Menjadi Penulis Pro Dengan Memanfaatkan Logika SEO

Menjadi Penulis Pro Dengan Memanfaatkan Logika SEO

Jalan Tertutup

Oleh harmen batubara

Susahkah memakai logika SEO(Search Engine Optimi zation) itu? Sebenar nya sangat mudah, kalau anda bisa menulis dengan baik dalam tatanan sebagai penulis tradisional, maka sesungguhnya anda cukup sekedar mengetahui saja tentang apa SEO itu. Karena tulisan anda yang bagus itu akan secara otomatis disenangi oleh Google, Bing dll. Lho malah begitu? Ya sebab seorang penulis yang baik itu tahu persis apa yang dibutuhkan oleh para pembacanya. Nah si mesin pencari itu sebenarnya ingin menerjemahkan kesukaan para pembacanya itu dengan bahasa SEO. Itu saja intinya. Nah prosesnya jadi begini.

Seperti apa sebenarnya cara kerja mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dll itu? Logikanya kurang lebih begini. Ketika seseorang membutuhkan informasi dari internet, maka mereka akan mendatangi mesin pencari. Kata apa yang mereka gunakan untuk mencari informasi tersebut? Pasti sesuai keinginan mereka. Lalu nengetikkan apa informasi yang mereka cari. Hal seperti itu dilakukan oleh semua orang internet setiap saat. Maka mesin pencari ini menjadikan diri mereka sebuah perpustakaan yang sangat besar untuk menyimpan semua keinginan sang pencari Informasi. Karena itu , setiap tulisan yang di upload oleh siapa saja ke internet maka Google, Bing , Yahoo dll itu akan menyimpan informasi itu secara terstruktur secara apik sebagaimana sebuah perpustakaan dikelola. Jadi tegasnya mesin pencari itu adalah Perpustakaan raksasa, yang kalau dibuat secara fisik bangunannya bisa melebihi lapangan sepak Bola Gelora Bung Karno.

Logikanya begini. Cobalah Tanya om Google, misalnya dengan mengatikkan “melamar pekerjaan”, maka dalam hitungan detik saja anda akan disuguhi tulisan sebanyak jutaan file yang terkait informasi tsb. Nah bayangkan kalau informasi yang jutaan itu dibuat dalam bentuk buku secara fisik, pasti akan memerlukan bangunan yang sangat dan sangat besar. Jelas kan? Ya jelas sekali. Nah SEO ini, adalah ilmu untuk mengetahui kata-kata apa saja yang dilakukan oleh para pencari informasi, khususnya kalau mereka mencarinya di Google, Bing, Yahoo dll itu. Jadi kalau anda akan menulis sesuatu, maka anda harus peka dengan kata-kata yang sering dicari orang di mesin pencari itu. Itu saja ? Ya itu saja.

Apakah saya harus paham SEO? Menurut saya sangat perlu, sebabnya agar anda bisa memanfaatkan mesin pencari itu untuk kepentingan anda sendiri. Terserah apakah anda seorang penulis, seorang marketing atau apa saja. Kalau anda paham dengan SEO maka anda pasti lebih efisien kerjanya dan dapat memanfaatkan mesin pencari itu demi kepentingan anda. Memang pernyataan-pernyataan di atas seakan mewajibkan semua pemilik website mengaplikasikan SEO karena sedemikian dahsyatnya.Tapi tidak semua orang/website butuh SEO. Ini karena tidak semua website membutuhkan pengunjung dari mesin pencari. Ada jenis-jenis website yang justru tidak efektif kalau memanfaatkan SEO sebagai strategi utamanya. Begini maksudnya…Mesin pencari seperti Google menampilkan daftar website sesuai kata kunci yang dimasukkan oleh manusia si pencari informasi. Artinya, anda hanya akan mendapatkan pengunjung apabila kata kunci yang anda inginkan juga diinginkan oleh orang lain.

Coba bayangkan jenis website ini:  perbatasan; Humor atau hiburan;    Blog personal; Cerita fiksi, dll.  Sangat jarang…atau bahkan tidak ada atau sangat jarang  yang mencari konten dari website seperti itu lewat mesin pencari. Maka dari itu strategi pemasaran utama mereka bukan SEO, melainkan SOCIAL MEDIA MARKETING misalnya, facebook, google plus, instagram, pinterest, LinkedIn, StumbleUpon,Tumblr, dll atau iklan berbayar  lainnya. Karena itu perlu dipahami,  Kalau jenis website anda memang yang tidak pernah dicari lewat mesin pencari, maka anda tidak perlu menguasai SEO. Tetapi sebaliknya, Anda perlu belajar SEO dan mengaplikasikannya ke website kalau anda adalah seorang: Blogger professional; Pemilik website bisnis; Affiliate & CPA marketer; Pemilik toko online; Pengembang software berbasis web; Profesional yang memanfaatkan website untuk membangun reputasi; Profesional yang memiliki portfolio online; Penjual produk/jasa lewat internet; dan Pengusaha yang ingin melakukan pemasaran online. Alasannya juga sederhana, karena calon kustomer, pelanggan, dan pengguna mereka adalah orang-orang yang menggunakan mesin pencari. Disinilah Teknik SEO bisa sangat berperan dan menjadi faktor penentu dalam kesuksesan bisnis mereka.penulis pilihan

Kalau Mau SEO Friendly Anda Perlu Tool Keywords Search

Mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dll  setiap saat akan berusaha untuk bisa memberikan layanan terbaik bagi para “pemakainya”. Hal itu mereka tunjukkan dengan memberi urutan teratas dalam mesin pencarian mereka. Mereka ingin supaya para kastamernya senang dan puas menggunakan layanan mereka. Sebaliknya para pengguna menginginkan supaya website mereka  muncul di halaman pertama. Karena itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan pengguna. Jadi inti dari SEO adalah untuk menjadikan website anda yang terbaik untuk kata kunci yang anda inginkan. Misalnya, Anda ingin kalau seseorang mengetikkan Sepatu di mesin pencari atau kalau seseorang menanyakan om google tentang Sepatu, maka Website Sepatu andalah yang muncul duluan. Yah seperti itulah kurang lebih maknanya.

Untuk mengetahui Keywords yang trending atau yang lagi “ini” atau banyak di cari di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing Dll maka anda perlu alat atau tool yang disebut “keywords Research”, versi gratisnya anda bisa memakai Google Keywords Planner. Kalau versi berbayarnya ya seperti “Long Tail Pro”. Kenapa harus pakai alat itu? Ya alat ini memang didesain untuk bisa menyajikan Keyword apa yang lagi popular pada saat anda memakainya. Jadi anda tinggal memasukkan “keyword” yang akan anda tuliskan, maka dalam waktu singkat anda akan mendapatkan hasilnya berbagai “keywords” yang sepadan serta lagi popular dengan keyword yang anda masukkan.

Nah dengan mendapatkan kata-kata “kunci” tadi (keywords) maka anda tinggal mengolahnya, dan pastikan setiap kata kunci itu terdapat pada bagian-bagian tertentu dari tulisan anda, misalnya pada ; Judul Tulisan; pada awal tulisan; pada pertengahan dan pada ahir tulisan; juga jangan lupa untuk menarohnya pada sub Judul tulisan dan pada Meta diskripsinya termasuk adanya “alt tag” pada image atau keterangan gambar yang anda sertakan.

Apa saja yang harus saya pelajari? Kalau itu pertanyaannya maka tentu akan sangat panjang dan lebar jawabannya dan itu juga tidak akan bertahan lama. Sebab setiap saat ilmu berkembang, tradisi berubah dan semuanya berganti. Maka ilmu SEO juga seperti itu, Nggak ada habisnya. Dalam garis besarnya untuk saat ini ada beberapa komponen utama dalam SEO; komponen-komponen ini yang akan menentukan seberapa baik website anda secara SEO dimata mesin pencari. Komponen ini pulalah yang menentukan urutan rangking di hasil pencarian SEARCH ENGINE. Secara singkat, kurang lebih inilah hal hal yang perlu anda pelajari untuk menguasai SEO: Mengoptimasi halaman halaman website anda, ya itu tadi, manfaatkan kata kunci dalam tulisan anda.

Kemudian Riset kata kunci (Keyword research); Menganalisa kompetisi, artinya sengitkan persaingan kata kunci yang anda pergunakan? Kalau misalnya kompetisinya keras, maka itu berarti ada persaingan besar. Itu berarti memerlukan dukungan yang besar pula. Misalnya dengan memanfaatka iklan berbayar Dll. Karena itu, kompetisi harus dipahami.Jangan sampai anda berhadapan dengan pebisnis besar yang memang punya semua perangkan untuk mengoptimalkan “kata kuncinya”. Kalau itu yang terjadi anda pasti tersingkir. Kecuali anda juga sudah siap berkompetisi.  Ingat dalam membuat tulisan atau konten yang teroptimasi sesuai target, maksudnya ya adanya penyebaran kata kunci secara alamiah dalam tulisan anda.Membangun popularitas, link, dan reputasi; Terahir secara terus menerus melakukan audit terhadap performa SEO tulisan-tulisan Anda Dll

Jadi kalau anda adalah seorang penulis konten pro atau amatiran yang mencari keberuntungan dalam penulisan artikel, ebook terkait pemasaran, blogging, dan lain-lain di dunia Online maka anda memang perlu mengetahui dan menjadi ahli dalam hal SEO. Begitu juga kalau anda seorang penulis biasa, maka mengetahui SEO tidak ada ruginya. Malah akan memberikan anda berbagai keuntungan yang bermanfaat bagi kepenulisan anda.

Mau Jadi Penulis Profesional, Jadilah Penulis Sejati

Mau Jadi Penulis Profesional, Jadilah Penulis Sejati

Paket 3 Buku Penulis Profesional Best Seller

Oleh harmen batubara

Pernahkah terlintas dalam pikiranmu bahwa penulis terkenal, punya nama, kaya secara material dan hidup ala selebriti di berbagai dunia panggung sebenarnya hanyalah penulis biasa saja. Penulis yang siapa saja sebenarnya bisa menuliskannya. Anda pasti ingin klarifikasi? Masa Sih? Cobalah perhatikan. Berbagai  tayangan live Show  di Televisi, terserah  apa genrenya, ada banyak  penggemar dan berhasil menghasilkan “bintang” bintang  tenar, kaya raya dsb dsb. Apakah tayangan atau show itu memang bagus? Nope! Belum tentu? Memang ada yang bagus tetapi lebih banyak lagi yang biasa-biasa saja. Lalu apa intinya? Ya lihatlah industeri yang melahirkan bintang dan mega bintang nya itu. Merekalah yang punya hajat, merekalah yang punya “selera” dan merekalah yang menentukan mana bintang yang Top dan mana yangTop sekali.

Nah di sanalah bedanya. Kalau banyak anak muda yang ingin jadi penulis Idola, berkarya, dan kaya raya maka jadilah bagian dari “pentas Show” yang diusung oleh industeri penerbitan. Bukan apa-apa. Karena begitu mereka berhasil menjadikan sebuah buku “Booming”, maka perhatikanlah hanya dalam hitungan minggu akan muncul lagi buku-buku baru yang lebih hebat, yang lebih “booming” dari yang sebelaumnya. Padahal hanya dalam tenggat waktu yang demikian terbatas?  Kapan Penulisnya bisa menuliskannya? Karena mesin industeri penerbitan itu bekerja, mereka mampu mendikte selera; anda kalau tidak membaca buku terbitan mereka, pasti anda tergolong kuno. Nggak tahu jaman, nggak gaya, nggak ngarus dst dst. Hanya satu tindakan yang harus anda ambil. Membeli buku mereka, dan menyebut sang Penulisnya sebagai “penulis hebat, penulis cerdas” yang dilahirkan zaman. Kalau anda berani menyebut yang sebaliknya, maka anda pasti dibilang tidak punya akal sehat dan anda memang orang yang tidak bisa mengikuti zaman. Itulah dunia panggung. Industeri memang harus mampu membuat panggung- panggung yang melegenda. Tanpa itu rasanya sepi. Masalahnya? Apakah anda berada dalam “radar” mereka? Kalau tidak ya anda hanya akan jadi sekedar penulis professional. Memang tidak kaya sekali, tetapi anda layak hidup seperti para professional lainnya. Mungkin tulisan ini akan sedikit banyak bisa membantu anda untuk menjadi penulis professional.

Tahu Selera Pasar

Penulis Yang Tahu Selera Pasar   Tapi jangan salah persepsi, setiap segmen ( niche) mempunyai pasarnya sendiri-sendiri. Ada pasar yang ramai, tetapi hanya diminati oleh para pembaca yang menengah ke bawah. Sebaliknya ada juga segmen yang sebenarnya tidak banyak peminatnya, tetapi umumnya disukai oleh mereka yang punya daya beli. Dan banyak lagi ragamnya. Sekarang memang semua sudah ada “perangkat” atau “tool” yang bisa membantu anda. Anda bisa membaca selera pasar pada segmen yang anda suka lewat “Google” jelasnya “Google Keyword Planner” atau berbagai software yang memungkinkan anda tahu dengan benar, seperti apa sebenarnya “realitas” segmen yang akan anda kan tulis.

[related_posts limit=”3″ image=”http://www.bukuperbatasan.com/wp-content/uploads/2018/10/cover-konflikbtsa21D85-787×300.jpg”]

Begitu anda happy dengan segmen yang akan anda tulis, maka lakukanlah Riset perihal segmen yang akan anda tulis. Riset di sini adalah lewat “dektop” publishing artinya riset lewat berbagai tulisan Online terkait segmen yang akan anda tulis tersebut. Ingat kalau melakukan riset, perhatikan obyek yang anda riset; pilih juga kredibilitasnya.  Anda harus telaten saat dimana anda memanfaatkan data apa adanya dan pada saat yang mana harus memilih data dari sumber-sumber yang punya kredibilitas. Misalnya dari kalangan penerbit atau harian yang sudah punya jam terbang puluhan tahun; dari data atau publikasi kalangan universitas ternama; serta publikasi yang bisa anda yakini kredibilitasnya. Kemudian yang juga tidak kalah menariknya.  Apakah nantinya anda dalam menerbitkan buku tersebut hanya mengandalkan pada para penerbit “Mayor” yang memang hidupnya hanya dari dunia penerbitan Buku? atau anda terbitkan sendiri lewat pola “Selfpublishing” yang memadukan website pribadi, website toko Online sendiri serta memanfaatkan website mall; seperti Bukalapak com, Tokopedia com, Lazada, Alibaba, Amazon com Dll. Anda bisa memanfaatkan berbagai media website anda sendiri dengan kombinasi website pro yang memang sudah ada di pasar yang bisa anda manfaatkan secara gratis.

Disiplin dan Mampu Memotivasi Diri

Seperti kata seorang sahabat, kalau masih menulis hanya dengan mengandalkan mood, pertimbangkan ulang cita-citamu untuk jadi penulis profesional! Karena bagaimanapun tak bisa hanya mengandalkan mood. Penulis yang profesional memperlakukan aktivitas menulisnya sebagai sebuah pekerjaan yang tetap harus dilakukan setiap hari, tanpa peduli mood dan situasi hati. Tak peduli habis patah hati, gagal ujian, atau baru saja bertengkar dengan pacar, atau isteri dan tak ada alasan untuk tidak menulis. Ada banyak hal yang orang lupa kalau melihat dunia seorang penulis. Ibarat rutinas seorang prajurit professional, menulis juga harus punya jadwal-jadwal yang sudah tersusun dan telah dipraktekkan dengan baik. Seorang prajurit kegiatannya dikerangkakan oleh waktu dan waktu. Jam 06.45 dia sudah harus apel pagi ( apel nya memang jam 07.00 tapi dia sudah harus di posisi apel 15 menit sebelumnya, itu berarti sudah harus bangun jam 04.30). Kegiatan Apel pagi diikuti dengan rutinitas senam pagi, dan nanti baru selesai jam 08.00 Kegiatan berikutnya sesuai dengan tugasnya masing-masing sampai Isoma ( istirahat Sholat makan siang) pada Jam 13.30. Kegiatan berikutnya sampai Jam 15.00. Diikuti Apel Siang.Jam 16.00-17.30 kegiatan ekstra;  Jam 21.00-21.30 Apel malam dst dst.

Dalam kerangka waktu yang seperti itulah mereka membina kesegaran atau kesemaptaan tubuh, ketrampilan bela diri, kemampuan profesionalnya dst dst. Kehidupan seperti itu sudah jadi suatu ritme. Dalam garis besarnya mereka mempunyai waktu –waktu yang bervariasi sesuai satuannya masing-masing. Yakni waktu untuk penugsan di lapangan; waktu untuk pendidikan ; dan waktu penugasan di satuan. Kalau di lapangan biasanya mulai dari 3 bulan-satu tahun penugsan; pendidikan biasanya tergantung jenis dan tingkatannya dengan durasi satu bulan-satu tahun. Dengan cara itulah mereka menempa diri hingga akhirnya jadi prajurit professional. Polanya bisa jadi tidak sama persis, tetapi seperti itulah garis besarnya. Saya tahu itu, karena saya ada di lingkungan itu selama 30 tahun.

Begitupulalah seorang penulis, dia harus mempu membuat kerangka kerjanya, kerangka cara dia meningkatkan kemampuan profesi kepenulisannya sendiri, dan juga menjaga kebugaran tubuhnya. Bisa dibayangkan kalau model penulis yang dalam satu hari bisa duduk di depan Laptop 6-7 jam disamping seruputan minum kopi. Kalau dia tidak menyediakan waktunya untuk melatih kebugaran tubuh minimal satu jam per hari. Maka percayalah dia akan tidak pernah sampai di sana (jadi penulis professional). Hanya dalam tubuh yang sehatlah maka akan muncul kemampuan menulis yang baik dan professional. Bahwa penulis itu selama ini dipersepsikan seperti kehidupan seniman, yang bekerja hanya kalau lagi mud, penuh sensasi dan berbagai atribut kesenimanan lainnya. Percayalah itu semua hanya sebuah persepsi yang keliru. Penulis professional itu justeru hidupnya penuh disiplin, bahkan melebihi disiplinnya seorang prajurit. Kenapa? Karena dia harus mampu mengatur jadwalnya sendiri. Mengatur strategi bagaimana ia mendapatkan penghasilan; bagaimana ia meningkatkan kemampuan profesionalnya dan menjaga stamina tubuhnya sendiri dan membina keluarganya. ( Berambung  Mau Baca Klik Di Sini )

 

Magic Reseller Kits, Membantu Anda Membuat Website Reseller Membership

Magic Reseller Kits, Membantu Anda Membuat Website Reseller Membership

Magic Reseller Kits, Membantu Anda Membuat Website Reseller Membership

Memang memiliki situs dengan pola Reseller Membership ini jelas sangat menguntungkan, terutama yang memiliki sistem pembayaran berkelanjutan terserah apakah itu system bulanan, 3 bulanan atau tahunan. Biasanya disamping biaya bulanan juga mereka menyediakan program afiliasi, maka akan menjadi keuntungan lebih untuk kita sebagai afiliasinya. Karena sekali ada member yang bergabung dibawah referral kita maka selamanya akan menjadi referal kita. Dengan kata lain, jika referral kita terus melanjutkan keanggotaannya atau membeli produk lainnya, maka komisi akan tetap menjadi milik kita. Persoalannya, untuk membuat website Membership memang tidak mudah. Meski juga bukan tidak bisa. Hanya caranya yang rumit dan bertele-tele. Tapi itu dahulu. Kini sudah ada Theme yang bisa membuat anda dengan mudah membuat website Membership.

Bisnis Reseller Membership adalah bisnis leverage. Apa pula leverage atau Daya Ungkit itu?

Misalnya. Jika dalam bisnis Anda mampu melakukan 30 penjualan setiap bulan dengan keuntungan 5 Juta; tentu dalam pikiran Anda adalah bagaimana caranya agar pendapatan ini bisa terus dipertahankan dan malah kalau bisa ditingkatkan.  Nah anda tengah memikirkan agar bisnis anda bisa memiliki Leverage.

Mau Lihat Cara Kerjanya?

Bagaimana kalau anda membangun Leverage anda? Yakni mendidik atau mengangkat 20 orang yang berminat dengan produk anda dan sekaligus dengan senang hati menjualkan produk Anda ke teman-teman atau kastomernya. Mereka akan mau karena Anda memang memberikan mereka komisi. Misalnya komisi 50 persen dari harga produk. Bayangkan, kalau masing-masing mereka mampu menjualkan 30 produk dalam sebulan; itu berarti anda mendapatkan penghasilan 20 X Rp2.5 Juta (komisi 50%) =Rp 50 juta. Padahal kalau yang jualan hanya anda sendiri penghasilannya hanya 5 juta. Tetapi dengan system Leverage hasilnya jadi Rp 50 juta atau katakanlah minimnya bisa diantara Rp25-50 Juta. Wah lumayan kan? Itulah yang disebut dengan Leverage. Di dunia Online Hal itu bisa anda lakukan lewat membangun Website Reseller Membership atau Bisnis Keanggotaan dan sekaligus Bisnis Reseller. Daya Ungkit itu bisa Anda dapatkan lewat Website Reseller Membership.

Tapi ada tapinya. Ternyata dan Faktanya selama ini, untuk Membuat Website Reseller Membership itu Tidak mudah. Anda Harus Siapkan Budget Yang Tidak Sedikit Untuk membuat website Reseller. Anda bisa membeli plugin yang digunakan untuk website wordpress tetapi biasanya plugin seperti ini di batasi dengan lisensi terbatas dan belum lagi penggunaanya yang tidak mudah Selain itu ada banyak ADD ON lainnya yang harus di tambahkan agar lebih optimal dan itu semua butuh biaya lagi Cara lainnya, anda bisa sewa programmer web untuk membuat website Reseller Membership Anda sendiri dan ini akan membutuhkan biaya paling tidak sekitar 15 juta  Karena itulah MAGIC RESELLER KITS dibuat, yakni untuk membuat website Reseller Memberships dengan mudah dan cepat.

Jika anda seorang pebisnis yang jeli melihat peluang maka, hal seperti ini pasti anda manfaatkan dengan maksimal. Mudah Digunakan Bisa untuk apa saja. Untuk Bisnis Internet, Internet Marketing, Cari Uang, rahasia bisnis, bisnis online, peluang usaha, bisnis, bisnis rumahan, bisnis sampingan,

peluang bisnis, kerja online, usaha, peluang bisnis, internet marketing. Dengan di lengkapi tutorial Video HD penggunannya jadi mudah sekalipun untuk yang gaptek untuk memulai bisnis online dengan website Reseller Membership dengan keunggulan sebagai berikut :

Unlimited Custom   internet marketing, Bisnis Internet, Internet Marketing, Cari Uang, rahasia bisnis, bisnis online, peluang usaha, bisnis, bisnis rumahan, bisnis sampingan, peluang bisnis, kerja online, usaha, peluang bisnis Anda bisa custom sesuai dengan kebutuhan website bisnis anda yang meliputi mulai dari background website Juga header dan tentunya konten untuk sales letter website anda

Fitur Terbaik  internet marketing, Bisnis Internet, Internet Marketing, Cari Uang, rahasia bisnis, bisnis online, peluang usaha, bisnis, bisnis rumahan, bisnis sampingan, peluang bisnis, kerja online, usaha, peluang bisnis. Dengan beberapa fitur terbaik yang akan sangat membantu bisnis anda menggunakan magic reseller kits ini

Unlimited Domain  Bisnis Internet, Internet Marketing, Cari Uang, rahasia bisnis, bisnis online, peluang usaha, bisnis, bisnis rumahan, bisnis sampingan, peluang bisnis, kerja online, usaha, peluang bisnis Anda bisa gunakan dengan cukup 1 kali investasi ini untuk banyak domain website Anda yang artinya Anda bisa membangun bisnis reseller Anda sebanyak mungkin

Tampilan Professional  Bisnis Internet, Internet Marketing, Cari Uang, rahasia bisnis, bisnis online, peluang usaha, bisnis, bisnis rumahan, bisnis sampingan, peluang bisnis, kerja online, usaha, peluang bisnis Dengan tampilan yang dinamis dan eye catching Juga mempermudah customer yang baru di dunia online untuk langsung memahami proses penjualan yang ada di website anda

Support Terbaik  internet marketing Dapatkan support terbaik dari kami selama anda menggunakan magic reseller kits ini baik itu saat instalasi ataupun yang lainnya Kontrol Penuh internet marketing Dengan magic reseller kits ini Anda miliki kontrol penuh terhadap bisnis Anda mulai dari kontrol Reseller hingga income anda

Keamanan Product  internet marketing Keamanan product digital Anda saat menggunakan magic reseller kits ini dimana Anda bisa memberikan proteksi link download

Unlimited Reseller  internet marketing Dengan magic reseller kits ini Anda bisa membangun sebanyak mungkin atau unlimited Reseller untuk memperbesar leverage bisnis Anda dan ini sangat menguntungkan

Tidak Hanya Itu Anda juga Akan mendapatkan PLR Premium. PLR ini berguna dan bisa lansung anda manfaatkan ketika Anda mulai untuk membuat Produk Digital Apa? Maka Anda tidak perlu Khawatir. Mereka sudah menyediakan satu paket dengan Magic Reseller Kits ini.

Dengan Magic Reseller Kit ini Anda akan dapat membuat Website Reseller Membership Anda Sendiri Kurang Dari 20 Menit Lengkap Dengan Fitur Terbaik Dan anda bisa membangun Laverage Bisnis Anda sendiri. Ingat Membuat Website Reseller Membership Dengan 3 Langkah Mudah dan praktis.

Mau Lihat Info Lainnya Tentang Magic Reseller Kits ?  Klik Disini 

Kalau Beli Silahkan Disini

 

Cara buat Iklan di Google Adwords

Cara buat Iklan di Google Adwords

Sebelum Anda membuat iklan pertama, ada beberapa pemahaman mendasar yang perlu Anda ketahui. Pertama, ada tiga tujuan utama orang melakukan pemasaran lewat iklan, yaitu:

  • Brand awareness – membuat orang sadar, bahwa Produk Anda itu ada
  • Buying customer – mendatangkan prospek yang nantinya diharapkan berubah menjadi pelanggan.
  • Edukasi – membuat orang mengenal sebuah produk dan mengerti kenapa mereka perlu membelinya.

Pada dasarnya pemasaran adalah sebuah cara untuk “membeli pelanggan”. Istilah kerennya adalah akuisisi pelanggan / customer acquisition. Setelah Anda mengeluarkan sejumlah uang untuk pemasaran, Anda berharap ada yang menaggapi usaha marketing Anda dan mau bertransaksi atau berbisnis dengan Anda. Tentu setiap pengusaha menginginkan dari upaya pemasarannya, setiap sen uang yang telah dikeluarkan akan kembali lagi dan menghasilkan profit. Atau kata para marketer, ada ROI-nya (Return of Investment).

Bagaimana cara melakukan pemasaran? Salah satunya adalah dengan memasangiklan di internet tepatnya di Google Adwords

Bagaimana cara beriklan di Google Ardwords?

Google Adwords bisa menjadi sebuah alternative pilihan yang menarik. Google Adwords adalah sebuah layanan pemasangan iklan dari Google. Perusahaan ini telah mendesain layanannya sedemikian rupa sehingga Adwords bisa diatur dan dikelola langsung oleh para penggunanya secara online. Dengan demikian Anda bisa melakukannya langsung dari depan layar computer Anda sendiri.

Apabila Anda memiliki modal yang agak besar, Anda bisa membayar perusahaan yang menawarkan jasa pengelolaan iklan Adwords Anda.Misalnya seperti PromoNavigator. Dimanakah iklan Anda akan di tayangkan?      Iklan yang Anda buat nantinya bisa tampil di:

  • Situs-situs pencari Google, misalnya mesin pencari Google, Google shopping, peta Google, pencari gambar Google dan grup.
  • Situs pencari lain yang merupakan bagian dari jaringan pencari yang berpartner dengan Google misalnya AOL.
  • Pencari di perangkat mobile.
  • Di Google Display Network, yaitu situs-situs yang dijelajahi oleh calon pembeli (misalnya, blog dapur-uang.com) dan juga situs Google, seperti Gmail, Blogger dan Youtube.

Kelebihan Google Adwords

Iklan yang kita pasang tertarget. Artinya iklan Anda akan ditampilkan ke orang-orang yang memiliki relevansi atau keterkaitan dengan isi iklan yang ditayangkan. Sebab setiap iklan memiliki kata-kata kunci atau keywords tertentuDan kata kunci inilah yang akan disesuaikan dengan pencarian orang-orang yang sedang melakukan browsing dan menjelajahi dunia maya.

Secara lebih spesifik, Anda juga bisa menarget berdasarkan lokasi, misalnya Anda hanya orang yang di jakarta saja yang bisa melihat iklan Anda. Tujuannya agar anggaran iklan Anda tidak sia-sia terbuang kepada orang yang tidak ada kaitannya dengan profil pelanggan Anda.

Kelebihan lainnya, yaitu bahkan dengan uang Rp.450.000  Anda sudah bisa beriklan dan bahkan bisa gratis. Walaupun dan tentu saja dengan dana segitu apakah sudah cukup untuk mengiklankan usaha Anda tentu itu lain cerita.

Biaya Iklan Adwords

Pada dasarnya para pemasang iklan Adwords akan saling berkompetisi untuk kata kunci yang paling sering digunakan. Setiap kali orang mencari sebuah kata, frase atau kalimat di mesin pencari Google, maka Google akan menjalankan sebuah lelang/ bidding (secara otomatis) yang akan menentukan iklan siapa yang muncul dan di posisi mana.

Tentu orang ingin iklannya lebih sering muncul dan berada di posisi paling strategis, yaitu di paling atas. Nah, pemasang iklan yang berani membayar lebih tinggi untuk suatu kata kunci tertentulah akan mendapatkan keuntungan tersebut.

Ada 3 macam strategi lelang, tergantung dari fokus pemasaran Anda, yaitu:

Jika fokusnya adalah mendapatkan traffic ke situs/ tokol Anda, maka Anda memilih strategi bidding berdasarkan klik pada iklan Anda, atau dikenal dengan CPC bid. CPC singkatan dari Cost Per Click.

Biaya yang akan dikenakan adalah berdasarkan jumlah klik pada iklan Anda dikalikan dengan biaya CPC atau biaya per klik yang telah Anda tentukan maksimalnya. Biaya CPC-nya bisa saja lebih murah dari maksimal bid yang telah ditentukan tergantung dari berbagai faktor.

Jika fokus Anda adalah awareness atau sekedar memberitahu bahwa Anda itu ada loh. Maka strategi bidding-nya adalah berdasarkan Cost Per Mile atau dikenal dengan isitlah CPM bid. Per Mile artinya per seribu,jadi setiap 1000 kali tayang, maka Anda dikenakan biaya. Di dalam strategi bidding ini, tidak peduli dengan berapa jumlah klik yang Anda peroleh. Jadi kalau dalam 1000x tayang bisa mendapatkan 100 klik atau 200 klik biayanya tidak beda.

Jika fokus Anda adalah konversi, maka strategi biddingnya adalah Cost Per Acquisition atau CPA bid. Disini Anda tetap membayar berdasarkan setiap klik pada iklan Anda. Bedanya Google akan membantu mengoptimalkan setiap klik sehingga memenuhi target konversi Anda.

Konversi yang dimaksud disini bisa berarti, pembelian sebuah produk, jumlah orang yang berlangganan dengan memberikan email mereka, dll.

Pembayaran

Cara pembayarannya sebenarnya cukup mudah. Anda harus mendeposit sejumlah uang terlebih dahulu dengan menggunakan kartu kredit. Hal ini memang agak menyulitkan bagi mereka yang tidak memiliki kartu kredit.

Buat Iklan Adwords Pertama Anda: Langkah Pertama, Buat Akun

Akun Gmail atau email Google Anda tidak bisa digunakan untuk Adwords. Anda memerlukan sebuah akun khusus untuk memasang iklan, disamping email anda yang sudah ada.

Tahap ke satu Pergilah ke http://adwords.google.com nanti Anda akan di-redirect ke suatu halaman seperti di bawah ini.

Tahap 2 Klik tombol: START NOW

Tahap 3 Isi email Anda, kemudian klik tombol: Save and Continue.

Tahap 4 Isi fomulir seperti di bawah ini dengan lengkap untuk membuat akun Anda . Lalu klik tombol: Next step

 

 Tahap 4 Isi fomulir seperti di bawah ini dengan lengkap untuk membuat akun Anda . Lalu klik tombol: Next step

Tahap 5 Sebuah email verifikasi akan dikirimkan ke email Anda, silahkan cek.

Tahap 6 Kliklah tautan yang ada di dalam email itu untuk memverifikasi email Anda.

Tahap 7 Nanti Anda akan dibawa ke sebuah halaman situs yang menyatakan, bahwa email Anda telah diverifikasi. Selanjutnya kliklah tautan: Click here to continue.

Tahap 8 Selamat Anda telah selesai membuat akun Google Adwords. Klik tombol: Take me to my account, jika Anda ingin langsung segera membuat iklan.

Langkah 2 Konfigurasi Pembayaran

Untuk Indonesia sekarang selain pembayaran menggunakan kartu kredit berlogo Visa dan Mastercard, Anda sudah bisa membayar menggunakan transfer bank. Hanya saja diperlukan waktu 5-10 hari hingga dana tercatat di akun.Alternatif lainnya adalah pinjam kartu kredit orang lain, atau menggunakan jasa perusahaan yang menawarkan pengelolaan iklan adwords, seperti PROMO NAVIGATOR 

Cara mengatur pembayaran di Adwords: Tahap Pertama  

Klik gambar: ikon gir di pojok kanan atas. Lalu klik pilihan: Billing

Tahap 2. Pilih lokasi untuk alamat penagihan Anda. Lalu klik tombol: Continue.

Tahap 3. Isi alamat penagihan Anda

Tahap 4. Pilih cara pembayaran Anda, otomatis atau manual. Untuk tutorial ini kita pilih: manual payments. Dengan kata lain Anda deposit uang dulu. Lalu setiap biaya dipotong dari uang yang telah dibayarkan.

Tahap 5. Centang kotak: Yes, I agree to the terms and conditions above. Lalu klik tombol: Submit and activate my account.

Tahap 6. Klik tombol: Make a payment

Tahap 7. Isilah form mengenai kartu kredit Anda, lalu isikan jumlah yang ingin Anda bayarkan, jika sudah klik tombol: Review Payment.

Tahap 8. Jika pengisian form kartu kredit Anda sudah benar dan Google telah berhasil melakukan pengujian penarikan dana dari kartu kredit Anda, Anda akan dibawa masuk ke halaman konfirmasi.

Catatan mengenai pembayaran otomatis / pascabayar  Untuk pembayaran otomatis atau pascabayar Anda akan ditagih setelah iklan berjalan. Waktu penagihan adalah bila telah lewat 30 hari atau biaya telah mencapai jumlah yang telah ditetapkan. Setelah Anda menetapkan menggunakan pembayaran otomatis maka Anda tidak dapat merubahnya. Cara ini lebih sesuai untuk Anda yang tidak memiliki waktu terlalu banyak untuk selalu mengontrol akun Adwords Anda.

Langkah Ketiga Buat Iklan Teks Pertama   Pemahaman dasar  Adwords pada dasarnya memiliki struktur pembuatan iklan sebagai berikut:

Keterangan :

  1. Campaign = Kampanye
  2. Ad Groups = Grup Iklan
  3. Ads = Iklan
  4. Keywords = kata kunci

Tujuan dari struktur ini adalah untuk mengelompokkan produk atau jasa Anda ke dalam campaign dan ad groups, serta menghubungkannya dengan kata-kata kunci. Dengan demikian kualitas dan tingkat kesuksesan iklan Anda akan meningkat. Iklan dengan skor kualitas yang tinggi dapat menekan biaya per klik atau CPC (Cost per Click). Jadi semakin jeli anda memilih kata kunci, maka semakin murah biaya iklan anda. Untuk setiap level struktur, Anda akan memberikan sebuah nama. Pemberian namanya tergantung dari cara pengelompokan Anda. Lebih jelasnya akan diterangkan lebih lanjut di bawah.

Saat Anda membuat iklan, disarankan agar Anda melakukan urutan kerja sebagai berikut:

Pikirkan tentang 1. campaign > 2. Ad Groups > 3. Keywords > 4. Ads

Campaign  Cara pembuatan struktur yang sederhana adalah seperti pengelompokkan barang di departemen store. Sebagai contoh tokol Anda menjual baju dan sepatu. Anda dapat memberikan nama campaign-nya:

  1. Baju
  2. Sepatu

Namun demikian untuk kebutuhan lain Anda juga bisa membaginya berdasarkan promosi, seperti:

  1. Promosi Hari Kartini
  2. Promosi Natal dan Tahun Baru

Ad groups   Misalnya kita gunakan campaign: baju. Untuk Ad groups-nya Anda bisa membaginya berdasarkan kategori baju, misalnya:

  1. Dress
  2. Cardigan
  3. Blouse

Keywords   Setiap ad groups akan memiliki sekelompok keywords. Idealnya Anda memikirkan 20-40 kata atau frase yang kira-kira akan digunakan oleh calon pembeli saat melakukan pencarian di Google. Misalnya Anda hendak membuat kata kunci untuk ad groupsdress. Orang yang ingin membeli dress mungkin akan menggunakan kata-kata sebagai berikut:

  • dress murah
  • jual dress cantik
  • jual long dress
  • little black dress
  • long dress
  • dress buat pesta
  • dst…

Fungsi keywords ini adalah agar nanti Google dapat mencocokkannya dengan pencarian orang di mesin pencari Google saat Google hendak menampilkan iklan Anda. Ada sebuah tips yang sangat penting pada saat penetapan keywords, saya sebut dengan gaya pencocokan (match). Mengetahui dan menerapkan hal ini pada keywords dapat mencegah pemborosan anggaran pemasaran Anda.

Gaya Pencocokan  4 macam gaya pencocokan dengan cara penulisan keywordsnya, yaitu:

  1. Broad match-Cara penulisan: dress murah
  2. Phrase match-Cara penulisan: “dress murah”
  3. Exact match-Cara penulisan: [dress murah]
  4. Broad match modifier-Cara penulisan: +dress +murah

Secara lebih jelas akan saya bahas di bawah ini.

  1. Broad Match Pada gaya ini, apapun yang diketikkan orang di mesin pencari Google, asal di dalam pencariannya terdapat kata-kata yang sama dengan kata kunci yang telah Anda tetapkan, meskipun susunan urutan katanya berbeda atau terpisah, maka iklan Anda akan ditampilkan. Kita ambil contoh kata kunci: dress murah. Bila ada yang mengetikkan di mesin pencari Google: majalah murah tentang dress India, maka iklan Anda muncul. Masalah yang sering terjadi dari penggunaan gaya ini, meski jangkauannya luas tapi tingkat relevansinya dalam kaitannya menemukan calon pelanggan yang ingin mengeluarkan uang untuk belanja bisa menjadi kecil. Karena prospek yang mampir di tokol atau situs Anda lebih tidak kualifait. Meskipun demikian, jika tujuan Anda adalah untuk menciptakan brand awareness, maka cara ini sangat baik untuk digunakan. Selain itu pada laporan Anda dapat melihat daftar pencarian yang dilakukan oleh orang yang menyebabkan iklan Anda dimunculkan, sehingga dari sana Anda bisa menemukan ide baru untuk kata-kata kunci baru.
  1. Phrase Match Gaya pencocokan ini akan lebih mengecilkan kemungkinan iklan Anda ditampilkan ke orang-orang yang tidak relevan. Karena hanya pencarian yang di dalamnya terdapat kata kunci Anda dengan urutan yang sama persis, barulah iklan Anda ditampilkan. Sebagai contoh, untuk kata kunci: dress murah, iklan Anda akan muncul bila ada yang mencari di mesin pencari Google: jual dress murah ; dress murah singapore ; dan desainer dress murah   Iklan tidak akan tampil bila susunannya berbeda, misalnya: jual murah dress

Negative Keywords. Sebagai tambahan dari contoh kasus di atas Anda dapat semakin meningkatkan efektifitas iklan Anda dengan menyembunyikan iklan dari pencarian yang tidak relevan, seperti: dress murah singaporeKemungkinan besar pencarian ini tidak ada kaitannya dengan bisnis Anda. Nah untuk pengoptimalannya Anda dapat menetapkan negative keywords. Bila Anda tetapkan kata desainer sebagai negative keywords, maka meskipun di dalam pencarian orang mengandung keywords yang telah Anda tetapkan, tetapi karena ada kata desainer di dalamnya, maka iklan Anda tidak akan munculkan.

Ada beberapa cara untuk menentukan negative keywords: Anda bisa coba-coba di mesin pencari Google misalnya Anda ketikkan: dress murah s. Autocomplete Google dapat memberikan petunjuk kata apa selanjutnya yang tidak relevan dengan iklan Anda. Cara yang kedua adalah setelah iklan Anda berjalan, Anda bisa melihat laporan daftar pencarian kata yang telah digunakan orang yang menyebabkan iklan Anda dimunculkan. Dari situ akan terlihat Anda dapat menganalisa pencarian apa yang tidak relevan dan Anda bisa menambahkannya di daftar negative keywords Anda untuk ad groups yang bersangkutan.

  1. Exact Match Gaya pencocokan yang satu ini hanya menampilkan iklan Anda, bila orang mencari menggunakan kata-kata yang sama persis dengan kata kunci Anda, tanpa tambahan kata-kata apa pun di belakang, atau di depan. Sebagai contoh kata kunci: [dress murah], iklan hanya ditampilkan bila orang mengetikkan kata: dress murah, dan tidak akan muncul bila orang mencari menggunakan kata: jual dress murahdress sangat murahdress murah online.
  1. Broad Match Modifier Gaya pencocokan ini sama dengan broad match, bedanya bila di dalam pencarian ada yang salah eja, menggunakan singkatan, singular dan plural, kemudian awalan, akhiran, bila ada kaitannya dengan kata kunci Anda, maka iklan Anda akan ditampilkan.

Ads/ Iklan Format iklan ada 4, yaitu:

  1. text ad: iklan berupa teks
  2. image ad: iklan berupa gambar
  3. rich media ad: iklan yang beranimasi atau interaktif
  4. video ad: iklan berupa video.

Iklan yang paling umum dan mudah dibuat adalah format iklan teks. Contoh:

Untuk setiap ad group Anda bisa membuat beberapa iklan. Gunanya untuk melihat iklan mana yang bekerja paling baik. Terkadang perbedaan kata-kata dapat membuat iklan bekerja semakin baik atau sebaliknya. Itulah juga alasannya mengapa ad group dipisah berdasarkan setiap kategori barang. Sehingga di dalam sebuah ad group bisa dibuat beberapa variasi iklan yang berbeda untuk barang yang sama, dan untuk kata-kata kunci yang sama. Pastikanlah di dalam membuat iklan, kata kunci yang Anda gunakan terdapat di dalam iklan Anda.

Mari mulai membuat iklan

Ok, disini kita akan beranggapan Anda memiliki sebuah tokol fashion yang menjual baju, dan Anda memiliki 2 kategori barang, yaitu: dress dan blouse. Anda ingin menggunakan adwords untuk pemasaran, dan hendak membuat sebuah iklan teks standar untuk ditampilkan di network search only dengan target calon pembeli adalah mereka yang tinggal Indonesia.

Pembuatan campaign

Tahap 1. Jika Anda baru selesai membuat akun, Anda akan melihat bagian halaman seperti ini. Klik tombol: Create your first campaign.

Apablia Anda mulai dari dashboard Adwords Anda bisa klik tombol: Campaign

Kemudian pilih di jaringan mana Anda ingin iklan Anda tampil.

Keterangan:

  1. Search Network only: iklan tampil di mesin pencari Google, Google shopping, peta Google, pencari gambar Google dan grup.
  2. Display Network: di situs-situs yang yang menampilkan Google Adsense, Gmail, Blogger dan Youtube.
  3. Search Network with Display Select: Gabungan dari Search Network danDisplay Network.
  4. Shopping: diGoogle Merchant (www.google.com/shopping)
  5. Online video: diYoutube – Tampil saat orang hendak menonton sebuah video, di daftar video sebelah kanan saat sebuah video sedang dijalankan, di posisi atas dalam hasil pencarian video.

Tahap 2. Silahkan isi campaign name-nya, baju. Lalu pilih Type : Search Network Only Pilih tombol radio: Standard

Tahap 3. Pada bagian Networks Anda bisa memilih apakah Anda ingin menampilkan iklan Anda di partner pencarian Google (include search partners) atau tidak. Siapa saja yang menjadi partner tidak diketahui secara pasti, tapi yang dengan jelas dipublikasikan adalah AOL.

Tahap 4. Pada bagian Locations Anda dapat menargetkan iklan Anda agar muncul berdasarkan lokasi geografis. Dengan demikian iklan Anda tampil di depan orang-orang yang berada di lokasi tertentu saja. Hal ini berguna jika usaha Anda hanya melayani dalam batasan wilayah tertentu. Bahkan pencarian bisa dibuat lebih spesifik lagi, misalnya pelayanan hanya dalam suatu radius tertentu saja. Untuk tutorial kali ini, kita akan memlih Indonesia.

Tahap 5. Pada bagian languages, Anda menentukan kemunculan iklan berdasarkan bahasa. Google akan menentukannya berdasarkan:

  1. preferensi bahasa di akun yang digunakan oleh pengguna
  2. permintaan pencarian.
  3. halaman yang sedang dilihat saat ini.

Untuk Indonesia sebaiknya menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia. Karena kedua bahasa ini umumnya digunakan oleh orang Indonesia. Apabila Anda ingin memilih bahasa lain, silahkan klik tautan: edit.

Tahap 6. Pengaturanbid strategy. Pada bagian ini Anda akan menentukan total anggaran per hari dan berapa nilai default bid (penawaran) maximum yang Anda izinkan untuk ad groups Anda. Default bid menentukan batas maksimum biaya CPC.

Ada dua cara pengaturan bid: Otomatis, Google yang akan mengatur bid untuk mengoptimalkan iklan Anda, menurut algoritma Google; Manual, Anda yang menentukan dan mengatur sendiri jumlahnya. Sekedar sekilas info biaya iklan Google Adwords per klik ditentukan berdasarkan semacam lelang. Mereka yang memasukkan batas bid yang lebih tinggi, memiliki kesempatan iklan mereka lebih sering tampil dan berada di posisi strategis. Akan tetapi tentu Anda ingin memperhitungkan keuntungan yang Anda peroleh dengan pengeluaran biaya marketing.

Tahap 7. Ad extensions merupakan fitur tambahan pada iklan Anda, bebas biaya, bertujuan untuk memberikan tambahan informasi yang berguna untuk calon pelanggan, seperti alamat dan nomor telpon. Salah satu kegunaannya, misalnya jika Anda mencantumkan alamat, kebetulan ada calon prospek yang melihat iklan Anda dan berpendapat, bahwa lokasi bisnis Anda ternyat dekat dengan mereka, mungkin itu bisa membuat mereka memilih Anda daripada kompetitor. Ini adalah opsional apakah Anda ingin menggunakannya atau tidak. Jika sudah selesai, silahkan klik tombol: save and continue. 

Ad Groups Halaman selanjutnya adalah pembuatan ad group. Pada halaman ini selain memberikan nama untuk ad group, Anda juga akan mengisi keywords, dan mulai membuat iklannya. Isi ad group name: Dress.

Keywords Silahkan tentukan keywords Anda. Sesuai dengan petunjuk yang sudah saya terangkan di pemahaman dasar di atas. Contoh-nya bisa sepeti di bawah ini.

Ads  Disinilah pembuatan iklan yang nantinya akan dilihat orang. Sebuah iklan terdiri dari beberapa bagian yaitu:

  1. Headline, bagian yang digunakan untuk menarik perhatian orang.
  2. Description line 1&2, bagian untuk membangkitkan rasa ketertarikan orang.
  3. Display URL hanya untuk memberikan keterangan kepada pengguna, kemana mereka akan dibawa jika mengklik iklannya.
  4. Destination URL adalah url yang sesungguhnya.

Pada sisi kanan, Anda bisa melihat pratinjau iklannya. Bisa Anda lihat disana ada dua macam:

  1. Side Ad adalah pratinjau bila iklan tampil di sisi samping dari mesin pencari.
  2. Top ad adalah pratinjau yang terlihat memanjang bila iklan tampil di sisi atas dari mesin pencari.

Jika sudah, klik tombol: Save ad group.  Nah, sekarang Anda tinggal menunggu iklan Anda ditinjau pada hari kerja. Perhatikan tidak semua produk atau jasa bisa diiklankan di Google Adwords, oleh karena itu perhatikanlah kebijakan dari Google Adwords.

Langkah 4 Memahami Istilah-Istilah di Tabel Adwords

Setelah Anda membuat iklan adwords pertama Anda dan iklan tersebut berjalan, tentu Anda ingin bisa memahami dan membaca hasil kinerjanya. Disini saya akan membantu memberikan penjelasan mengenai beberapa istilah-istilah yang ada pada tabel Adwords.

Berbagai Istilah di Tabel Adwords

NO Istilah Penjelasan
1 Max. CPC Biaya per Klik Maksimum yang akan Anda tanggung bila seseorang mengklik iklan Anda. Anda menentukan ini saat memasukan bid di dalam ad groups.

Biaya CPC yang sesungguhnya bisa lebih rendah dari Max. CPC tergantung dari berbagai hal yang akan dijelaskan di bawah.

2 Clicks Jumlah klik yang telah Anda dapatkan.
3 Impr. Impression yang menunjukkan sudah berapa kali iklan Anda ditampilkan.
4 CTR Click Through Rate menunjukkan persentase keberhasilan iklan diklik.

Cara perhitungan: CTR = Clicks / Impr. x 100%.
Contoh:
Kata kunci mendapatkan 5x klik, berarti Clicks = 5;
Iklan ditampilkan 100x, berarti Impr.=100;
maka CTR = 5 / 100 x 100% = 5%

5 Avg. CPC Average Cost Per Click adalah keseluruhan rata-rata Biaya per Klik.

Cara perhitungan: Avg. CPC = Cost / Clicks.
Contoh:
Cost = Rp.1000.000,-;
Clicks = 1000;
maka Avg. CPC = Rp.1000,-

6 Cost Total Biaya per Klik + Total Biaya per Mil.
atau dengan kata lain:
Cost = Total CPC + Total CPMBiaya per Mil adalah biaya iklan per 1000x tampil.
7 Avg. Pos Menunjukkan ranking iklan/ ad rank Anda dibandingkan dengan iklan orang lain. Semakin tinggi ad rank Anda (ranking 1) , semakin baik posisi penempatan iklan Anda.
8 Label Digunakan untuk mengelompokkan kata kunci.

Penjelasan lebih detil

Ad rangking / ranking iklan (Avg. Pos.) Inilah beberapa alasan mengapa Anda akan menginginkan ad rangking yang tinggi:

  1. CPC Anda akan menjadi yang lebih rendah (Google menghargai iklan yang baik).
  2. Penempatan posisi iklan yang lebih baik (di halaman pertama dan di atas)
  3. Iklan lebih sering tampil.

Lalu apakah yang menentukan ranking sebuah iklan?

  1. Besaran bid, yaitu besaran rupiah yang Anda rela bayarkan untuk sebuah kata kunci.
  2. Quality Score, ditentukan berdasarkan relevansi antara iklan, kata kunci, dengan landing page.
    Landing page adalah halaman yang akan dilihat oleh pengguna saat mereka mengklik iklan Anda.

Sebuah bid yang besar dapat dikalahkan oleh bid yang lebih kecil, bila quality scorenya lebih rendah. Setiap kata kunci memiliki quality score. Pada mula-mula di tabel belum ada kolom quality score. Untuk menambahkannya silahkan ikuti gambar berikut ini:

Cara perhitungan Quality Score

Quality Score dihitung setiap kali orang yang melakukan pencarian yang memicu munculnya iklan Anda. Faktor-faktor ini adalah penentu Quality Score Anda:

  1. Sejarah frekuensi klik pada kata kunci di iklan Anda.
  2. Sejarah frekuensi klik dengan display URL yang Anda gunakan.
  3. Sejarah akun Anda: CTR Anda secara keseluruhan dari iklan dan kata kunci di akun Anda.
  4. Kualitas landing page: Seberapa relevan, transparan, dan mudah dinavigasi (orang tidak dibuat susah mencari hal yang mereka cari.)
  5. Relevansi kata kunci dengan iklan: Seberapa relevan kata kunci dengan iklan Anda
  6. Relevansi kata kunci dengan pencarian: Seberapa relevan kata kunci Anda dengan pencarian pelanggan.
  7. Kinerja Geografis: tingkat keberhasilan akun Anda di wilayah yang menjadi target Anda.
  8. Kinerja iklan di situs-situs: tingkat keberhasilan iklan Anda di sebuah situs dan di situs yang serupa (Jika Anda menargetkan Display Network)
  9. Perangkat yang Anda targetkan: Seberapa baik kinerja iklan Anda di berbagai tipe perangkat yang berbeda desktops/laptop, perangkat mobil, dan tablet – Anda mendapatkan Quality Score yang berbeda untuk tipe perangkat yang berbeda

Saya ingin menyoroti no.5 dan no.6 yang menggarisbawahi kata relevansi inilah alasan mengapa disarankan setiap kategori barang di toko Anda dikelompokkan ke beberapa ad groups dan tidak menggabungkannya menjadi satu. Dengan demikian setiap ad groups bisa digunakan untuk mempromosikan satu hal tertentu dengan menggunakan kelompok kata kunci yang mirip atau berkaitan satu sama lain dan kata-kata kunci itu bisa dimasukkan ke dalam iklan Anda. Inilah yang dilihat oleh Google sebagai relevan, dan relevansi = pengalaman pengguna yang baik. Dan Google akan menghargai iklan semacam itu.

Arti Quality Score yang lebih tinggi

Akan lebih mudah dan murah untuk sebuah kata kunci masuk ke sebuah lelang iklan. CPC yang lebih rendah. Semakin mudah untuk iklan Anda tampil di halaman pertama dari hasil pencarian. Posisi iklan yang lebih tinggi. Memungkinkan beberapa format iklan dan ad extention tertentu untuk bisa tampil. Sebab sebagian memerlukan Quality Score tertentu.

Sumber :  https://buatblogaffiliasi.blogspot.co.id/2017/07/cara-buat-iklan-di-google-adwords.html  dan  http://dapur-uang.com/cara-pasang-iklan-di-google-adwords-pendahuluan/

 

Indonesia, Peluang Bisnis Digital Asia

Indonesia, Peluang Bisnis Digital Asia

Oleh Ade Wahyudi

Indonesia akan menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina India dan Amerika Media teknologi TechiniAsia dalam salah satu artikelnya menyebut Indonesia sebagai “raksasa teknologi Asia Tenggara yang sedang tertidur.” Tapi dari data yang ada, Indonesia sebenarnya berpeluang menjadi salah satu yang terbesar tidak hanya di Asia Tenggara, tapi juga Asia.

Jumlah penduduknya yang mencapai 250 juta, dan menjadi pasar yang besar. Pengguna smartphone Indonesia juga tumbuh pesat. Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia akan mencapai lebih dari 100 juta orang. Dengan jumlah sebesar itu, Indonesia akan menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika.

Ambil contoh Cina, tahun ini Negeri Panda itu diperkirakan memiliki jumlah pengguna smartphone mencapai 574 juta. Dengan jumlah itu, Cina menjadi negara yang memiliki pendapatan dari bisnis online kedua terbesar di dunia setelah Amerika. Data iResearch menyebutkan, penjualan online di Cina saat ini mencapai 8 persen dari total penjualan retail di negara itu. Diperkirakan pada 2015, penjualan melalui online akan mencapai 10 persen.

Sebagai contoh India, di negara itu penetrasi internet belum dalam. Padahal India saat ini  adalah negara nomor tiga pengguna smartphone terbanyak di dunia. Tahun depan, India bahkan diperkirakan menyalip Amerika di posisi kedua. Tapi belanja online di negara itu kurang 1 persen dari total penjualan retail tahun 2013.

Indonesia tak jauh beda dengan India. Penetrasi internet di Indonesia pada tahun lalu, menurut data Internetlivestats ada di kisaran 17 persen. Sedangkan India ada di angka 19 persen. Tingkat penetrasi internet di Indonesia bahkan kalah jauh dari negara-negara Asia Tenggara, seperti Vietnam (43 persen), Filipina (39 persen), Malaysia (40 persen) dan Singapura (81 persen).

Data lain dari We are Social menunjukkan hal yang sama. Penetrasi internet di Indonesia berkisar 28 persen. Dengan penetrasi sebesar ini, Indonesia jauh tertinggal dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya, seperti Singapura (81 persen), Malaysia (66 persen), Vietnam (44 persen) dan Thailand (37 persen).

Dalam hal persentase belanja melalui online, Indonesia juga tertinggal jauh. Survei yang dilakuka Globalwebindex pada 2014 menemukan, persentase penduduk Indonesia yang melakukan pembelian secara online baru sekitar 16 persen. Angka ini sedikit lebih baik dari India yang ada di angka 14 persen. Namun, masih tertinggal jauh dari Singapura yang sudah mencapai 46 persen.

Tapi dengan kondisi penetrasi internet belum dalam seperti saat ini, Indonesia sudah mulai dilirik investor yang berminat berinvestasi di industri digital. Data dari Techlist, seperti dikutip dari media teknologi TechinAsia, menyebut pada kuartal I-2015, di Asia Tenggara ada 93 startup yang memperoleh pendanaan. Dari jumlah itu, 24 di antaranya merupakan startup Indonesia. MatahariMall mendapat pendanaan terbesar dengan total investasi Rp 6,51 triliun.

Di tahun-tahun sebelumnya juga ada beberapa perusahaan digital Indonesia yang mendapat investasi besar.  Go-Jek umpamanya, berhasil mendapatkan pendanaan Rp 2,8 triliun dari Northstar Group. Ada juga Tokopedia yang tahun lalu mengantongi dana Rp 1,4 triliun dari Softbank dan Sequoia Capital.Indonesia mempunyai peluang untuk tumbuh sangat cepat dan besar. Kebutuhan terbesar saat ini adalah dukungan dari pemerintah supaya industri digital Indonesia bisa mengejar ketertinggalan dari negara lain.  Penetrasi internet harus bisa ditingkatkan dengan cepat. Tidak hanya terfokus di Jawa, tapi juga tersebar di daerah lain di Indonesia.

Pemerintah juga harus membuka jalan dan memberikan berbagai insentif agar industri digital ini bisa tumbuh dan mendapat akses pendanaan.Dibandingkan Singapura, Indonesia memiliki keunggulan dengan jumlah penduduk yang bisa menjadi pasar sangat besar. Namun langkah progresif sudah banyak dilakukan sehingga Singapura kini menjelma menjadi pusat ekosistem startup di Asia. Singapura bisa masuk ke pasar-pasar besar Asia, seperti Cina, India dan Indonesia, juga Malaysia, Filipina serta Thailand. Salah satu keunggulan Singapura adalah akses terhadap pendanaan yang sangat besar.

Sejumlah perusahaan digital Singapura sudah merambah Indonesia, antara lain GrabTaxi. Perusahaan yang baru saja mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 3,6 triliun dari Softbank ini juga mengembangkan layanan aplikasi transportasi motor yang diberi nama GrabBike. GrabBike saat ini menjadi pesaing serius perusahaan Indonesia, Go-Jek.Pemerintah sepertinya memang sudah mulai menyadari pentingnya industri digital ini agar mampu tumbuh dengan cepat. Pada awal tahun ini, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sempat menjanjikan akan menghimpun dana US$ 1 miliar dari para pengusaha swasta untuk diinvestasikan ke startup digital.

Baru-baru ini, Rudiantara juga mengatakan pemerintah akan membangun akses internet sampai ke desa. Pemerintah juga membuka kesempatan kepada pengembang untuk menyediakan aplikasi digital yang bisa membantuk perkembangan potensi desa, seperti pertanian atau nelayan. Ini merupakan sinyal bagus dari pemerintah. Apabila langkah ini bila terwujud bisa “membangunkan” Indonesia, sehingga benar-benar bisa menjadi “raksasa” teknologi digital Asia, atau bahkan dunia.

* Artikel ini juga dimuat di koran tempo tanggal 02 Oktober 2015* Sebagian tulisan ini menjadi materi untuk lomba DBS Young Economist Stand-Up kerjasama DBS dan Katadata.

Ade Wahyudi adalah Co-Founder dan Managing Director Katadata. Memiliki minat tinggi di industri media dan teknologi informasi, Wakil Pemimpin Redaksi Katadata ini kerap menulis tentang bisnis digital di sejumlah media. Sebelumnya, Ade memiliki pengalaman belasan tahun sebagai jurnalis di media cetak dan radio. (Sumber : http://databoks.katadata.co.id/datablog/2017/01/24/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia) 

LandingPress Membuat Webiste Pro Jadi Mudah

LandingPress Membuat Webiste Pro Jadi Mudah

Oleh harmen Batubara

Kalau anda tertarik dengan berbisnis di Online, salah satu yang perlu anda kuasai adalah Kemampuan membuat Website. Sebab dengan kemampuan tersebut serta berbagai kembangan dari Ilmunya, maka kemampuan anda untuk berbisnis Online kian terasah.  Jadi apakah anda MAU BUAT WEBSITE? MERASA BELUM BISA? INI DIA SOLUSINYA. Lupakan frustasi dan kesusahan Anda selama ini dalam membuat website, karena dengan MultiPress Anda bisa HEMAT banyak uang dan waktu. Dengan fitur drag n drop + live preview serta block element siap pakai, bikin website HANYA tinggal klik, drag & drop!  SEBELUM KITA ULAS PANJANG LEBAR. BELI SEKARANG SELAGI DISKON DAN DAPATKAN SEMUA INI JADI MILIK ANDA: LandingPress WordPress Theme ; Developer License ; Install di Website Sendiri; Install di Website Client; Tanpa Batasan Website (UNLIMITED Sites); Documentation/Tutorial; Support Gratis Selamanya; Gratis Update Selama Satu Tahun; Bisa Request Fitur yang Relevan; 40 Web Templates Siap Pakai; dan Bonus 6 Jenis Graphic Templates (PSD). Sungguh suatu harga dan fasilitas yang tidak akan anda dapatkan di Theme manapun juga.

Lupakan semua kerja keras! Anda dapat membangun situs Anda dengan mudah dan cepat dengan Thema LandingPress. Thema menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk mulai membangun situs indah dan dapat Anda ditayangkan dalam waktu singkat. Desain & tata letak yang disesuaikan melalui admin WordPress, panel admin ramping dan super mudah digunakan.Dengan Live Editornya anda bisa lihat hasilnya secara langsung. Tidak ada lagi kerja keras dan membuang-buang waktu dan sakit kepala dengan berbagai coding & desain! Waktu yang tak terhitung jumlahnya Anda Bisa Hemat dengan tema ini. Nggak usah atau berhenti membayar jutaan rupiah  untuk web designer dan web programmer. Berhenti membayar untuk tema mahal WordPress premium di luar sana. Jika harga adalah salah satu keprihatinan Anda, maka tema ini adalah untuk Anda!

Apa sebenarnya WordPress theme MultiPress Ini? Ini Tema atau Plug In ? YES, LandingPress adalah tema WordPress. Ini TIDAK Plugin WordPress. LandingPress adalah merek theme WordPress baru “serba guna” yang menawarkan desain yang indah dan profesional ditambah ratusan fitur canggih. Tema yang bersih yang dibuat oleh salah satu dari pembuat theme kelas Dunia, THEMEFOREST  … ini adalah tentang tema BERKUALITAS TINGGI … kualitas THEMEFOREST!

Percayalah Dengan LandingPress ini, pembuatan Situs atau Blog Anda Bisa dalam Hitungan  Menit. Atau Jam. Percaya Nggak?  Tidak peduli, apakah Anda  akan membuat sebuah situs e-commerce, website bisnis, blog, atau web Portofolio;  kadang-kadang Anda perlu dan dituntut untuk bisa membuat situs Anda secara cepat. Multipress menyediakan demo XML, halaman template, dan  sangat enak bagi penggunannya USER-FRIENDLY sehingga Anda bisa mendapatkan situs Anda hanya dalam hitungan beberapa menit atau jam.

Pre-Configured Page Layouts : LandingPress dilengkapi dengan demo XML, sehingga Anda dapat menyalin konten Anda ke dalam template PREMADE, dan meluncurkan situs Anda segera. Instant Builder Slider: LandingPress dilengkapi dengan PLUGIN  Slider handal (nilai $ 19) secara GRATIS. Anda langsung dapat membuat sliding display dengan sistem drag-and-drop sederhana. Easy Squeeze Page Builder: Perlu penyesuaian besar kecilnya halaman? Dengan LandingPress, Anda langsung dapat membuat halaman sesuai ukuran  yang memenuhi syarat lead untuk membantu membangun daftar email Anda.

Blog Post Template: Bangun komunikasi sesuai selera  pelanggan Anda, sambil meningkatkan SEO alami; dengan memanfaatkan -posting blog template LandingPress yang sudah tersedia. Anda tinggal utak atik di sana – sini dan kemudian posting! WooCommerce Integration: LandingPress 100% terintegrasi dengan plugin WooCommerce. Tidak ada kebutuhan instalasi tambahan, sehingga Anda dapat membangun website Toko Online anda dengan cepat dan segera menghasilkan uang dari website Anda. Kurang apa? Coba?  User-Friendly Visual Frontend Layout Builder: Setiap tema LandingPress sudah termasuk Plugin  COMPOSER VISUAL (nilai $ 30) secara GRATIS. Cepat dan mudah, tinggal drag & drop elemen yang Anda inginkan pada situs web Anda. Portofolio Page Template: LandingPess memungkinkan Anda MEMAMERKAN pekerjaan Anda secara profesional. Gunakan premade template halaman portofolio untuk menampilkan gambar, video, atau pekerjaan lain.

LandingPress Menawarkan Kemungkinan Desain tidak terbatas

Tidak masalah jika situs Anda seorang penjual produk,atau hanya sekedar mencari klien baru, atau mungkin hanya sekedar menarik para pembaca? – dengan tata letak yang tepat dapat membuatnya lebih sukses. Itu sebabnya Tema LandingPress dibuat mampu untuk memberikan kemungkinan desain tak terbatas. Apapun hasil situs yang anda cari, Multipress dapat membantu Anda untuk mencapai dan memaksimalkannya!

Powerful Advanced Theme Options Panel From font size to color scheme, Tersedia panel Tema Advanced yang berisi berbagai ukuran FONT berikut skema warna. Pilihan ini memudahkan Anda untuk memilih tampilan yang sempurna bagi penampilan website Anda. 2000 + Retina Ikon berkualitas tinggi dapat dengan mudah memasukkan nya ke dalam postingan atau halaman Anda. Ukuran dan warna dapat dengan mudah anda atur sesuai dengan desain website yang Anda inginkan.Benar-benar Blog Canggih Pilihan para blogger profesional atau pribadi. LandingPess memberikan semua pilihan yang Anda perlukan. Anda yang memutuskan tata letak setiap postingan, meta data, fitur gambar, dan hampir semua yang dapat Anda pikirkan atau inginkan.

Tersedia OPTIN FORM CANGGIH Untuk blog profesional atau pribadi. Tema LandingPress memberi Anda semua pilihan yang Anda inginkan. Anda memutuskan tata letak setiap Optin, meta data, fitur gambar, dan hampir apa pun yang dapat Anda pikirkan baik sebagai blogger profesional atau pribadi. Dalam  hal desain  CUSTOM HEADER  umumnya kalau tema-tema lainnya hanya memberikan anda beberapa pilihan terbatasa dan telah ditetapkan, Jelas sangat membatasai kreasi Anda. Tapi Tema LandingPress memberikan Anda pilihan tidak terbatasan dan diberi kemampuan untuk menyesuaikan header sesuai yang anda inginkan. Anda sendiri yang memutuskan posisi logo, menu font, isi topbar, search bar, dan banyak lagi.

600 + termasuk Google Font; anda tinggal iilih font yang sempurna untuk website Anda! Dengan begitu banyak pilihan, Anda akan menemukan font yang tepat untuk yang sesuai dengan dengan kegemaran pengunjung Blog Anda. Kustom Widget LandingPess tersedia widget kustom yang mudah anda sesuaikan untuk memberikan Anda kontrol yang lebih mantap atas situs web Anda. Pilihan variasi warna tidak terbatasan; Variasi Warna LandingPress membuat anda mudah untuk menyesuaikan warna teks, sidebars, footer, dan segala sesuatunya sesuai dengan  yang Anda perlukan atau inginkan. Tersedia Pilihan Portofolio Canggih, dengan pilihan ini anda dapat memamerkan pekerjaan Anda persis sebagaimana yang Anda inginkan! Dengan halaman tidak terbatas portofolio, template premade, dan kategori yang bisa di filter, LandingPress  memungkinkan Anda bangga dengan menampilkan portofolio Anda.

Saya sudah Coba memanfaatkan Thema LandingPress ini, menurut saya sangat enak untuk dimanfaatkan. Ini dia beberapa Web saya yang sudah memanfaatkan Thema LandingPress. www.harmenbatubara.com; www.bisnetreseller.com; www.ebookperbatasan.com  Dll. Terlebih Bagi Mereka yang mau melakukannya dengan pengetahuan Desain. Maksudnya bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada untuk mempercantik tampilan Websitenya sesuai dengan ilmu design yang benar. Kalau anda tertarik Ulasan lebih Lanjut bisa Kalau anda kesulitan bisa kita Bantu.Lihat Disini

Masih ada lagi Pilihan Kustomisasi Lainnya, seperti : logo interaktif, menu, dan bar pencarian ; navigasi Sticky ; Animasi Progress Bar dan Bagan; Touchable carousel ; animasi Scroll ; Integrasi Google Maps; Built-In 404 Halaman; User Friendly Formulir Kontak; dan lain-lainnya