Memulai Bisnis Online, Pilihlah Bisnis Yang Anda Suka

Oleh Harmen Haramaen

bisnis online

Suka atau tidak suka bisnis Online sudah ada di sekitar kita. Bisnis ini dekat dengan anak-anak muda di usia produktif. Karena secara fakta baru merekalah yang sudah mengikuti dunia Online atau dunia maya. Para generasi tua kita atau mereka yang rata-rata diatas 40 tahunan boleh dikatakan masih belum melek dengan dunia Online ini. Sehingga tidak heran kalau diberbagai komunitas, masih banyak yang merasa asing atau belum “nya hok” akan arti dan makna bisnis online ini. Bisnis seperti apakah bisnis Online itu. Semacam apakah bisnis seperti itu? Dalam bentuk atau wujud seperti apakah bisnis ini dijalankan? Atas dasar pemahaman seperti itulah, tulisan ini mencoba memperkenalkan dasar-dasar pemikiran untuk memulai bisnis online.

Apakah Bisnis Online Itu? Bisnis Online pada dasarnya sama seperti bisnis biasa dimana kita harus menjual sesuatu. Tidak peduli jenis apa yang kita perjual belikan, apakah jasa atau produk. Semua bisa. Bedanya, bisnis online jualannya tidak di pasar atau di mall-mall, namun di dunia maya atau internet.Jadi dengan begitu, bisnis online tak ayal adalah bisnis nyata juga. Hanya saja, pasarnya berbeda. Jadi jika masih ada yang beranggapan bahwa bisnis online adalah suatu bisnis cepat menghasilkan uang banyak dan kaya raya, maka itu jelas keliru besar. Tanpa usaha nyata dibarengi dengan kemampuan berbisnis di dunia maya, percayalah maka bisnis anda juga tidak akan bisa berhasil.

Jenis Bisnis Online Pilih Yang anda Suka

Ada banyak jenis bisnis online yang saat ini dijalankan orang. Namun bila dilihat dari jenis produknya, maka bisnis online  mengenal dua jenis bisnis. Bisnis Online dengan Produk Fisik dan Bisnis Online dengan Produk Digital. Kedua jenis bisnis online ini tumbuh dan berkembang dengan caranya masing-masing.

Bisnis Online dengan Produk Fisik Jenis bisnis online dengan produk fisik belakangan ini terus berkembang dan sepertinya akan selalu jadi tren di Indonesia. Bisnis ini sama dengan bisnis Off-Line pada umumnya, yakni produk yang terlihat dan dapat dipegang sesuai fisik barang yang dijual, dapat disentuh dan dirasakan. Contohnya adalah barang-barang elektronik seperti Handphone,tablet,computer; ragam macam pakaian seperti baju, sepatu hingga produk kerajinan tangan, dll.

Membangun bisnis online baik dengan produk fisik ataupun digital sama-sama membutuhkan jasa pembayaran (Transfer Via ATM, Paypal dll); juga jasa pengepakan dan jasa pengiriman. Boleh dikatakan bisnis online yang baik membutuhkan alat (tool) yang dapat membantu anda menjalankan bisnis anda agar bisa operasional dengan baik. Tetapi jangan hawatir, sebab ada banyak “Mall Online” yang bersedia membantu anda tanpa memungut bayaran sama sekali. Mereka memberikan “lapak” atau Toko untuk anda berdagang di Mall mereka. Misalnya anda sudah punya produk fisik maka anda tinggal daftar ke Bukalapak Com atau Tokopedia Com untuk menjadi pelapak. Anda akan bisa berjualan secara Online di Mall mereka tanpa diributkan oleh penghitungan biaya pengiriman dan cara pembayaran. Kalau anda mau. Anda tinggal iklankan produk anda dan kalau laku anda akan diberitahu kemana barangnya akan dikirimkan. Setelah transaksi selesai ( barang sudah sampai ke pembeli) anda bisa mengambil uang anda di admin lewat transfer yang sangat mudah. Enak kan? Peluang seperti itu banyak sekali. Baik nasional misalnya di Indonesia ( Matahari Mall, Blibili, Lazada, Zalora, Bhinneka Dll) atau Internasional ( Amazon, Alibaba dll)

Bagaimana kalau anda mau membuat sendiri Toko anda? Jawabnya bisa dan juga sangat “menantang” anda bisa buat Toko anda bisa operasional dengan cara nyaris secara otomatis. Kalau dilihat dari sisi ini maka bisnis Online ini sungguh menantang dan memerlukan upaya atau proses pembelajaran yang sungguh-sungguh agar anda bisa mewujutkan ide bisnis anda. Anda bisa memualainya lewat bisnis Online biasa atau dengan cara baru model Start Up, suatu bisnis yang baru sama sekali atau memodifikasi model bisnis yang sudah ada sehingga bisa lebih baik dari sebelumnya.

Bisnis Online dengan Produk Digital Berbeda dengan produk fisik, bisnis online dengan produk digital memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi. Bisnis online dengan produk digital adalah bisnis yang menjual belikan produk yang secara fisik tidak dapat disentuh, tapi keberadaannya dapat dimanfaatkan. Contohnya adalah software komputer, mp3, video, graphic desain, ebook, script web, space hosting, bandwidth, domain, membership, space iklan, backlink, dll.

Bisnis seperti ini bisa anda kembangkan sehingga berjalan secara otomatis. Artinya produknya tersaji lewat website secara menarik. Kalau ada yang tertarik dia tinggal pesan dan bayar kemudian produknya tinggal di Download (jumlah download dibatasi sesuai aturan bisnisnya). Pembayarannya langsung masuk ke rekening anda. Anda tinggal meng iklankannya dan kalau berhasil dan produk anda disenangi para kastamer anda maka uang anda akan terus bertambah dan tambah di rekening anda. Enak Kan?

Sambil Menulis Anda Juga Bisa Coba Affiliasi Bisnis Online

Karena fleksibel, bisnis online dengan produk digital, menjualnya tidak memerlukan pengiriman barang. Konsumen atau pembeli bisa langsung mendownloadnya setelah membayar. Namun demikian bisnis ini tetap memerlukan jasa pembayaran dan sarana Download yang aman dari berbagai kecurangan ( downloadnya bisa dibatasi). Tidak ayal lagi, karena proses yang cepat, konsumen juga tidak butuh proses lama untuk mendapatkan produk yang diinginkan.Salah satu bisnis online jenis digital yang paling besar adalah iTunnes dari Apple Inc. Layanan dari Apple Phone menjual produk berupa mp3 dengan harga yang beragam. Google juga menjual produk-produk digital dan salah satu wadah terbesarnya adalah App Store untuk produk Android.

Bagaimana Cara Menjalankan Bisnis Online

Dari dua jenis bisnis online yang diuraikan di atas, memiliki cara dan metode berebada dalam menjalankannya sesuai dengan wujud produknya. Walau memiliki perbedaan mendasar, namun kedua jenis bisnis online tersebut memiliki kesamaan dalam memulai atau membangunnya. Hampir pula serupa dengan memulai bisnis offline, bisnis online juga memiliki ketentuan dasar yang harus dilakukan. Berikut adalah langkah langkah utama yang harus dilakukan untuk dapat menjalankan dan memulai bisnis online agar bisa berhasil:

Pertama : Tentukan Bisnis Online sperti apa yang akan anda lakukan. Apakah anda akan melakukan bisnis Online untuk menjual produk fisik atau Digital? Apakah anda sudah mempunyai produk atau belum? Kalau anda belum punya produk sendiri, anda tetap bisa berbisnis Online dengan jelan menjualkan produk orang lain ( Affiliate Marketing). Intinya bisnis ini anda bisa mendapatkan uang dari komisi penjualan yang anda lakukan. Anda bisa menjualkan produk orang lain seperti di Lazada, Zalora, Bhinneka dll (Indonesia) atau Amazon, Alibaba (internasional).

Memulai Bisnis Online, Pilihlah Bisnis Yang Anda Suka

Sekarang mari kita ambil contoh nyata, yakni bisnis jual buku. Kebetulan saya sendiri senang menulis jadi saya mau kembangkan bisnis jual buku lewat Online. Secara teoritis kita perlu terlebih dahulu mencari nama bisnis kita, sesuai dengan ide dasar bisnis kita.Kedua : Melakukan Riset terkait nama Bisnis Online yang akan kita jalankan. Langkah ini disebut dengan Riset Keyword atau kata kunci untuk memastikan nama bisnis kita tersebut, diminati banyak orang. Kenapa dan apa pentingnya Riset kata kunci ini; nanti akan kita bahas dalam tulisan tersendiri. Jadi kembali ke contoh soal kita. Saya telah melakukan Riset kata kunci dan telah mendapatkan nama bisnis yang akan saya kembangkan adalah Bukuperbatasan. Sehingga namanya menjadi www.bukuperbatasan.com   ( Bersambung )