Beberapa Hal Tentang Artikel Opini Yang Perlu Anda Tahu

Oleh harmen batubara

Cara menulis opini bisa dipelajari , malah mungkin anda juga telah menguasai ilmunya tetapi cara menulis opini yang baik belum tentu dimiliki oleh semua penulis. Menulis opini yang baik perlu juga memperhatikan hal-hal berikut ini[1]:

artikel opini

Menyajikan solusi

Tulisan berbentuk opini sebaiknya harus mampu menyajikan ulasan seseorang mengenai suatu masalah. Tulisan opini bertujuan untuk menyampaikan pendapat, kritik dan mempengaruhi pembacanya. Opini yang baik tak hanya sekedar menyampaikan pendapat atau kritik saja dan menyudutkan pihak-pihak tertentu tetapi juga menyajikan solusi yang bisa dipertimbangkan oleh pembaca.

Tidak memprovokasi

Menulis opini berarti berbagi pendapat dan wawasan kepada orang lain. Dari pendapat dan wawasan tersebut, pembaca sendiri yang akan memutuskan untuk menyetujui atau sepakat dengan penulis. Karena itu, penulis sama sekali tak perlu menggunakan kalimat-kalimat provokasi untuk mempengaruhi pembaca. Sebab hal ini hanya akan menimbulkan citra yang negatif. Penulis opini juga tak perlu mengadu domba antara penyebab masalah dan masyarakat.

[su_box title=”Menyertakan data” box_color=”#5a7ee2″ title_color=”#edeffb”]Menyampaikan kritik dan saran tanpa disertai data yang benar sama saja dengan menyebarkan fitnah. Karena itu, penulis opini tidak hanya menuliskan pendapatnya semata tetapi juga perlu menyertakan data untuk mendukung pendapatnya tersebut. Data inilah yang nantinya secara tak langsung akan mempengaruhi pembaca dan membuat sebuah opini menjadi kuat.[/su_box]

Menyertakan data

Menyampaikan kritik dan saran tanpa disertai data yang benar sama saja dengan menyebarkan fitnah. Karena itu, penulis opini tidak hanya menuliskan pendapatnya semata tetapi juga perlu menyertakan data untuk mendukung pendapatnya tersebut. Data inilah yang nantinya secara tak langsung akan mempengaruhi pembaca dan membuat sebuah opini menjadi kuat.

Sudut pandang yang berbeda

Suatu tema yang menarik bisa jadi telah menginspirasi banyak orang untuk menuliskannya dalam bentuk opini. Tetapi tak perlu kuatir jika ternyata tema yang dipilih telah banyak dipilih orang. Cobalah untuk menyajikan tema tersebut dari sudut pandang yang berbeda. Sudut pandang ini pula yang akan membuat sebuah tulisan opini berbeda antara opini yang satu dengan opini yang lain.

Jangan menggurui

Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari saja, tetapi dalam tulisan pun sebaiknya hindari menggurui orang lain atau menonjolkan kepintaran penulisnya. Supaya tulisan opini berkesan rendah hati dan tidak menggurui, sebaiknya hindari mencantumkan banyak kutipan dari sumber-sumber yang sudah dibaca penulis. Perbandingan atau contoh yang disajikan dalam tulisan opini sebaiknya berasal dari pengamatan penulis dari lingkungan sekitarnya atau dari lingkungan yang dekat dengan pembaca.

Struktur Artikel Opini[2]

  • Judul
  • Alinea Pembuka (Lead)
  • Alinea Penjelas (Batang Tubuh
  • Alinea Penutup (Ending)

Teknik Menulis

  • Pilih Tema – pilih yang sedang actual tetapi memang bidang yang anda senangi atau kuasai
  • Tentukan Judul-ini sangat pleksibel, judul akan menyesuaikan
  • Susun Alinea Pertama
  • Uraikan Tema dalam beberapa Alinea Penjelas (tergantung panjang-pendek tulisan; ilmiah atau popular)
  • Perhatikan Format/Gaya Penulisan
  • Eksploitasi Data/Referensi Penting – kumpulkan data penunjang, akurat dan kuat
  • Simpulkan Pendapat dalam Alinea Penutup Awal artikel (judul bisa ditentukan saat ini)
  • Edit Ulang Draf Awal
  • Langsung dikirimkan ke media massa, atau
  • Draf Final artikel dimintakan pendapat kawan sebagai proof reader

[1] http://ridhass.blogspot.co.id/2014/03/cara-menulis-opini-yang-baik.html

[2] Diolah dari sumbernya- http://www.astaqauliyah.com/blog/read/564/bagaimana-cara-menulis-opini.html