Anda memahami seperti apa  bisnis yang akan menghasilkan Rp 1miliar pertama Anda.

Selamat Tinggal Omset Kecil, Selamat Tinggal Bingung Membangun dan Mengembangkan Bisnis Toko Online. Karena Setelah Anda Memiliki Panduan Berikut Ini, Anda Tidak Perlu Bingung Lagi Meraih Omset 1 Miliar Pertama Anda.

DAPATKAN SEGERA! KLIK DISINI

Cara buat Iklan di Google Adwords

Cara buat Iklan di Google Adwords

Sebelum Anda membuat iklan pertama, ada beberapa pemahaman mendasar yang perlu Anda ketahui. Pertama, ada tiga tujuan utama orang melakukan pemasaran lewat iklan, yaitu:

  • Brand awareness – membuat orang sadar, bahwa Produk Anda itu ada
  • Buying customer – mendatangkan prospek yang nantinya diharapkan berubah menjadi pelanggan.
  • Edukasi – membuat orang mengenal sebuah produk dan mengerti kenapa mereka perlu membelinya.

Pada dasarnya pemasaran adalah sebuah cara untuk “membeli pelanggan”. Istilah kerennya adalah akuisisi pelanggan / customer acquisition. Setelah Anda mengeluarkan sejumlah uang untuk pemasaran, Anda berharap ada yang menaggapi usaha marketing Anda dan mau bertransaksi atau berbisnis dengan Anda. Tentu setiap pengusaha menginginkan dari upaya pemasarannya, setiap sen uang yang telah dikeluarkan akan kembali lagi dan menghasilkan profit. Atau kata para marketer, ada ROI-nya (Return of Investment).

Bagaimana cara melakukan pemasaran? Salah satunya adalah dengan memasangiklan di internet tepatnya di Google Adwords

Bagaimana cara beriklan di Google Ardwords?

Google Adwords bisa menjadi sebuah alternative pilihan yang menarik. Google Adwords adalah sebuah layanan pemasangan iklan dari Google. Perusahaan ini telah mendesain layanannya sedemikian rupa sehingga Adwords bisa diatur dan dikelola langsung oleh para penggunanya secara online. Dengan demikian Anda bisa melakukannya langsung dari depan layar computer Anda sendiri.

Apabila Anda memiliki modal yang agak besar, Anda bisa membayar perusahaan yang menawarkan jasa pengelolaan iklan Adwords Anda.Misalnya seperti PromoNavigator. Dimanakah iklan Anda akan di tayangkan?      Iklan yang Anda buat nantinya bisa tampil di:

  • Situs-situs pencari Google, misalnya mesin pencari Google, Google shopping, peta Google, pencari gambar Google dan grup.
  • Situs pencari lain yang merupakan bagian dari jaringan pencari yang berpartner dengan Google misalnya AOL.
  • Pencari di perangkat mobile.
  • Di Google Display Network, yaitu situs-situs yang dijelajahi oleh calon pembeli (misalnya, blog dapur-uang.com) dan juga situs Google, seperti Gmail, Blogger dan Youtube.

Kelebihan Google Adwords

Iklan yang kita pasang tertarget. Artinya iklan Anda akan ditampilkan ke orang-orang yang memiliki relevansi atau keterkaitan dengan isi iklan yang ditayangkan. Sebab setiap iklan memiliki kata-kata kunci atau keywords tertentuDan kata kunci inilah yang akan disesuaikan dengan pencarian orang-orang yang sedang melakukan browsing dan menjelajahi dunia maya.

Secara lebih spesifik, Anda juga bisa menarget berdasarkan lokasi, misalnya Anda hanya orang yang di jakarta saja yang bisa melihat iklan Anda. Tujuannya agar anggaran iklan Anda tidak sia-sia terbuang kepada orang yang tidak ada kaitannya dengan profil pelanggan Anda.

Kelebihan lainnya, yaitu bahkan dengan uang Rp.450.000  Anda sudah bisa beriklan dan bahkan bisa gratis. Walaupun dan tentu saja dengan dana segitu apakah sudah cukup untuk mengiklankan usaha Anda tentu itu lain cerita.

Biaya Iklan Adwords

Pada dasarnya para pemasang iklan Adwords akan saling berkompetisi untuk kata kunci yang paling sering digunakan. Setiap kali orang mencari sebuah kata, frase atau kalimat di mesin pencari Google, maka Google akan menjalankan sebuah lelang/ bidding (secara otomatis) yang akan menentukan iklan siapa yang muncul dan di posisi mana.

Tentu orang ingin iklannya lebih sering muncul dan berada di posisi paling strategis, yaitu di paling atas. Nah, pemasang iklan yang berani membayar lebih tinggi untuk suatu kata kunci tertentulah akan mendapatkan keuntungan tersebut.

Ada 3 macam strategi lelang, tergantung dari fokus pemasaran Anda, yaitu:

Jika fokusnya adalah mendapatkan traffic ke situs/ tokol Anda, maka Anda memilih strategi bidding berdasarkan klik pada iklan Anda, atau dikenal dengan CPC bid. CPC singkatan dari Cost Per Click.

Biaya yang akan dikenakan adalah berdasarkan jumlah klik pada iklan Anda dikalikan dengan biaya CPC atau biaya per klik yang telah Anda tentukan maksimalnya. Biaya CPC-nya bisa saja lebih murah dari maksimal bid yang telah ditentukan tergantung dari berbagai faktor.

Jika fokus Anda adalah awareness atau sekedar memberitahu bahwa Anda itu ada loh. Maka strategi bidding-nya adalah berdasarkan Cost Per Mile atau dikenal dengan isitlah CPM bid. Per Mile artinya per seribu,jadi setiap 1000 kali tayang, maka Anda dikenakan biaya. Di dalam strategi bidding ini, tidak peduli dengan berapa jumlah klik yang Anda peroleh. Jadi kalau dalam 1000x tayang bisa mendapatkan 100 klik atau 200 klik biayanya tidak beda.

Jika fokus Anda adalah konversi, maka strategi biddingnya adalah Cost Per Acquisition atau CPA bid. Disini Anda tetap membayar berdasarkan setiap klik pada iklan Anda. Bedanya Google akan membantu mengoptimalkan setiap klik sehingga memenuhi target konversi Anda.

Konversi yang dimaksud disini bisa berarti, pembelian sebuah produk, jumlah orang yang berlangganan dengan memberikan email mereka, dll.

Pembayaran

Cara pembayarannya sebenarnya cukup mudah. Anda harus mendeposit sejumlah uang terlebih dahulu dengan menggunakan kartu kredit. Hal ini memang agak menyulitkan bagi mereka yang tidak memiliki kartu kredit.

Buat Iklan Adwords Pertama Anda: Langkah Pertama, Buat Akun

Akun Gmail atau email Google Anda tidak bisa digunakan untuk Adwords. Anda memerlukan sebuah akun khusus untuk memasang iklan, disamping email anda yang sudah ada.

Tahap ke satu Pergilah ke http://adwords.google.com nanti Anda akan di-redirect ke suatu halaman seperti di bawah ini.

Tahap 2 Klik tombol: START NOW

Tahap 3 Isi email Anda, kemudian klik tombol: Save and Continue.

Tahap 4 Isi fomulir seperti di bawah ini dengan lengkap untuk membuat akun Anda . Lalu klik tombol: Next step

 

 Tahap 4 Isi fomulir seperti di bawah ini dengan lengkap untuk membuat akun Anda . Lalu klik tombol: Next step

Tahap 5 Sebuah email verifikasi akan dikirimkan ke email Anda, silahkan cek.

Tahap 6 Kliklah tautan yang ada di dalam email itu untuk memverifikasi email Anda.

Tahap 7 Nanti Anda akan dibawa ke sebuah halaman situs yang menyatakan, bahwa email Anda telah diverifikasi. Selanjutnya kliklah tautan: Click here to continue.

Tahap 8 Selamat Anda telah selesai membuat akun Google Adwords. Klik tombol: Take me to my account, jika Anda ingin langsung segera membuat iklan.

Langkah 2 Konfigurasi Pembayaran

Untuk Indonesia sekarang selain pembayaran menggunakan kartu kredit berlogo Visa dan Mastercard, Anda sudah bisa membayar menggunakan transfer bank. Hanya saja diperlukan waktu 5-10 hari hingga dana tercatat di akun.Alternatif lainnya adalah pinjam kartu kredit orang lain, atau menggunakan jasa perusahaan yang menawarkan pengelolaan iklan adwords, seperti PROMO NAVIGATOR 

Cara mengatur pembayaran di Adwords: Tahap Pertama  

Klik gambar: ikon gir di pojok kanan atas. Lalu klik pilihan: Billing

Tahap 2. Pilih lokasi untuk alamat penagihan Anda. Lalu klik tombol: Continue.

Tahap 3. Isi alamat penagihan Anda

Tahap 4. Pilih cara pembayaran Anda, otomatis atau manual. Untuk tutorial ini kita pilih: manual payments. Dengan kata lain Anda deposit uang dulu. Lalu setiap biaya dipotong dari uang yang telah dibayarkan.

Tahap 5. Centang kotak: Yes, I agree to the terms and conditions above. Lalu klik tombol: Submit and activate my account.

Tahap 6. Klik tombol: Make a payment

Tahap 7. Isilah form mengenai kartu kredit Anda, lalu isikan jumlah yang ingin Anda bayarkan, jika sudah klik tombol: Review Payment.

Tahap 8. Jika pengisian form kartu kredit Anda sudah benar dan Google telah berhasil melakukan pengujian penarikan dana dari kartu kredit Anda, Anda akan dibawa masuk ke halaman konfirmasi.

Catatan mengenai pembayaran otomatis / pascabayar  Untuk pembayaran otomatis atau pascabayar Anda akan ditagih setelah iklan berjalan. Waktu penagihan adalah bila telah lewat 30 hari atau biaya telah mencapai jumlah yang telah ditetapkan. Setelah Anda menetapkan menggunakan pembayaran otomatis maka Anda tidak dapat merubahnya. Cara ini lebih sesuai untuk Anda yang tidak memiliki waktu terlalu banyak untuk selalu mengontrol akun Adwords Anda.

Langkah Ketiga Buat Iklan Teks Pertama   Pemahaman dasar  Adwords pada dasarnya memiliki struktur pembuatan iklan sebagai berikut:

Keterangan :

  1. Campaign = Kampanye
  2. Ad Groups = Grup Iklan
  3. Ads = Iklan
  4. Keywords = kata kunci

Tujuan dari struktur ini adalah untuk mengelompokkan produk atau jasa Anda ke dalam campaign dan ad groups, serta menghubungkannya dengan kata-kata kunci. Dengan demikian kualitas dan tingkat kesuksesan iklan Anda akan meningkat. Iklan dengan skor kualitas yang tinggi dapat menekan biaya per klik atau CPC (Cost per Click). Jadi semakin jeli anda memilih kata kunci, maka semakin murah biaya iklan anda. Untuk setiap level struktur, Anda akan memberikan sebuah nama. Pemberian namanya tergantung dari cara pengelompokan Anda. Lebih jelasnya akan diterangkan lebih lanjut di bawah.

Saat Anda membuat iklan, disarankan agar Anda melakukan urutan kerja sebagai berikut:

Pikirkan tentang 1. campaign > 2. Ad Groups > 3. Keywords > 4. Ads

Campaign  Cara pembuatan struktur yang sederhana adalah seperti pengelompokkan barang di departemen store. Sebagai contoh tokol Anda menjual baju dan sepatu. Anda dapat memberikan nama campaign-nya:

  1. Baju
  2. Sepatu

Namun demikian untuk kebutuhan lain Anda juga bisa membaginya berdasarkan promosi, seperti:

  1. Promosi Hari Kartini
  2. Promosi Natal dan Tahun Baru

Ad groups   Misalnya kita gunakan campaign: baju. Untuk Ad groups-nya Anda bisa membaginya berdasarkan kategori baju, misalnya:

  1. Dress
  2. Cardigan
  3. Blouse

Keywords   Setiap ad groups akan memiliki sekelompok keywords. Idealnya Anda memikirkan 20-40 kata atau frase yang kira-kira akan digunakan oleh calon pembeli saat melakukan pencarian di Google. Misalnya Anda hendak membuat kata kunci untuk ad groupsdress. Orang yang ingin membeli dress mungkin akan menggunakan kata-kata sebagai berikut:

  • dress murah
  • jual dress cantik
  • jual long dress
  • little black dress
  • long dress
  • dress buat pesta
  • dst…

Fungsi keywords ini adalah agar nanti Google dapat mencocokkannya dengan pencarian orang di mesin pencari Google saat Google hendak menampilkan iklan Anda. Ada sebuah tips yang sangat penting pada saat penetapan keywords, saya sebut dengan gaya pencocokan (match). Mengetahui dan menerapkan hal ini pada keywords dapat mencegah pemborosan anggaran pemasaran Anda.

Gaya Pencocokan  4 macam gaya pencocokan dengan cara penulisan keywordsnya, yaitu:

  1. Broad match-Cara penulisan: dress murah
  2. Phrase match-Cara penulisan: “dress murah”
  3. Exact match-Cara penulisan: [dress murah]
  4. Broad match modifier-Cara penulisan: +dress +murah

Secara lebih jelas akan saya bahas di bawah ini.

  1. Broad Match Pada gaya ini, apapun yang diketikkan orang di mesin pencari Google, asal di dalam pencariannya terdapat kata-kata yang sama dengan kata kunci yang telah Anda tetapkan, meskipun susunan urutan katanya berbeda atau terpisah, maka iklan Anda akan ditampilkan. Kita ambil contoh kata kunci: dress murah. Bila ada yang mengetikkan di mesin pencari Google: majalah murah tentang dress India, maka iklan Anda muncul. Masalah yang sering terjadi dari penggunaan gaya ini, meski jangkauannya luas tapi tingkat relevansinya dalam kaitannya menemukan calon pelanggan yang ingin mengeluarkan uang untuk belanja bisa menjadi kecil. Karena prospek yang mampir di tokol atau situs Anda lebih tidak kualifait. Meskipun demikian, jika tujuan Anda adalah untuk menciptakan brand awareness, maka cara ini sangat baik untuk digunakan. Selain itu pada laporan Anda dapat melihat daftar pencarian yang dilakukan oleh orang yang menyebabkan iklan Anda dimunculkan, sehingga dari sana Anda bisa menemukan ide baru untuk kata-kata kunci baru.
  1. Phrase Match Gaya pencocokan ini akan lebih mengecilkan kemungkinan iklan Anda ditampilkan ke orang-orang yang tidak relevan. Karena hanya pencarian yang di dalamnya terdapat kata kunci Anda dengan urutan yang sama persis, barulah iklan Anda ditampilkan. Sebagai contoh, untuk kata kunci: dress murah, iklan Anda akan muncul bila ada yang mencari di mesin pencari Google: jual dress murah ; dress murah singapore ; dan desainer dress murah   Iklan tidak akan tampil bila susunannya berbeda, misalnya: jual murah dress

Negative Keywords. Sebagai tambahan dari contoh kasus di atas Anda dapat semakin meningkatkan efektifitas iklan Anda dengan menyembunyikan iklan dari pencarian yang tidak relevan, seperti: dress murah singaporeKemungkinan besar pencarian ini tidak ada kaitannya dengan bisnis Anda. Nah untuk pengoptimalannya Anda dapat menetapkan negative keywords. Bila Anda tetapkan kata desainer sebagai negative keywords, maka meskipun di dalam pencarian orang mengandung keywords yang telah Anda tetapkan, tetapi karena ada kata desainer di dalamnya, maka iklan Anda tidak akan munculkan.

Ada beberapa cara untuk menentukan negative keywords: Anda bisa coba-coba di mesin pencari Google misalnya Anda ketikkan: dress murah s. Autocomplete Google dapat memberikan petunjuk kata apa selanjutnya yang tidak relevan dengan iklan Anda. Cara yang kedua adalah setelah iklan Anda berjalan, Anda bisa melihat laporan daftar pencarian kata yang telah digunakan orang yang menyebabkan iklan Anda dimunculkan. Dari situ akan terlihat Anda dapat menganalisa pencarian apa yang tidak relevan dan Anda bisa menambahkannya di daftar negative keywords Anda untuk ad groups yang bersangkutan.

  1. Exact Match Gaya pencocokan yang satu ini hanya menampilkan iklan Anda, bila orang mencari menggunakan kata-kata yang sama persis dengan kata kunci Anda, tanpa tambahan kata-kata apa pun di belakang, atau di depan. Sebagai contoh kata kunci: [dress murah], iklan hanya ditampilkan bila orang mengetikkan kata: dress murah, dan tidak akan muncul bila orang mencari menggunakan kata: jual dress murahdress sangat murahdress murah online.
  1. Broad Match Modifier Gaya pencocokan ini sama dengan broad match, bedanya bila di dalam pencarian ada yang salah eja, menggunakan singkatan, singular dan plural, kemudian awalan, akhiran, bila ada kaitannya dengan kata kunci Anda, maka iklan Anda akan ditampilkan.

Ads/ Iklan Format iklan ada 4, yaitu:

  1. text ad: iklan berupa teks
  2. image ad: iklan berupa gambar
  3. rich media ad: iklan yang beranimasi atau interaktif
  4. video ad: iklan berupa video.

Iklan yang paling umum dan mudah dibuat adalah format iklan teks. Contoh:

Untuk setiap ad group Anda bisa membuat beberapa iklan. Gunanya untuk melihat iklan mana yang bekerja paling baik. Terkadang perbedaan kata-kata dapat membuat iklan bekerja semakin baik atau sebaliknya. Itulah juga alasannya mengapa ad group dipisah berdasarkan setiap kategori barang. Sehingga di dalam sebuah ad group bisa dibuat beberapa variasi iklan yang berbeda untuk barang yang sama, dan untuk kata-kata kunci yang sama. Pastikanlah di dalam membuat iklan, kata kunci yang Anda gunakan terdapat di dalam iklan Anda.

Mari mulai membuat iklan

Ok, disini kita akan beranggapan Anda memiliki sebuah tokol fashion yang menjual baju, dan Anda memiliki 2 kategori barang, yaitu: dress dan blouse. Anda ingin menggunakan adwords untuk pemasaran, dan hendak membuat sebuah iklan teks standar untuk ditampilkan di network search only dengan target calon pembeli adalah mereka yang tinggal Indonesia.

Pembuatan campaign

Tahap 1. Jika Anda baru selesai membuat akun, Anda akan melihat bagian halaman seperti ini. Klik tombol: Create your first campaign.

Apablia Anda mulai dari dashboard Adwords Anda bisa klik tombol: Campaign

Kemudian pilih di jaringan mana Anda ingin iklan Anda tampil.

Keterangan:

  1. Search Network only: iklan tampil di mesin pencari Google, Google shopping, peta Google, pencari gambar Google dan grup.
  2. Display Network: di situs-situs yang yang menampilkan Google Adsense, Gmail, Blogger dan Youtube.
  3. Search Network with Display Select: Gabungan dari Search Network danDisplay Network.
  4. Shopping: diGoogle Merchant (www.google.com/shopping)
  5. Online video: diYoutube – Tampil saat orang hendak menonton sebuah video, di daftar video sebelah kanan saat sebuah video sedang dijalankan, di posisi atas dalam hasil pencarian video.

Tahap 2. Silahkan isi campaign name-nya, baju. Lalu pilih Type : Search Network Only Pilih tombol radio: Standard

Tahap 3. Pada bagian Networks Anda bisa memilih apakah Anda ingin menampilkan iklan Anda di partner pencarian Google (include search partners) atau tidak. Siapa saja yang menjadi partner tidak diketahui secara pasti, tapi yang dengan jelas dipublikasikan adalah AOL.

Tahap 4. Pada bagian Locations Anda dapat menargetkan iklan Anda agar muncul berdasarkan lokasi geografis. Dengan demikian iklan Anda tampil di depan orang-orang yang berada di lokasi tertentu saja. Hal ini berguna jika usaha Anda hanya melayani dalam batasan wilayah tertentu. Bahkan pencarian bisa dibuat lebih spesifik lagi, misalnya pelayanan hanya dalam suatu radius tertentu saja. Untuk tutorial kali ini, kita akan memlih Indonesia.

Tahap 5. Pada bagian languages, Anda menentukan kemunculan iklan berdasarkan bahasa. Google akan menentukannya berdasarkan:

  1. preferensi bahasa di akun yang digunakan oleh pengguna
  2. permintaan pencarian.
  3. halaman yang sedang dilihat saat ini.

Untuk Indonesia sebaiknya menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia. Karena kedua bahasa ini umumnya digunakan oleh orang Indonesia. Apabila Anda ingin memilih bahasa lain, silahkan klik tautan: edit.

Tahap 6. Pengaturanbid strategy. Pada bagian ini Anda akan menentukan total anggaran per hari dan berapa nilai default bid (penawaran) maximum yang Anda izinkan untuk ad groups Anda. Default bid menentukan batas maksimum biaya CPC.

Ada dua cara pengaturan bid: Otomatis, Google yang akan mengatur bid untuk mengoptimalkan iklan Anda, menurut algoritma Google; Manual, Anda yang menentukan dan mengatur sendiri jumlahnya. Sekedar sekilas info biaya iklan Google Adwords per klik ditentukan berdasarkan semacam lelang. Mereka yang memasukkan batas bid yang lebih tinggi, memiliki kesempatan iklan mereka lebih sering tampil dan berada di posisi strategis. Akan tetapi tentu Anda ingin memperhitungkan keuntungan yang Anda peroleh dengan pengeluaran biaya marketing.

Tahap 7. Ad extensions merupakan fitur tambahan pada iklan Anda, bebas biaya, bertujuan untuk memberikan tambahan informasi yang berguna untuk calon pelanggan, seperti alamat dan nomor telpon. Salah satu kegunaannya, misalnya jika Anda mencantumkan alamat, kebetulan ada calon prospek yang melihat iklan Anda dan berpendapat, bahwa lokasi bisnis Anda ternyat dekat dengan mereka, mungkin itu bisa membuat mereka memilih Anda daripada kompetitor. Ini adalah opsional apakah Anda ingin menggunakannya atau tidak. Jika sudah selesai, silahkan klik tombol: save and continue. 

Ad Groups Halaman selanjutnya adalah pembuatan ad group. Pada halaman ini selain memberikan nama untuk ad group, Anda juga akan mengisi keywords, dan mulai membuat iklannya. Isi ad group name: Dress.

Keywords Silahkan tentukan keywords Anda. Sesuai dengan petunjuk yang sudah saya terangkan di pemahaman dasar di atas. Contoh-nya bisa sepeti di bawah ini.

Ads  Disinilah pembuatan iklan yang nantinya akan dilihat orang. Sebuah iklan terdiri dari beberapa bagian yaitu:

  1. Headline, bagian yang digunakan untuk menarik perhatian orang.
  2. Description line 1&2, bagian untuk membangkitkan rasa ketertarikan orang.
  3. Display URL hanya untuk memberikan keterangan kepada pengguna, kemana mereka akan dibawa jika mengklik iklannya.
  4. Destination URL adalah url yang sesungguhnya.

Pada sisi kanan, Anda bisa melihat pratinjau iklannya. Bisa Anda lihat disana ada dua macam:

  1. Side Ad adalah pratinjau bila iklan tampil di sisi samping dari mesin pencari.
  2. Top ad adalah pratinjau yang terlihat memanjang bila iklan tampil di sisi atas dari mesin pencari.

Jika sudah, klik tombol: Save ad group.  Nah, sekarang Anda tinggal menunggu iklan Anda ditinjau pada hari kerja. Perhatikan tidak semua produk atau jasa bisa diiklankan di Google Adwords, oleh karena itu perhatikanlah kebijakan dari Google Adwords.

Langkah 4 Memahami Istilah-Istilah di Tabel Adwords

Setelah Anda membuat iklan adwords pertama Anda dan iklan tersebut berjalan, tentu Anda ingin bisa memahami dan membaca hasil kinerjanya. Disini saya akan membantu memberikan penjelasan mengenai beberapa istilah-istilah yang ada pada tabel Adwords.

Berbagai Istilah di Tabel Adwords

NO Istilah Penjelasan
1 Max. CPC Biaya per Klik Maksimum yang akan Anda tanggung bila seseorang mengklik iklan Anda. Anda menentukan ini saat memasukan bid di dalam ad groups.

Biaya CPC yang sesungguhnya bisa lebih rendah dari Max. CPC tergantung dari berbagai hal yang akan dijelaskan di bawah.

2 Clicks Jumlah klik yang telah Anda dapatkan.
3 Impr. Impression yang menunjukkan sudah berapa kali iklan Anda ditampilkan.
4 CTR Click Through Rate menunjukkan persentase keberhasilan iklan diklik.

Cara perhitungan: CTR = Clicks / Impr. x 100%.
Contoh:
Kata kunci mendapatkan 5x klik, berarti Clicks = 5;
Iklan ditampilkan 100x, berarti Impr.=100;
maka CTR = 5 / 100 x 100% = 5%

5 Avg. CPC Average Cost Per Click adalah keseluruhan rata-rata Biaya per Klik.

Cara perhitungan: Avg. CPC = Cost / Clicks.
Contoh:
Cost = Rp.1000.000,-;
Clicks = 1000;
maka Avg. CPC = Rp.1000,-

6 Cost Total Biaya per Klik + Total Biaya per Mil.
atau dengan kata lain:
Cost = Total CPC + Total CPMBiaya per Mil adalah biaya iklan per 1000x tampil.
7 Avg. Pos Menunjukkan ranking iklan/ ad rank Anda dibandingkan dengan iklan orang lain. Semakin tinggi ad rank Anda (ranking 1) , semakin baik posisi penempatan iklan Anda.
8 Label Digunakan untuk mengelompokkan kata kunci.

Penjelasan lebih detil

Ad rangking / ranking iklan (Avg. Pos.) Inilah beberapa alasan mengapa Anda akan menginginkan ad rangking yang tinggi:

  1. CPC Anda akan menjadi yang lebih rendah (Google menghargai iklan yang baik).
  2. Penempatan posisi iklan yang lebih baik (di halaman pertama dan di atas)
  3. Iklan lebih sering tampil.

Lalu apakah yang menentukan ranking sebuah iklan?

  1. Besaran bid, yaitu besaran rupiah yang Anda rela bayarkan untuk sebuah kata kunci.
  2. Quality Score, ditentukan berdasarkan relevansi antara iklan, kata kunci, dengan landing page.
    Landing page adalah halaman yang akan dilihat oleh pengguna saat mereka mengklik iklan Anda.

Sebuah bid yang besar dapat dikalahkan oleh bid yang lebih kecil, bila quality scorenya lebih rendah. Setiap kata kunci memiliki quality score. Pada mula-mula di tabel belum ada kolom quality score. Untuk menambahkannya silahkan ikuti gambar berikut ini:

Cara perhitungan Quality Score

Quality Score dihitung setiap kali orang yang melakukan pencarian yang memicu munculnya iklan Anda. Faktor-faktor ini adalah penentu Quality Score Anda:

  1. Sejarah frekuensi klik pada kata kunci di iklan Anda.
  2. Sejarah frekuensi klik dengan display URL yang Anda gunakan.
  3. Sejarah akun Anda: CTR Anda secara keseluruhan dari iklan dan kata kunci di akun Anda.
  4. Kualitas landing page: Seberapa relevan, transparan, dan mudah dinavigasi (orang tidak dibuat susah mencari hal yang mereka cari.)
  5. Relevansi kata kunci dengan iklan: Seberapa relevan kata kunci dengan iklan Anda
  6. Relevansi kata kunci dengan pencarian: Seberapa relevan kata kunci Anda dengan pencarian pelanggan.
  7. Kinerja Geografis: tingkat keberhasilan akun Anda di wilayah yang menjadi target Anda.
  8. Kinerja iklan di situs-situs: tingkat keberhasilan iklan Anda di sebuah situs dan di situs yang serupa (Jika Anda menargetkan Display Network)
  9. Perangkat yang Anda targetkan: Seberapa baik kinerja iklan Anda di berbagai tipe perangkat yang berbeda desktops/laptop, perangkat mobil, dan tablet – Anda mendapatkan Quality Score yang berbeda untuk tipe perangkat yang berbeda

Saya ingin menyoroti no.5 dan no.6 yang menggarisbawahi kata relevansi inilah alasan mengapa disarankan setiap kategori barang di toko Anda dikelompokkan ke beberapa ad groups dan tidak menggabungkannya menjadi satu. Dengan demikian setiap ad groups bisa digunakan untuk mempromosikan satu hal tertentu dengan menggunakan kelompok kata kunci yang mirip atau berkaitan satu sama lain dan kata-kata kunci itu bisa dimasukkan ke dalam iklan Anda. Inilah yang dilihat oleh Google sebagai relevan, dan relevansi = pengalaman pengguna yang baik. Dan Google akan menghargai iklan semacam itu.

Arti Quality Score yang lebih tinggi

Akan lebih mudah dan murah untuk sebuah kata kunci masuk ke sebuah lelang iklan. CPC yang lebih rendah. Semakin mudah untuk iklan Anda tampil di halaman pertama dari hasil pencarian. Posisi iklan yang lebih tinggi. Memungkinkan beberapa format iklan dan ad extention tertentu untuk bisa tampil. Sebab sebagian memerlukan Quality Score tertentu.

Sumber :  https://buatblogaffiliasi.blogspot.co.id/2017/07/cara-buat-iklan-di-google-adwords.html  dan  http://dapur-uang.com/cara-pasang-iklan-di-google-adwords-pendahuluan/

 

Multipress Membuat Webiste Profesional Cara Amatir

Multipress Membuat Webiste Profesional Cara Amatir

Oleh harmen Batubara

Kalau anda tertarik dengan berbisnis di Online, salah satu yang perlu anda kuasai adalah Kemampuan membuat Website. Sebab dengan kemampuan tersebut serta berbagai kembangan dari Ilmunya, maka kemampuan anda untuk berbisnis Online kian terasah.  Jadi apakah anda MAU BUAT WEBSITE? MERASA BELUM BISA? INI DIA SOLUSINYA. Lupakan frustasi dan kesusahan Anda selama ini dalam membuat website, karena dengan MultiPress Anda bisa HEMAT banyak uang dan waktu. Dengan fitur drag n drop + live preview serta block element siap pakai, bikin website HANYA tinggal klik, drag & drop!  SEBELUM KITA ULAS PANJANG LEBAR. BELI SEKARANG SELAGI DISKON DAN DAPATKAN SEMUA INI JADI MILIK ANDA: MultiPress WordPress Theme ; Developer License ; Install di Website Sendiri; Install di Website Client; Tanpa Batasan Website (UNLIMITED Sites); Documentation/Tutorial; Support Gratis Selamanya; Gratis Update Selama Satu Tahun; Bisa Request Fitur yang Relevan; 40 Web Templates Siap Pakai; dan Bonus 6 Jenis Graphic Templates (PSD). Sungguh suatu harga dan fasilitas yang tidak akan anda dapatkan di Theme manapun juga.

Lupakan semua kerja keras! Anda dapat membangun situs Anda dengan mudah dan cepat dengan tema Multipress. Thema menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk mulai membangun situs indah dan dapat Anda ditayangkan dalam waktu singkat. Desain & tata letak yang disesuaikan melalui admin WordPress, panel admin ramping dan super mudah digunakan.Dengan Live Editornya anda bisa lihat hasilnya secara langsung. Tidak ada lagi kerja keras dan membuang-buang waktu dan sakit kepala dengan berbagai coding & desain! Waktu yang tak terhitung jumlahnya Anda Bisa Hemat dengan tema ini. Nggak usah atau berhenti membayar jutaan rupiah  untuk web designer dan web programmer. Berhenti membayar untuk tema mahal WordPress premium di luar sana. Jika harga adalah salah satu keprihatinan Anda, maka tema ini adalah untuk Anda!

Apa sebenarnya WordPress theme MultiPress Ini? Ini Tema atau Plug In ? YES, Multipress adalah tema WordPress. Ini TIDAK Plugin WordPress. Multipress adalah merek theme WordPress baru “serba guna” yang menawarkan desain yang indah dan profesional ditambah ratusan fitur canggih. Tema yang bersih yang dibuat oleh salah satu dari pembuat theme kelas Dunia, THEMEFOREST  … ini adalah tentang tema BERKUALITAS TINGGI … kualitas THEMEFOREST!

Percayalah Dengan Multipress ini, pembuatan Situs atau Blog Anda Bisa dalam Hitungan  Menit. Atau Jam. Percaya Nggak?  Tidak peduli, apakah Anda  akan membuat sebuah situs e-commerce, website bisnis, blog, atau web Portofolio;  kadang-kadang Anda perlu dan dituntut untuk bisa membuat situs Anda secara cepat. Multipress menyediakan demo XML, halaman template, dan  sangat enak bagi penggunannya USER-FRIENDLY sehingga Anda bisa mendapatkan situs Anda hanya dalam hitungan beberapa menit atau jam.

Pre-Configured Page Layouts : Multipress dilengkapi dengan demo XML, sehingga Anda dapat menyalin konten Anda ke dalam template PREMADE, dan meluncurkan situs Anda segera. Instant Builder Slider: Multipress dilengkapi dengan PLUGIN  Slider handal (nilai $ 19) secara GRATIS. Anda langsung dapat membuat sliding display dengan sistem drag-and-drop sederhana. Easy Squeeze Page Builder: Perlu penyesuaian besar kecilnya halaman? Dengan Multipress, Anda langsung dapat membuat halaman sesuai ukuran  yang memenuhi syarat lead untuk membantu membangun daftar email Anda.

Blog Post Template: Bangun komunikasi sesuai selera  pelanggan Anda, sambil meningkatkan SEO alami; dengan memanfaatkan -posting blog template Multipress yang sudah tersedia. Anda tinggal utak atik di sana – sini dan kemudian posting! WooCommerce Integration: Multipress 100% terintegrasi dengan plugin WooCommerce. Tidak ada kebutuhan instalasi tambahan, sehingga Anda dapat membangun website Toko Online anda dengan cepat dan segera menghasilkan uang dari website Anda. Kurang apa? Coba?  User-Friendly Visual Frontend Layout Builder: Setiap tema Multipress sudah termasuk Plugin  COMPOSER VISUAL (nilai $ 30) secara GRATIS. Cepat dan mudah, tinggal drag & drop elemen yang Anda inginkan pada situs web Anda. Portofolio Page Template: Multipress memungkinkan Anda MEMAMERKAN pekerjaan Anda secara profesional. Gunakan premade template halaman portofolio untuk menampilkan gambar, video, atau pekerjaan lain.

Multipress Menawarkan Kemungkinan Desain tidak terbatas

Tidak masalah jika situs Anda seorang penjual produk,atau hanya sekedar mencari klien baru, atau mungkin hanya sekedar menarik para pembaca? – dengan tata letak yang tepat dapat membuatnya lebih sukses. Itu sebabnya Tema Multipress dibuat mampu untuk memberikan kemungkinan desain tak terbatas. Apapun hasil situs yang anda cari, Multipress dapat membantu Anda untuk mencapai dan memaksimalkannya!

Powerful Advanced Theme Options Panel From font size to color scheme, Tersedia panel Tema Advanced yang berisi berbagai ukuran FONT berikut skema warna. Pilihan ini memudahkan Anda untuk memilih tampilan yang sempurna bagi penampilan website Anda. 2000 + Retina Ikon berkualitas tinggi dapat dengan mudah memasukkan nya ke dalam postingan atau halaman Anda. Ukuran dan warna dapat dengan mudah anda atur sesuai dengan desain website yang Anda inginkan.Benar-benar Blog Canggih Pilihan para blogger profesional atau pribadi, Multipress memberikan semua pilihan yang Anda perlukan. Anda yang memutuskan tata letak setiap postingan, meta data, fitur gambar, dan hampir semua yang dapat Anda pikirkan atau inginkan.

Tersedia OPTIN FORM CANGGIH Untuk blog profesional atau pribadi. Tema Multipress memberi Anda semua pilihan yang Anda inginkan. Anda memutuskan tata letak setiap Optin, meta data, fitur gambar, dan hampir apa pun yang dapat Anda pikirkan baik sebagai blogger profesional atau pribadi. Dalam  hal desain  CUSTOM HEADER  umumnya kalau tema-tema lainnya hanya memberikan anda beberapa pilihan terbatasa dan telah ditetapkan, Jelas sangat membatasai kreasi Anda. Tapi Tema Multipress memberikan Anda pilihan tidak terbatasan dan diberi kemampuan untuk menyesuaikan header sesuai yang anda inginkan. Anda sendiri yang memutuskan posisi logo, menu font, isi topbar, search bar, dan banyak lagi.

600 + termasuk Google Font; anda tinggal iilih font yang sempurna untuk website Anda! Dengan begitu banyak pilihan, Anda akan menemukan font yang tepat untuk yang sesuai dengan dengan kegemaran pengunjung Blog Anda. Kustom Widget Multipress tersedia widget kustom yang mudah anda sesuaikan untuk memberikan Anda kontrol yang lebih mantap atas situs web Anda. Pilihan variasi warna tidak terbatasan; Variasi Warna Multipress membuat anda mudah untuk menyesuaikan warna teks, sidebars, footer, dan segala sesuatunya sesuai dengan  yang Anda perlukan atau inginkan. Tersedia Pilihan Portofolio Canggih, dengan pilihan ini anda dapat memamerkan pekerjaan Anda persis sebagaimana yang Anda inginkan! Dengan halaman tidak terbatas portofolio, template premade, dan kategori yang bisa di filter, Multipress memungkinkan Anda bangga dengan menampilkan portofolio Anda.

Saya sudah Coba memanfaatkan Thema Multipress ini, menurut saya sangat enak untuk dimanfaatkan. Ini dia beberapa Web saya yang sudah memanfaatkan Thema Multipress. www.harmenbatubara.com; www.bisnetreseller.com; www.ebookperbatasan.com  Dll. Terlebih Bagi Mereka yang mau melakukannya dengan pengetahuan Desain. Maksudnya bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada untuk mempercantik tampilan Websitenya sesuai dengan ilmu design yang benar. Kalau anda tertarik Ulasan lebih Lanjut bisa Lihat Disini. Kalau anda kesulitan bisa kita Bantu.

Masih ada lagi Pilihan Kustomisasi Lainnya, seperti : logo interaktif, menu, dan bar pencarian ; navigasi Sticky ; Animasi Progress Bar dan Bagan; Touchable carousel ; animasi Scroll ; Integrasi Google Maps; Built-In 404 Halaman; User Friendly Formulir Kontak; dan lain-lainnya

Mau Memulai Bisnis Online, Ini Dia Langkahnya

Mau Memulai Bisnis Online, Ini Dia Langkahnya

Oleh harmen batubara

Apakah Anda sedang mencari peluang usaha yang bisa anda kerjakan lewat internet?  Atau apakah Anda juga sedang berpikir untuk mencari cara memulai bisnis online dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan disamping pekerjaan utama Anda? Atau mungkin saja anda sendiri masih mahasiswa dan ingin memanfaatkan  bisnis Online untuk menambah penghasilan? Atau, Anda memang benar-benar ingin fokus mau terjun di jalur bisnis online sebagai sarana untuk mendapatkan sumber penghasilan utama?

Kalau hal seperti itu masalahnya, maka tulisan ini bisa jadi akan bisa menjadi bahan masukan bagi Anda. Mencari penghasilan atau penghasilan tambahan dari bisnis Online. Bisnis Online memang memberikan peluang yang cukup menggembirakan. Sebab bisnis ini tidak memerlukan anda melakukannya lewat “door to door” – tetapi anda bisa memintak perangkat Online untuk melakukannya pada anda. Bayangkan. Kalau di dunia Off-line, anda bisa juga melakukan bisnis jualan, tetapi caranya sungguh ribet. Anda mungkin memerlukan Toko, memerlukan beli dagangan, memerlukan tenaga bantu dll yang semuanya itu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Sementara di Dunia Online anda bisa membuka sebuah Mall atau Toko yang sangat besar tanpa memerlukan modal untuk menyewa Mall, menyewa para pegawai, membeli dagangan dll dll yang biayanya sangat…sangat mahal.

formula gaptek

Tetapi satu hal yang anda perlu tahu adalah perihal bisnis internet atau Online itu sendiri. Anda memerlukan pengetahuan dasar yang menjelaskan seperti apa sebenarnya dunia bisnis online tersebut yang sesungguhnya. Memang anda memerlukan untuk membaca dua buku wajib bagi para pebisnis Online ( Formula Sukses dan Formula Gaptek). Cara bodonnya sih, baca buku itu, maka anda akan memahami secara detail apa sesungguhnya bisnis Online tersebut dan bagaimana cara memulainya.

Perlunya Mindset Bisnis Yang Benar

Dalam bisnis intinya bukanlah semata untuk mencari uang. Kalau minsed kita sudah dibatasi oleh pemikiran hanya sebatas cari uang, maka percayalah idenya akan cepat kering. Kenapa? Karena anda hanya fokus pada keinginan anda pribadi. Tapi kalau anda memikirkan sesuatu bisnis yang bisa membuat banyak orang senang, juga anda lakukan karena senang melakukannya, maka percayalah idenya akan terus berkembang sesuai dengan dinamika dari orang-orang atau pangsa pasar yang akan anda layani.

Bisnis Online ini sejatinya sama seperti jenis bisnis lainnya, ketika Anda memutuskan untuk membangun bisnis online pastinya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, misalnya seperti:  Modal ; Produk atau Jasa yang akan dijual ; Pasar atau “market” yang akan disasar; strategi pemasarannya sendiri; dan Kelangsungan bisnis dan tren bisnis itu sendiri. Sebenarnya bisnis Online juga membutuhkan pekerja professional. Seorang pebisnis yang paham apa yang akan dilakukan. Bukan hanya meraba-raba dan atau sekedar coba-coba. Bedanya anda tidak langsung berhadapan dengan pasar secara langsung. Karena itu anda bisa belajar teori atau ilmunya dan langsung menerapkannya dan kemudian melakukan evaluasi untuk perbaikan.

Untuk itu, sebelum memikirkan hal-hal tersebut, benahi dulu mindset Anda.Faktor penentu kesuksesan suatu bisnis, 95% ditentukan oleh kualitas pribadi manusianya atau mindset manusianya. Ini adalah hal-hal yang sifatnya non-teknis. Dan sisanya adalah yang sifatnya teknis. Yang secara teknis bisa dipelajari. Anda bisa saja mempunyai keahlian membuat suatu web yang canggih, dengan berbagai fitur dan tampilan yang keren. Atau, bisa saja Anda sangat ahli dalam suatu bidang. Namun jika tidak mempunyai mindset yang unggul, maka semua kemampuan itu justeru tidak bisa berkembang dengan semestinya. Anda akan terperangkap rutinitas keahlian anda itu sendiri.

Jadi pastikan bahwa setiap usaha yang kita kembangkan itu ada manfaat bagi sesama .Usahakan supaya kegiatan yang kita lakukan itu bisa memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar, dan juga bagi kebaikan sesama termasuk diantaranya diri anda sendiri. Dengan begitu, Anda akan menemukan alasan mengapa Anda berbisnis online.Tujuan utama kita dalam berbisnis selain mendapatkan penghasilan, juga kita lakukan karena kita suka, dan juga supaya bisa melayani lebih banyak orang dan lebih bermanfaat bagi sesama?

formula sukses

Mulailah Dengan Jualan Produk Orang Lain atau Affiliate

Untuk bisa jualan produk atau jasa di bisnis Online, maka anda juga perlu mempunyai perangkat untuk melakukan bisnis tersebut, seperti adanya Komputer, atau Laptop atau Handphone dan akses internet. Tanpa perangkat tersebut tentu anda tidak bisa melakukan kegiatan bisnis Online.

Kalau hal itu anda sudah punya, maka cobalah tanyakan pada diri anda sendiri, produk apa sebenarnya yang menarik minat anda. Produk apa sebenarnya yang anda memang sedikit banyak mengerti dan paham tentang produk / jasa tersebut. Sukur kalau produk itu juga ternyata anda senangi. Tanpa dasar seperti ini, percayalah anda akan cepat kehabisan ide. Kemudian coba cari produk atau jasa yang banyak di cari orang di sekitar anda atau dimana saja. Artinya produk itu memang banyak diminati karena memang bermanfaat bagi pembelinya. Bagaimana cara mencarinya? Yah karena ini baru langkah pertama, dan anda sendiri belum punya Ilmunya tentu yang bisa anda lakukan barulah sebatas “perkiraan” atau dari berbagai info yang anda dengar dari sana sini. Nah kalau anda sudah punya ilmunya? Maka anda tinggal melakukan “riset” dan akan menemukan produk tersebut. Hal itulah yang membuat anda perlu membaca buku “Formula Sukses” dan atau “Formula Gaptek.”

Pasarkan Produk/ Jasa Pilihan Anda ke Pasar Bisnis Online

Sampai disini anda tentu akan bertanya? Bagaimana kita akan memasarkan produk/Jasa  kepada halayak di dunia Online?  Secara logika, anda juga akan menjawabnya lewat “media social”. Ya lewat media social seperti pacebook, twitter, Instagram, Google+,Linked In, Tumbrl, Scoop It Dll. Memang media sosmed bukanlah ajang beriklan ria, tetapi kalau anda bisa mengemasnya dengan baik tentu orang juga tidak akan keberatan. Nah disinilah intinya, anda memang harus paham Ilmu social media; harus bisa membuat Fan Page di Facebook, harus bisa memanfaatkan iklan yang ada di social media tersebut. Tanpa itu anda akan kekeringan ide. Nah anda perlu mempelajari cara memanfaatkan social media dan itu bisa anda dapatkan dalam kedua buku di atas (Formula Sukses dan Formula Gaptek).

Bisnis Anda Memerlukan Website

Sampai pada langkah ini anda sudah merasakan bahwa anda memang memerlukan sebuah Website. Untuk Apa? Untuk menjadi tempat anda memperlihatkan siapa sebenarnya (Brand anda sendiri); kalau di dunia nyata ya Toko atau Kantor Bisnis Anda sendiri. Tentu Toko yang bagus dan berada di Lokasi yang baik akan sangat berbeda dengan Toko asal-asalan? Ya kan? Jelas Ya. Website juga demikian. Website banyak macamnya ada yang dibuat secara amatiran dan juga gratisan. Ada juga yang dibuat secara professional dan berbayar. Semua itu punya tahapan-tetapi intinya anda memerlukan sebuah atau banyak website untuk keperluan bisnis anda. Nah di buku yang saya sebut tadi, anda juga diajarkan cara membuat website secara professional. Di website inilah anda melakukan semua aktifitas bisnis anda; disinilah anda menjelaskan produk yang anda jual-seperti apa produk tersebut dibuat, dan apa manfaatnya bagi mereka yang membelinya. Anda juga menjelaskan akan memberikan mereka Diskon kalau membeli lewat Link anda sendiri. Malah lebih dari situ, anda akan memberikan pada mereka Bonus yang sangat bermanfaat kalau mereka membeli lewat website Anda. Dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa anda lakukan lewat website anda.

Anda Memerlukan Mentor Bisnis

Bagi Anda yang mau belajar bisnis online dengan lebih serius, saya sarankan untuk mencari mentor. Dialah yang akan membimbing Anda dalam masa-masa awal membangun bisnis.Anda bisa belajar dari pengalaman suksesnya, serta jatuh bangunnya dari proses yang mereka alami. Dengan adanya mentor, Anda bisa mempercepat proses trial and error yang Anda butuhkan selama berproses menuju puncak.

Ini adalah beberapa rekomendasi tempat belajar bisnis online, yang diampu oleh para mentor dan praktisi yang sudah berpengalaman, dan insya Allah cocok bagi Anda yang ingin memulai belajar bisnis online:

SB1M   Apa itu SB1M?    Ya jelasnya : SB1M Komunitas belajar Online bersama dengan Video Tutorial Terlengkap ; Memiliki basecamp / tempat belajar offline ( Jakarta ) serta akan belajar memiliki Bisnis Online yang memiliki system; Bisnis Online Anda Dapat jalan sendiri meskipun ada atau tidak ada kita di dalamnya; dan  SB1M memiliki Visi Setiap membernya mampu mencapai penghasilan 1 Miliar Sebulan Dari Bisnis Online.

SB1M Memiliki Program Private Mentor . Jika Anda Benar Benar Pemula Mentor Siap Datang Ke Rumah Anda dan mengajarkan secara “one on one”   Jakarta, Depok, Bogor, Pekalongan, Kudus, Semarang Dll  Anda juga mencoba jadi anggota versi “Gratis” nya. Klik Disini.

Cafebisnis  Diasuh oleh Lutvi Afandi, salah satu legenda internet marketing dan bisnis online di Indonesia. Materinya komplit, panduan A-Z urut dan rapi. Enak banget ngikutinnya.

Cek disini → Panduan Bisnis Online by Cafebisnis (aff)

Beli Domain Untuk Investasi, Perlu Juga Dicoba

Berbicara soal beli domain, kami teringat kutipan lama yang berbunyi, “Domains have and will continue to go up in value faster than any other commodity ever known to man.” Dalam Bahasa Indonesia, kutipan ini kira-kira mengandung arti “Domain akan terus mengalami kenaikan nilai jauh lebih cepat dari komoditas apapun yang pernah dikenal manusia.”  

Kutipan ini bisa jadi benar adanya. Pada tahun 2010 Facebook dilaporkan membeli nama domain bernama fb.com dari American Farm Bureau Federation seharga $ 8,5 juta. Jumah yang fantastis, bukan? Rupanya ini tidak pertama kali terjadi. Pun bukan transaksi domain paling mahal yang pernah terjadi. Ada banyak domain lain di seluruh dunia yang dijual dengan harga gila-gilaan.

Domain paling mahal yang pernah diperjualbelikan hingga saat artikel ini ditulis adalah LasVegas.com. Domain ini memiliki nilai sebesar $ 90 juta hanya untuk kesepakatan tahun 2005 hingga 2040. Bukan tidak mungkin angka ini akan jauh meningkat di kemudian hari! Padahal, harga domain ini ketika pertama kali ditawarkan ke publik pada tahun 1997 hanya sekitar $70 saja.

Berikut adalah lima transaksi nama domain paling mahal dari seluruh dunia.

Coba bayangkan, jika pada waktu itu Anda lebih dahulu membeli domain ini dari pihak pertama, bisa jadi Anda sudah kaya raya sekarang. Gambaran di atas menunjukkan bahwa domain dapat menjadi komoditas yang sangat menjanjikan. Menurut laporan Verisign, sepanjang tahun 2016 saja terdapat 21 juta nama domain yang didaftarkan di seluruh dunia! Jumlah ini adalah peningkatan sebesar 3,1% dari tahun sebelumnya.

Peningkatan yang ada, ditambah dengan pesatnya pertumbuhan internet, dapat Anda tafsirkan sebagai sebuah peluang. Berkaca dari ungkapan yang kami sebutkan sebelumnya, besar kemungkinan peminat domain terus ada dan bertambah banyak dari tahun ke tahun. Artinya, Anda tidak akan pernah kehabisan calon pelanggan.

Bisnis Beli Domain Ibarat Bisnis Properti …

Anda tidak salah baca. Aturan dasar yang menentukan harga jual suatu properti adalah lokasi. Lokasi fisik yang strategis menjadi tolok ukur di sini. Bisnis domain pun memiliki aturan serupa. Hanya saja, dalam bisnis domain lokasi virtual-lah yang sangat menentukan. Tidak ada sebutan nama jalan, nomor rumah, maupun kode pos di sini. Semuanya digantikan dengan nama domain.

Cara kerja bisnis domain pun mirip spekulan properti. Anda hanya perlu memetakan serta membeli properti mana yang sekiranya dapat Anda jual lebih tinggi. Di sini naluri berbisnis Anda diuji. Jika berhasil, keuntungan besar menanti Anda. Nama domain yang bagaimana? Tentu nama domain yang strategis. Nama domain yang memiliki peuang besar diinginkan oleh banyak orang, alias populer.

Biar kami beritahu sedikit rahasia. Saat ini ekstensi domain paling populer di dunia adalah .COM. Domain ini digunakan oleh hampir 50% website yang ada di dunia. Sisanya menggunakan domain lain yang juga tersedia bebas. Hanya saja, tidak ada ekstensi domain lain yang sanggup menggeser ketenaran .COM. Berkaca pada hal ini, mengamankan domain .COM adalah harga mati. Mengapa? Logikanya sederhana. Ini artinya domain .COM adalah domain yang paling dicari. Jika banyak dicari, potensi memiliki domain .COM untuk dijual kembali guna meraih keuntungan tentu semakin besar, bukan?

Jika Anda masih belum percaya, silakan lihat daftar website perusahaan Fortune 500. Perusahaan yang berada dalam daftar ini tentu bukan perusahaan main-main. Rata-rata, tiap perusahaan di sini sanggup mencatatkan keuntungan hingga ratusan juta dollar per tahun. Sekarang lihat website yang mereka miliki. Hampir seluruhnya menggunakan .COM! Tentu Anda tahu bahwa semakin besar suatu perusahaan, daya belinya juga semakin besar.

Bayangkan jika salah satu dari mereka membeli domain .COM yang Anda miliki, katakanlah seharga satu juta dollar. Wah, tentu Anda untung besar! Ingat bahwa domain .COM bisa Anda beli sendiri seharga Rp 105rb saja. Dan itu hanya untuk satu domain saja. Padahal, Anda bisa membeli domain .COM sebanyak yang Anda inginkan. Sekarang sudah terbayang berapa besar potensi keuntungan Anda?

Ini Bagian Paling Menariknya: Anda Dapat Memulai Bisnis Domain Sendiri

Apa yang bisa Anda lakukan? Tenang, kami tidak akan membiarkan Anda pergi dengan tangan hampa. Kami punya tips jitu agar Anda dapat sukses di bisnis domain ini.

  1. Riset Tren dan Pasar

Anda perlu terus-terusan melakukan riset pasar. Mengapa? Perubahan yang ada di internet berlangsung sangat cepat. Peristiwa terbaru, tren budaya populer, serta tren industri dapat membuat nama domain yang pada awalnya biasa-biasa saja mendadak banyak diminati. Nah, sebaiknya Anda terus update agar tidak ketinggalan peluang. Terlambat sedikit saja, keberuntungan bisa berpindah ke kompetitor Anda.

  1. Pilih Top Level Domain Potensial

Seperti yang sudah kami sampaikan pada bagian sebelumnya, Anda dapat mulai dengan beli domain berekstensi .COM. Domain ini merupakan yang paling populer serta paling banyak digunakan di seluruh dunia. Peluang Anda untuk sukses berinvestasi dengan domain .COM terbuka sangat lebar.

  1. Domain yang Sebelumnya Terdaftar Dapat Bernilai Lebih

Menurut data Verisign, saat ini ada sekitar 13 juta domain yang sebelumnya terdaftar ditawarkan ke publik. Domain seperti ini biasanya telah kadaluarsa dan tidak diperpanjang kembali. Bahkan, banyak juga yang masih memiliki potensi traffic, alias masih secara aktif diakses pengguna internet. Domain seperti ini yang dapat Anda jual dengan harga lebih mahal.

Meskipun demikian, Anda tetap harus berhati-hati dalam membeli domain yang sebelumnya terdaftar. Kami sangat menyarankan Anda mengecek history domain sebelum transaksi terjadi. Ini perlu Anda lakukan sebagai langkah antisipasi, mengingat terdapatnya kemungkinan domain yang ingin Anda beli telah masuk sandbox Google sehingga tidak dapat tampil di mesin pencari.

  1. Hati-hati dengan Domain Bermerek Dagang

Domain yang mengandung trademark atau merek dagang terdaftar dapat menarik minat pembeli dengan modal besar. Ibarat jalan pintas, peluang Anda untuk langsung mendapatkan keuntungan terbuka lebih lebar. Meskipun demikian, Anda berhadapan dengan risiko cukup besar apabila menjalankan strategi ini.

Katakanlah Anda berhasil mengamankan domain dengan nama salah satu perusahaan dalam daftar Fortune 500. Tentu untung besar sudah berada dalam bayangan Anda. Hanya saja, Anda perlu sedikit berhati-hati di sini. Anda dapat saja tersangkut kasus hukum karena dianggap mencuri merek dagang yang terdaftar secara resmi. Perusahaan bisa melakukan klaim terhadap orang yang mendaftarkan nama domain yang sama atau mirip dengan merek dagang yang mereka miliki.

  1. Beli Domain .COM Sebanyak-banyaknya

Semakin banyak Anda memiliki nama domain, semakin besar peluang nama domain Anda dilirik investor dan ditawar miliaran rupiah. Saran kami, beli nama domain dengan ekstensi .COM sebanyak-banyaknya. Modal yang perlu Anda keluarkan pun tidak banyak. Domain .COM kini tersedia dengan harga satuan Rp 105.000,- saja. Selanjutnya Anda tinggal membidik nama domain apa saja yang sekiranya potensial. Dengan nama domain yang memiliki potensi pasar luas, keuntungan berlipat akan menanti Anda.

Jadi, mengapa tidak Anda lakukan sekarang? Nama domain yang tersedia masih sangat sangat beragam. Berbekal riset dan sedikit kreativitas, kami yakin Anda dapat meraih sukses besar di bisnis beli domain. (Sumber : https://www.niagahoster.co.id/blog/beli-domain-untuk-investasi/)

Formula Sukses,Pebisnis Affiliate: Wujudkan Peluangmu

formula suksesSalah satu bisnis online yang banyak diminati oleh para pemula adalah affiliate[1] marketing atau bisnis affiliate. Banyak alasan yang bisa dikemukakan mengapa bisnis ini begitu diminati, antara lain karena caranya yang sederhana, tidak ribet dan yang lebih menarik lagi bisnis jenis ini tidak memerlukan modal yang besar. Yang anda perlukan hanya ilmu, komputer atau Laptop dan jaringan internet. Memang sih semua bisnis pasti memerlukan modal juga, meski jumlahnya terbatas. Tetapi apakah semudah itu berbisnis Affiliate? Kalau cara berbisnisnya memang mudah. Bahkan dapat dikatakan mudah sekali. Tetapi bagaimana agar bisa berhasil dengan bisnis affiliate? Tentu lain lagi jawabnya. Ada dua hal yang anda perlukan, kemampuan teknik dan kemudian kemampuan memasarkan. Nah kedua hal itulah yang akan kita suguhkan kepada anda lewat buku ini.

Untuk bisnis affiliasi ini bagaimanapun anda masih memerlukan dana untuk membeli Nama Domain dengan harga sekitar rp 150 ribu pertahun; biaya sewa webhosting sekitar 65 ribu perbulan; biaya sambungan internet sekitar 300-400 ribu perbulan, terserah mau speedy,firstmedia dll. Anda juga sesungguhnya memerlukan dana untuk pembelian Theme, memang banyak theme yang gratis tetapi kalau anda memerlukan website yang cocok untuk bisnis affiliate, anda perlu juga membelinya-harganya antara 500 ribu- 1 juta rupiah. Anda juga masih perlu sebuah Autoresponder yang membantu anda  dalam hal pemasaran-harganya bisa 100-250 ribu perbulan atau ada juga satu kali beli seharga antara 500 ribu – 1 juta rupiah. Meski begitu ada juga yang gratis dan mutunya sangat baik, misalnya MailChimp atau LisWire dll.  Jadi kalau dijumlah-jumlah, ya perlu ada dana sekitar 300-700 ribu perbulan serta ditambah 2-3 jutaan pertahunnya. Jadi memang anda harus menjadikannya sebagai sesuatu bisnis yang real, sama seperti bisnis off line.

[button link=”https://www.bukalapak.com/p/hobi-koleksi/buku/pengembangan-diri/660uck-jual-buku-formula-sukses-bisnis-affiliate-wujudkan-peluangmu” size=”large” style=”info” color=”orange”]Beli di Bukalapak Com[/button]

Idealnya anda juga mempunyai dana untuk promosi, sebab bagaimanapun juga yang namanya bisnis maka promosi itu adalah sesuatu yang harus. Apakah itu promosi lewat Google Adwords atau Facebook, Twitter ads dll. Sebab kalau mengandalkan promosi secara gratisan, pastilah memerlukan waktu yang lama dan investasi dalam ilmu ketrampilan yang lebih bagus. Promosi lewat online memang relatif-artinya anda bisa mencoba dengan biaya kecil dahulu, dan setelah diperhitungkan ada sambutan pasar maka anda bisa melipat gandakannya sesuai kekuatan anda. Pada intinya, meski bisnis affiliasi ini terlihat sederhana, tetapi sesungguhnya ia membutuhkan ketrampilan seorang marketing online yang baik. Tidak hanya itu bisnis ini memerlukan ketrampilan teknis online yang baik. Tanpa pengetahuan seperti itu, anda hanya akan menambah jumlah para pebisnis online yang gagal. Nah pengetahuan seperti apa sesungguhnya yang diperlukan? Nah pengetahuan seperti itulah yang jarang ditemukan. Dan itulah salah satu ide yang mendorong penulisan buku ini.

Sebab selama ini jargon yang sering anda jumpai adalah-Jika Anda mau mencari cara cepat, sederhana, dan terbukti mampu  menghidupi anda dengan gaya hidup Lifestyle dot com dan mampu menghasilkan uang banyak, maka jadilah pebisnis Affiliate. Tidak ada yang salah di sana. Jargon seperti itu, sah sah saja. Hal itu jugalah, yang akan ditunjukkan buku ini  untuk Anda. Bagaimana anda dapat bekerja sesuai ritme kehidupan yang anda inginkan. Anda bisa melakukan bisnis anda dari mana saja dan kapan saja, selama ada jaringan online. Anda bisa menghasilkan uang lebih dari cukup. Percayalah, cara ini bukan rahasia bisnis online di internet tapi cara ini jelas mampu menciptakan lebih banyak jutawan atau milyarder dari bisnis manapun juga di dunia. Maksudnya, menghasilkan uang melalui bisnis affiliate yang di gagas oleh  Google, Clickbank, Ebay, Amazon, Alibaba, dll serta semua bisnis turunannya. Itu memang benar adanya. Tulisan seperti itu memang sudah tidak asing lagi bagi pebisnis Online. Hanya saja apakah anda sudah mempunyai pengetahuan yang cukup untuk itu. Gambaran seperti diatas tadi adalah gambaran bagi seorang pebisnis affiliate yang sudah jadi. Maksudnya sudah berpengalaman dan berpengetahuan.

[button link=”https://www.tokopedia.com/bukuperbatasan/formula-sukses-bisnis-affiliate-wujudkan-peluangmu” size=”large” style=”info” color=”green”]Beli Di TokoPedia Com[/button]

Apa Itu Bisnis Affiliasi. Pernahkah Anda mendengar istilah “Affiliate”? tentu saja bagi para affiliate marketing istilah affiliate sudah tidak asing lagi, namun tidak menutup kemungkinan bahwa sebagian dari para penggiat online masih belum mengerti betul apa yang dimaksud dengan affiliate. Jadi apa sebenarnya bisnis affiliasi atau program affiliasi? Bisnis Affiliasi adalah usaha atau bisnis yang menjualkan produk atau layanan jasa orang lain. Saat anda berhasil menjual produk/layanan jasa orang lain tersebut, maka anda akan mendapatkan komisi yang besarnya kisaran antara 15% sampai dengan 75% tergantung dari perusahaannya. Orang yang menjalankan program affiliasi biasa disebut dengan istilah Affiliate atau Affiliate Marketer.

Singkat kata, bisnis afiliasi ini membuat kita sebagai ‘sales’ atau ‘makelar’ dan kita akan dibayar bila produk yang kita tawarkan terjual. Namun ‘sales’ atau ‘makelar’ disini kita tidak perlu berkeliling-keliling secara fisik tetapi ke mana-mana cukup dengan cara online. Iya karena bisnis afiliasi ini adalah ‘sales online’ atau ‘makelar online’. Jadi ya kita menawarkan barang tersebut dengan bebas, bisa secara online atau cara offline. Boleh dikatakan Bisnis Afiliasi ini hampir sama dengan bisnis SISTEM DROPSHIP bedanya ada pada cara kerjanya. Kalau dropship ini kita menjualkan produk atau jasa orang lain bisa dengan cara yang sama; dan kalau terjadi transaksi bisnis atau “kesepakatan pembeliannya sudah ok atau sudah deal”, maka kita akan mengirimkan “nama dan alamat si pembeli ke pemilik barang. Pemilik barang kemudian akan mencatatkannya dan mengirimkan produk atau jasa tersebut kepada pembeli sesuai dengan nama dan alamat yang anda berikan; dan mereka bertindak (mengirimkannya) atas nama anda atau perusahaan anda.

Bisnis affiliate merupakan salah satu jenis atau program bisnis online yang dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang dapat menghasilkan untung besar jika berhasil menjalankan dengan sukses. Bisnis affiliasi menjadi pilihan banyak orang karena beranggapan sangat mudah dan sederhana dalam menjalankannya. Karena anda tidak perlu membuat produk sendiri, tidak perlu disibukkan dengan berbagai tugas  seperti mengemas, mengirimkan dan bahkan mendengarkan komplain serta berbagai kerepotan lainnya dalam melayani kastamer atau pelanggan. Sebagai seorang affiliate marketer, anda cukup hanya dengan memperkenalkan produk tersebut dengan berbagai sarana promosi, misalnya seperti banner, video marketing dan website replika yang telah disediakan. Selain dengan berbagai kemudahan tersebut di atas, untuk dapat mengikuti program affiliasi juga gratis alias tidak dipungut biaya apapun. Siapa saja bisa dapat mendaftar menjadi member affiliasi dan secara otomatis juga mendapatkan web replika untuk menjalankan affiliasinya. Memang ada kalanya, ada juga yang mensyaratkan agar anda membeli produknya terlebih dahulu. Baru kemudian boleh memasarkannya. Beda-beda tipislah.

Kemudian yang ingin saya tekankan adalah bisnis affiliasi online itu polanya sama dengan bisnis affiliate offline secara prinsipnya ia sama yakni menjualkan produk/jasa, kemudian menawarkannya dengan cara yang menarik, untuk membuat orang lain datang  pada kita, bukan kepada yang lain. Cara kerjanya juga sama. Hanya mediumnya saja yang berbeda. Kalau bisnis affiliate Offline kita lakukan di alam nyata, maka bisnis affiliasi online dilakukan di dunia Maya atau dunia Online. Karena itu, hati-hati juga kalau ada orang menawarkan bisnis affiliasi ajaib yang bisa menghasilkan ratusan juta rupiah dalam sekejap. Maka percayalah itu ujungnya akan berahir pada pola penipuan. Intinya, kalau di offline mustahil, maka di online juga pasti mustahil. Kemudian ada satu lagi. Bisnis Online dalam batas-batas tertentu bisa di automasi. Dalam artian bisnis anda bisa bekerja sendiri hanya dengan sedikit sentuhan anda.

Beda lainnya atau pola yang membedakan bisnis affiliate offine dengan online adalah kalau di offline kita membuka toko pajangan, kantor, dan sejenisnya. Sedangkan untuk menjalankan bisnis online, kita membuat website. Produk/jasa yang dijual juga bisa berbeda.Kalau bisnis affiliasi offline umumnya produk fisik. Sedangkan dalam bisnis affiliasi online kita juga bisa menjual produk digital, Software berupa file digital di komputer tanpa bentuk fisik. Jadi  apa yang akan kita bicarakan di sini adalah bisnis affiliasi online. Meskipun prosesnya sama, tapi karena medianya berbeda maka tentunya ada pertimbangan-pertimbangan tertentu yang perlu anda pertimbangkan sebelum anda mulainya. Tidak semua orang cocok dengan bisnis affiliasi online dan sebaliknya. Bisa jadi setelah membaca tulisan ini malah anda akan lebih memilih menjalankan bisnis affiliasi offline saja atau sebaliknya. Senangnya atau enaknya menjalankan bisnis affiliasi online, beberapa diantaranya : sistemnya bisa dijalankan secara otomatis atau semi otomatis ; potensi pasarnya jauh lebih besar daripada bisnis offline; bisa dimulai dengan upaya dan biaya yang lebih rendah; tidak terikat waktu dan tempat.

Menjadi pebisnis affiliate Online sama dengan bisnis offline lainnya, sebaiknya memang harus juga memiliki Mindset bisnis yang benar. Dari berbagai hasil penelitian, memperlihatkan begitu banyak usaha yang dijalankan oleh para pebisnis jadi gagal di tengah jalan, ternyata dalam banyak hal, karena ada kesalahan pada mindset mereka. “Banyak pemilik bisnis memiliki mindset (pola pikir) yang salah, mereka cenderung melihat suatu bisnis sebagai sesuatu yang jadi beban, mereka gagal melihat dari sisi  kesempatannya. Tak heran mereka lebih mudah frustasi dari pada antusias selama menjalankan bisnis. Mereka berpikir, bisnis adalah beban, bukan kesempatan. Kesalahan mindset tersebut, umumnya terjadi karena adanya cara berfikir bahwa bisnis online yang dijalankan dengan cara otomatis hanyalah mitos, bukan kenyataan.

Dan mindset yang paling merusak, adalah melihat bisnis hanya sebagai alat mencari uang, bukan sarana untuk membantu banyak orang untuk mencapai tujuan mereka. “Karena itu sangat penting untuk mempunyai minset bisnis yang benar. Mindset tentang bagaimana membangun bisnis yang benar, membangun bisnis yang dapat membantu orang lain untuk bisa mewujutkan impiannya.  Artinya, ada semangat untuk menemukan produk/jasa yang bisa membantu orang lain untuk mewujudkan mimpinya. Kalau orang lain bisa merasa terbantu oleh bisnis anda, maka mereka juga akan dengan senang hati untuk membantu anda dapat menikmati hasil kerja anda.

Sebagai seorang pemilik bisnis yang berwawasan entrepreneur, anda dituntut untuk menguasai mindset sebagai seorang pengusaha yang bisa memiliki sistem bisnis automasi. Tanpa mindset itu, selamanya Anda akan terkunci dibisnis anda dan akan bekerja seumur hidup bersama karyawan yang Anda gaji. Lantas bagaimana memperbaiki mindset agar benar dan jadi pebisnis berhasil? Untuk melakukan rekontruksi terhadap mindset bisnis yang sudah terlanjur menyimpang, berikut beberapa resep yang bisa membawa anda kembali ke jalur yang benar.

Pertama, Anda sebagai pemilik bisnis harus menyadari bahwa bisnis dibangun di atas kesadaran untuk membantu lebih banyak orang. Semakin banyak yang terbantu lewat bisnis anda, semakin berdaya gunalah bisnis anda.

Kedua, bisnis yang baik adalah bisnis yang bermanfaat bagi banyak orang, dan satu-satunya alasan mengapa kita membangun bisnis adalah karena bisnis itu bisa membantu banyak orang tanpa keterlibatan kita secara langsung.  Alasan yang kedua inilah mengapa penting membangun system bisnis affiliasi yang benar. Dengan sistem bisnis yang baik dan benar, bukan saja pemilik bisnis itu sendiri yang merasakan manfaatnya, customer atau masyarakat umum pun akan merasakan betapa bermanfaatnya berbisnis dengan anda.

Ada jutaan ragam atau begitu banyaknya yang bisa di buat bisnis dengan pola Online, tetapi kali ini kita khusus membicarakan Affiliate marketing. Affiliate marketing itu model bisnis affiliasi, dimana kita dengan kesepakatan tertentu terlebih dahulu mempromosikan produk milik orang lain, kemudian kita mendapatkan komisi setiap kali berhasil menjualkannya. Sering juga disebut referral marketing atau CPA marketing. Selain menjaring iklan lewat AdSense, bisnis affiliasi ini tergolong paling populer di kalangan blogger. Alasannya sederhana, karena penghasilannya (jauh) lebih tinggi dari iklan AdSense dan mereka tidak perlu pusing membuat produk. Sebagian besar orang yang mulai berbisnis affiliate marketing biasanya mengandalkan blog, jadi dalam usaha ini sangat penting untuk mempelajari bagaimana cara membuat dan mengembangkan blog. Semoga Bisa bermanfaat.

[1] Dalam penulisan buku ini saya sering menuliskan affiliate marketing dengan bisnis affiliasi atau bisnis affiliate, kenapa saya tidak menyeragamkannya saja menjadi bisnis affiliasi atau bisnis affiliate saja misalnya? Ya semata-semata untuk keleluasaan saat penulisannya saja. Hanya karena untuk menjaga moodnya saja, soal arti dan maknanya sama saja.