Mau Memulai Bisnis Online

Mau Memulai Bisnis Online, Ini Dia Langkahnya

Oleh harmen batubara

Apakah Anda sedang mencari peluang usaha yang bisa anda kerjakan lewat internet?  Atau apakah Anda juga sedang berpikir untuk mencari cara memulai bisnis online dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan disamping pekerjaan utama Anda? Atau mungkin saja anda sendiri masih mahasiswa dan ingin memanfaatkan  bisnis Online untuk menambah penghasilan? Atau, Anda memang benar-benar ingin fokus mau terjun di jalur bisnis online sebagai sarana untuk mendapatkan sumber penghasilan utama?

Kalau hal seperti itu masalahnya, maka tulisan ini bisa jadi akan bisa menjadi bahan masukan bagi Anda. Mencari penghasilan atau penghasilan tambahan dari bisnis Online. Bisnis Online memang memberikan peluang yang cukup menggembirakan. Sebab bisnis ini tidak memerlukan anda melakukannya lewat “door to door” – tetapi anda bisa memintak perangkat Online untuk melakukannya pada anda. Bayangkan. Kalau di dunia Off-line, anda bisa juga melakukan bisnis jualan, tetapi caranya sungguh ribet. Anda mungkin memerlukan Toko, memerlukan beli dagangan, memerlukan tenaga bantu dll yang semuanya itu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Sementara di Dunia Online anda bisa membuka sebuah Mall atau Toko yang sangat besar tanpa memerlukan modal untuk menyewa Mall, menyewa para pegawai, membeli dagangan dll dll yang biayanya sangat…sangat mahal.

formula gaptek

Tetapi satu hal yang anda perlu tahu adalah perihal bisnis internet atau Online itu sendiri. Anda memerlukan pengetahuan dasar yang menjelaskan seperti apa sebenarnya dunia bisnis online tersebut yang sesungguhnya. Memang anda memerlukan untuk membaca dua buku wajib bagi para pebisnis Online ( Formula Sukses dan Formula Gaptek). Cara bodonnya sih, baca buku itu, maka anda akan memahami secara detail apa sesungguhnya bisnis Online tersebut dan bagaimana cara memulainya.

Perlunya Mindset Bisnis Yang Benar

Dalam bisnis intinya bukanlah semata untuk mencari uang. Kalau minsed kita sudah dibatasi oleh pemikiran hanya sebatas cari uang, maka percayalah idenya akan cepat kering. Kenapa? Karena anda hanya fokus pada keinginan anda pribadi. Tapi kalau anda memikirkan sesuatu bisnis yang bisa membuat banyak orang senang, juga anda lakukan karena senang melakukannya, maka percayalah idenya akan terus berkembang sesuai dengan dinamika dari orang-orang atau pangsa pasar yang akan anda layani.

Bisnis Online ini sejatinya sama seperti jenis bisnis lainnya, ketika Anda memutuskan untuk membangun bisnis online pastinya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, misalnya seperti:  Modal ; Produk atau Jasa yang akan dijual ; Pasar atau “market” yang akan disasar; strategi pemasarannya sendiri; dan Kelangsungan bisnis dan tren bisnis itu sendiri. Sebenarnya bisnis Online juga membutuhkan pekerja professional. Seorang pebisnis yang paham apa yang akan dilakukan. Bukan hanya meraba-raba dan atau sekedar coba-coba. Bedanya anda tidak langsung berhadapan dengan pasar secara langsung. Karena itu anda bisa belajar teori atau ilmunya dan langsung menerapkannya dan kemudian melakukan evaluasi untuk perbaikan.

Untuk itu, sebelum memikirkan hal-hal tersebut, benahi dulu mindset Anda.Faktor penentu kesuksesan suatu bisnis, 95% ditentukan oleh kualitas pribadi manusianya atau mindset manusianya. Ini adalah hal-hal yang sifatnya non-teknis. Dan sisanya adalah yang sifatnya teknis. Yang secara teknis bisa dipelajari. Anda bisa saja mempunyai keahlian membuat suatu web yang canggih, dengan berbagai fitur dan tampilan yang keren. Atau, bisa saja Anda sangat ahli dalam suatu bidang. Namun jika tidak mempunyai mindset yang unggul, maka semua kemampuan itu justeru tidak bisa berkembang dengan semestinya. Anda akan terperangkap rutinitas keahlian anda itu sendiri.

Jadi pastikan bahwa setiap usaha yang kita kembangkan itu ada manfaat bagi sesama .Usahakan supaya kegiatan yang kita lakukan itu bisa memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar, dan juga bagi kebaikan sesama termasuk diantaranya diri anda sendiri. Dengan begitu, Anda akan menemukan alasan mengapa Anda berbisnis online.Tujuan utama kita dalam berbisnis selain mendapatkan penghasilan, juga kita lakukan karena kita suka, dan juga supaya bisa melayani lebih banyak orang dan lebih bermanfaat bagi sesama?

formula sukses

Mulailah Dengan Jualan Produk Orang Lain atau Affiliate

Untuk bisa jualan produk atau jasa di bisnis Online, maka anda juga perlu mempunyai perangkat untuk melakukan bisnis tersebut, seperti adanya Komputer, atau Laptop atau Handphone dan akses internet. Tanpa perangkat tersebut tentu anda tidak bisa melakukan kegiatan bisnis Online.

Kalau hal itu anda sudah punya, maka cobalah tanyakan pada diri anda sendiri, produk apa sebenarnya yang menarik minat anda. Produk apa sebenarnya yang anda memang sedikit banyak mengerti dan paham tentang produk / jasa tersebut. Sukur kalau produk itu juga ternyata anda senangi. Tanpa dasar seperti ini, percayalah anda akan cepat kehabisan ide. Kemudian coba cari produk atau jasa yang banyak di cari orang di sekitar anda atau dimana saja. Artinya produk itu memang banyak diminati karena memang bermanfaat bagi pembelinya. Bagaimana cara mencarinya? Yah karena ini baru langkah pertama, dan anda sendiri belum punya Ilmunya tentu yang bisa anda lakukan barulah sebatas “perkiraan” atau dari berbagai info yang anda dengar dari sana sini. Nah kalau anda sudah punya ilmunya? Maka anda tinggal melakukan “riset” dan akan menemukan produk tersebut. Hal itulah yang membuat anda perlu membaca buku “Formula Sukses” dan atau “Formula Gaptek.”

Pasarkan Produk/ Jasa Pilihan Anda ke Pasar Bisnis Online

Sampai disini anda tentu akan bertanya? Bagaimana kita akan memasarkan produk/Jasa  kepada halayak di dunia Online?  Secara logika, anda juga akan menjawabnya lewat “media social”. Ya lewat media social seperti pacebook, twitter, Instagram, Google+,Linked In, Tumbrl, Scoop It Dll. Memang media sosmed bukanlah ajang beriklan ria, tetapi kalau anda bisa mengemasnya dengan baik tentu orang juga tidak akan keberatan. Nah disinilah intinya, anda memang harus paham Ilmu social media; harus bisa membuat Fan Page di Facebook, harus bisa memanfaatkan iklan yang ada di social media tersebut. Tanpa itu anda akan kekeringan ide. Nah anda perlu mempelajari cara memanfaatkan social media dan itu bisa anda dapatkan dalam kedua buku di atas (Formula Sukses dan Formula Gaptek).

Bisnis Anda Memerlukan Website

Sampai pada langkah ini anda sudah merasakan bahwa anda memang memerlukan sebuah Website. Untuk Apa? Untuk menjadi tempat anda memperlihatkan siapa sebenarnya (Brand anda sendiri); kalau di dunia nyata ya Toko atau Kantor Bisnis Anda sendiri. Tentu Toko yang bagus dan berada di Lokasi yang baik akan sangat berbeda dengan Toko asal-asalan? Ya kan? Jelas Ya. Website juga demikian. Website banyak macamnya ada yang dibuat secara amatiran dan juga gratisan. Ada juga yang dibuat secara professional dan berbayar. Semua itu punya tahapan-tetapi intinya anda memerlukan sebuah atau banyak website untuk keperluan bisnis anda. Nah di buku yang saya sebut tadi, anda juga diajarkan cara membuat website secara professional. Di website inilah anda melakukan semua aktifitas bisnis anda; disinilah anda menjelaskan produk yang anda jual-seperti apa produk tersebut dibuat, dan apa manfaatnya bagi mereka yang membelinya. Anda juga menjelaskan akan memberikan mereka Diskon kalau membeli lewat Link anda sendiri. Malah lebih dari situ, anda akan memberikan pada mereka Bonus yang sangat bermanfaat kalau mereka membeli lewat website Anda. Dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa anda lakukan lewat website anda.

Anda Memerlukan Mentor Bisnis

Bagi Anda yang mau belajar bisnis online dengan lebih serius, saya sarankan untuk mencari mentor. Dialah yang akan membimbing Anda dalam masa-masa awal membangun bisnis.Anda bisa belajar dari pengalaman suksesnya, serta jatuh bangunnya dari proses yang mereka alami. Dengan adanya mentor, Anda bisa mempercepat proses trial and error yang Anda butuhkan selama berproses menuju puncak.

Ini adalah beberapa rekomendasi tempat belajar bisnis online, yang diampu oleh para mentor dan praktisi yang sudah berpengalaman, dan insya Allah cocok bagi Anda yang ingin memulai belajar bisnis online:

SB1M   Apa itu SB1M?    Ya jelasnya : SB1M Komunitas belajar Online bersama dengan Video Tutorial Terlengkap ; Memiliki basecamp / tempat belajar offline ( Jakarta ) serta akan belajar memiliki Bisnis Online yang memiliki system; Bisnis Online Anda Dapat jalan sendiri meskipun ada atau tidak ada kita di dalamnya; dan  SB1M memiliki Visi Setiap membernya mampu mencapai penghasilan 1 Miliar Sebulan Dari Bisnis Online.

SB1M Memiliki Program Private Mentor . Jika Anda Benar Benar Pemula Mentor Siap Datang Ke Rumah Anda dan mengajarkan secara “one on one”   Jakarta, Depok, Bogor, Pekalongan, Kudus, Semarang Dll  Anda juga mencoba jadi anggota versi “Gratis” nya. Klik Disini.

Cafebisnis  Diasuh oleh Lutvi Afandi, salah satu legenda internet marketing dan bisnis online di Indonesia. Materinya komplit, panduan A-Z urut dan rapi. Enak banget ngikutinnya.

Cek disini → Panduan Bisnis Online by Cafebisnis (aff)